Jumat, 03 Oktober 2008

Pemasaran yang Pas di Setiap Masa Kehidupan Produk
28 December, 2007 07:05:00 wirausahacom
Font size: Decrease font Enlarge font

Yang namanya bisnis sudah pasti akan mengalami kondisi pasang surut. Ketika bisnis baru dimulai mungkin belum ada atau sedikit orang yang mengetahui keberadaan bisnis. Kemudian lambat laun bisnis makin dikenal, dan hingga mencapai peningkatan pada batas tertentu. Namun kemudian bisnis juga berpotensi mengalami masa penurunan setelah mengalami kondisi puncak tertentu. Jika bicara dalam kapasitas produk, proses yang menggambarkan hal di atas biasa disebut dengan product lifecycle atau masa kehidupan produk. Terdiri dari masa pengenalan produk, perkembangan penjualan yang pesat (kedewasaan) , kemandegan (kejenuhan), dan kemudian penurunan.

Proses di atas sudah lumrah terjadi. Namun yang patut dicermati, semua proses di atas tidak berlaku sama untuk semua produk. Tidak semua produk akan mengalami semua proses tersebut. Tak jarang terjadi sebuah produk sampai pada tahap pengenalan, namun setelah itu tidak lagi ada di pasaran. Dengan arti lain umur produk sangat pendek.

Nah, bagi Anda pebisnis, sudah seharusnya mempersiapkan sebaik mungkin kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di setiap siklus dalam kehidupan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang pas untuk setiap masa kehidupan produk.

Beberapa ciri bisa dicermati dalam siklus produk. Pada masa perkenalan biasanya penjualan produk sangat lambat berubah, dan laba mungkin belum ada karena banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk alat-alat penjualan. Pada masa pertumbuhan penjulalan amat cepat meningkat dan diikuti pula oleh peningkatan laba. Sementara pada masa kedewasaan penjualan hanya sedikit mengalami kenaikan dan cenderung stabil, lalu mencapai titik tertinggi. Sesudahnya diikuti masa kejenuhan yaitu pada masa penjualan tidak lagi mengalami peningkatan (stabil). Masa terakhir adalah masa penurunan dan merosotnya laba sampai titik nol.

Suad Husnan dan Suwarsono pada bab strategi optimasi marketing mix dalam sebuah buku mereka menulis bahwa pada setiap masa kehidupan produk memiliki kombinasi urutan prioritas marketing mix (bauran pemasaran). Berikut ini kombinasi urutan prioritas marketing mix yang bisa diterapkan pada setiap masa kehidupan produk.

* Pada tahap perkenalan, urutan prioritas dari marketing mix adalah produk dalam ini kualitas produk, advertensi, harga, baru kemudian pelayanan.
* Pada masa kedewasaan penggunaan harga dalam mempengaruhi penjualan akan sangat menentukan, baru kemudian advertensi, kualitas produk dan pelayanan.
* Pada masa kejenuhan, packaging atau pengemasan dapat digunakan sebagai alat utama, kemudian baru advertensi, kualitas produk dan pelayanan, baru kemudian harga.
* Pada masa penurunan, kombinasi urutannya adalah advertensi, pelayanan, kualitas produk, packaging, dan harga.

Tentu saja tidak ada pebisnis yang ingin produknya berumur pendek di pasaran. Dengan mengenal siklus kehidupan sebuah produk dan srategi bauran pemasaran yang tepat untuk setiap siklus bisa membantu pebisnis optimal dalam mencapai tujuan bisnis. (SH)

Baca lebih lengkap, lebih seru dan lebih istimewa tentang Bisnis luar biasa dalam buku ”Indahnya Berbisnis dengan Tuhan”, seri satu (Life Management Series 1) karya Ust. Ayi Muzayini E.K, dengan pengantar DR. Hidayat Nur Wahid,MA. Penerbit Fatihah Publishing, Buku ini akan menemani Anda menuju apa yang Anda inginkan. Diangkat dari kisah nyata yang sangat istimewa dan penuh haru. Terdiri dari 10 bagian kisah yang unik dan penuh inspiratif. Tebal 296 halaman dengan harga konsumen Rp.58.000 (sudah termasuk ongkos kirim). Harga distributor Rp.30.000,- (minimal pengambilan 60 buku). Segera pesan, persediaan terbatas.

Pemesanan, masukan dan tanggapan dapat dikirim ke Jl.Pesantren No 55A 03/05 Kreo Selatan Larangan Tangerang 15156. HP 0813.8244.2222 Telp. (021)-68.99.23.24 – 7388.41.52 Fax (021)-585.45.01 Email : ayi.okey@gmail.com www.ayi-ibet.blogspot.com
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya