Jumat, 16 Januari 2009



anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.

Kiat Sukses Memulai Bisnis Dengan Modal Nol

Untuk membuka sebuah usaha janganlah muluk-muluk pakai modal gede. Modal seadanya pun bisa asal anda jeli memanfaatkan peluang, kreatifitas, ide dan semangat adalah modal yang utama. Modal (baca: dana) bisa datang kemudian. Masih banyak modal selain uang yang menentukan langkah seseorang dalam memulai bisnis, orang yang menjadikan modal dana sebagai penghalang utama dalam membuka bisnis, disitulah awal kegagalannya, hal terpenting yang harus dimiliki pebisnis pemula adalah kemampuan atau talenta, ide dan semangat menjabarkan konsep bisnis yang aplikatif.

Banyak orang yang masih berfikir berbisnis harus diawali dengan modal gede, mendapat untung yang segede-gedenya, dalam waktu yaang sesingkat-singkatnya agar ia cepat dinilai sukses. Pandangan yang seperti itu adalah keliru. Bisa saja orang memulai bisnis dengan usaha kecil-kecilan dengan modal utama berupa kemampuan dan bakat, dan mengembangkan kreatifitasnya yang langkahnya bisa diawali dengan menawarkan ide pada rekan atau kawan yang memiliki dana cukup.

Dalam memulai bisnis tak pernah ada batasan besaran modal. Dana berapapun bisa terwujut, tergantung bidang usahanya. Jadi semuanya tergantung keuletan orang yang menjalankan usaha dan yang perlu diingat dalam berbisnis adalah berbisnislah pada bidang yang anda sukai, jangan berbisnis pada bidang yang tidak anda suka.

Sebelum memulai bisnis, yang perlu dianalisa terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

1. Peluang usaha didasarkan pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan managemen, pemasaran dan ketercukupan modal. Faktor eksternal terkait dengan infrastruktur, budaya, kebijakan fiskal dan moneter.
2. Analisis posisi tawar terhadap pemasok bahan baku dan posisi tawar terhadap pasar. Ini terkait dengan bagaimana daya beli masyarakat sekitar. (jika bisnis tersebut ditujukan untuk masyarakat sekitar).
3. Analisis kompetitor atau pemain dengan bidang usaha sejenis serta ancaman-ancaman usaha baru yang sejenis.
4. Analisa segmentasi pasar. Siapa segmen utama bisnis anda ? Apakah anak-anak remaja, dewasa, orang muslim, non muslim, keluarga atau orang tua.
5. Analisa harga jual kompetitif. Tujuannya agar ketika barang yang anda pasarkan di pasaran harganya tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah.
6. Tentukan desain yang berkarakter dan keunikanya. Produk boleh serupa, soal harga dan kualitas. Namun jika punya keunikan tersendiri tentu dapat menarik perhatian konsumen.
7. Kendalikan kualitas barang dan buatlah agar tetap sesuai standar. Harga tetap dengan kualitas semakin lama semakin rendah tentu akan ditinggalkan konsumen.
8. Pilihlah tekhnologi yang tepat dan efisien. Jika bisnis anda sebetulnya bisa dibangun dengan perangkat tekhnologi sederhana namun anda memilih tekhnologi canggih maka sama halnya dengan pemborosan.
9. Analisa bagaimana anda mendorong usaha anda menjadi produk-produk yang siap dipasarkan dan bagaimana menggerakkan usaha tersebut.

Menurut the own business,ins, sebuah organisasi non profit di bidang pendidikan kewirausahaan berbasis di los angeles, dalam situsnya http://www.myownbusiness.org memberikan 10 tips terkait dengan hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh seorang pebisnis dalam memulai bisnis adalah :

1. Berfikir meninggalkan bisnis sebelum rencana anda teraplikasi keseluruhan.
2. Memulai bisnis pada bidang yang tidak disukai.
3. Membatasi kemampuan, terkait aset pribadi dan keluarga.
4. Bersaing dengan karyawan sendiri dalam bisnis sampingan yang hendak dijalankan.
5. Tergesa-gesa dalam memulai bisnis. Bahkan tak ada hukuman pinalti jika anda melewatkan kesempatan.
6. Memilih bisnis yang sangat berisiko tinggi.
7. Memilih bisnis dimana harus memiliki harga terendah untuk sukses.
8. Mengabaikan aspek-aspek negatif pada bisnis yang dikehendaki.
9. Mengatasi segala beban seorang diri.
10. Hanya berpijak pada konsep atau teori dan mengabaikan uji pasar secara langsung.

Ayo berbisnis, tunggu apa lagi !!!

 anda bisa memulai bisnis sampingan kapan saja. Ketika ide mengembangkan usaha mampir dibenak anda segeralah wujutkan. Mencari ide memang tak gampang, itu sebabnya anda perlu memperluas wawasan dan menggali lebih banyak informasi.
 ada banyak faktor selain uang dalam menetukan langkah bisnis anda. Semangat yang luar biasa, aktif, motifatif, inisiatif dan sosial adalah sikap yang sangat membantu seorang wirausaha untuk mengekplorasi peluang terutama dalam memperkenalkan ide ataupun kreasi mereka yang bernilai kepada calon pelanggan, karyawan dan sebagainya.
 ingin berbisnis kerajinan tangan atau handycraft? Merangkai bunga? Aksesori perhiasan, tas atau dompet? Membuat makanan atau kue tradisional? Susu kedelai? Semuanya adalah pilihan anda. Gali potensi dan bakat yang anda miliki untuk mengembangkan bisnis anda.
 seorang yang memiliki risk-taker (pengambil risiko tinggi) akan lebih mudah dalam mengambil keputusan dalam keadaan tidak menentu dan mengorganisasikan sumberdaya yang dimilikinya terutama dalam memperkenalkan produknya ke pembeli. Jika anda yakin hendak berbisnis, jangan takut mengambil resiko pemasaran, finansial, psikologis dan sosial.
 tak ada salahnya melakukan studi kelayakan terhadap bidang usaha anda. Untuk mematangkan konsep bisnis anda, aspek studi kelayakan sekiranya tidak diabaikan.
 pakar ekonomi hermawan kertajaya mengatakan bahwa insting wanita lebih kuat dalam berbisnis dibanding pria. Wanita lebih lihai mengembangkan bisnis mereka ketimbang pria. Ini karena rata-rata mereka memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus.
kiat sukses memulai bisnis dengan modal nolkiat sukses memulai bisnis dengan modal nolkiat sukses memulai bisnis dengan modal nolkiat sukses memulai bisnis dengan modal nolkiat sukses memulai bisnis dengan modal nol

Kiat memulai usaha dengan modal kecil
Jika ingin memiliki usaha, baik kecil maupun besar, kita harus memiliki suatu gagasan mengenai bisnis apa yang akan digarap. Dari mana gagasan usaha itu muncul? Gagasan bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar (mulai setingkat rt hingga nasional, bahkan internasional).
Peduli kepada diri sendiri adalah bagaimana kita mengenali kemampuan, minat, bakat, dan lain sebagainya. Banyak wiraswastawan yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan/minat/bakat yang dimilikinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang pasar.

Bagaimana seorang purdi e. Chandra (pemilik lembaga pendidikan primagama) memulai usaha? Beliau beranjak dari kemampuan diri sendiri, yakni mengajar dan dikombinasikan dengan kejelian melihat pasar atau peluang dengan banyaknya siswa sma yang ingin lulus tes masuk ke perguruan tinggi negeri. Ia pun mendirikan bimbingan belajar. Apakah dengan kemampuan dan adanya potensi pasar, purdi e. Chandra dapat menjaring banyak siswa pada awalnya? Ternyata tidak. Mengapa? Karena masyarakat atau pasar belum yakin dan belum melihat apakah ia benar dapat membimbing siswa sehingga dapat lolos tes ke perguruan tinggi negeri? Apa yang dilakukannya? Pada awalnya ia melakukan promosi dengan menggratiskan biaya kursus bagi siswa pada saat bisnis tersebut mulai dijalankan. Setelah terbukti dan masyarakat yakin, mulailah bimbingan belajar tersebut berkembang dengan pesat, bahkan ia sekarang memiliki banyak jenis usaha dari hasil bisnis bimbingan belajar tersebut.

Ada lagi contoh seorang pengusaha sampah di bandung yang sukses dan berhasil mengembangkan usaha daur ulang sampah. Bahkan, kini beliau memiliki beberapa jenis usaha di antaranya menjadi pengembang perumahan. Dari mana ide bisnisnya berasal? Banyak sampah berserakan, dan ia melihat banyak jenis sampah yang dapat didaur ulang seperti plastik menjadi bijih plastik, dsb. Bayangkan, sampah dapat dikelola menjadi sebuah bisnis besar! Dari mana ide bisnisnya? Dari melihat lingkungan sekitar! Bila saat ini kita tidak memiliki gagasan, kurang mampu mengamati lingkungan sekitar, cobalah untuk mencari teman atau kenalan baru sebanyak-banyaknya. Salah satu caranya, bacalah iklan peluang usaha di koran/surat khabar. Amati iklan-iklannya, terutama iklan mininya setiap hari. Banyak yang menawarkan peluang usaha atau produk-produk yang dijual yang sesungguhnya kita memiliki peluang untuk ikut memasarkan produk tersebut. Bila kita jeli, mungkin dapat membuat produk serupa dengan kemampuan yang kita miliki dengan harga dan kualitas lebih baik. Hubungi orang tersebut, mintalah penjelasan selengkap-lengkapnya agar kita dapat memasarkan produk tersebut. Namun hati-hati! Karena banyak praktik money game atau bahkan penipuan. Kunci untuk menghindari penipuan adalah jangan ikut ke dalam bisnis yang mengharuskan kita menyetorkan uang terlebih dahulu, sebelum kita mencoba atau mendapatkan manfaatnya. Cobalah untuk meminta ikut memasarkan produk tersebut terlebih dahulu secara freelance, kemudian setelah yakin kita mampu menjual, bolehlah membeli produk tersebut untuk persediaan.

Jadi kunci memulai usaha adalah gagasan bisnis! Mewujudkan gagasan bisnis setelah mendapatkan gagasan bisnis dan sebelum memulai bisnis, lakukan langkah sebagai berikut:
lakukan pengamatan dan pendalaman mengenai seluk-beluk bisnis tersebut.

Sebelum mewujudkan gagasan bisnis, pelajari seluk-beluk bisnis tersebut, baik atau tidak? Bagaimana proses produksinya secara efisien? Dari mana kita membeli bahan bakunya? Siapa calon konsumen atau karakteristik pelanggan? Di mana kita akan memasarkan dan menjualnya? Bagaimana pola pemasaran dan penjualannya? Cara terbaik adalah mengamati pengusaha sukses yang bergerak di bidang yang sama. Bila bisnis kita benar-benar baru, paling tidak pelajari bagaimana para pengusaha yang sukses menjalankan bisnis mereka. Terakhir, kenali juga risikonya. Siapkah mental kita dengan risiko tersebut? Salah satu ciri calon pengusaha sukses adalah berani mengambil risiko sepanjang risiko itu sudah diperhitungkan. Berani mengambil risiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha.
Lakukan uji coba dengan cara tes pasar

manfaat uji coba pasar adalah untuk mendapatkan umpan balik terhadap calon konsumen mengenai produk yang kita tawarkan. Misalnya kita membuat kue, sebelum dijual cobalah berikan secara gratis kepada tetangga dan lingkungan sekitar. Tentunya dalam jumlah yang terbatas yang sesuai dengan kemampuan kita. Mintalah pendapat dari tetangga atau lingkungan sekitar mengenai produk yang kita buat tersebut, enakkah, kurang manis atau bentuknya kurang menarik? Jadikan kritikan dan saran sebagai masukan berharga untuk melakukan perbaikan sedikit demi sedikit, sehingga produk kita benar-benar siap diluncurkan dengan skala yang lebih besar.
Susunlah rencana usaha.

Perencanaan ini bisa mencakup antara lain penetapan nama produk, packaging produk, proses produksi, jalur distribusi yang dipilih, modal tambahan yang diperlukan, orang-orang yang akan diajak bekerja sama, baik sebagai penanam modal, pegawai, ataupun penyalur produk. Juga pikirkan strategi pemasaran yang akan dijalankan misalnya dengan selebaran, brosur, katalog, melalui website, mailling list, atau iklan di media, organisasi sosial, dsb. Umumnya, dalam usaha kecil, lokasi usaha atau tempat pemasaran/outlet yang strategis menjadi salah satu kunci sukses usaha. Perlu kejelian dan keberanian tersendiri bagaimana mendapatkan tempat pemasaran yang strategis dengan modal terbatas. Cara paling mudah adalah bekerja sama dengan pemilik tempat melalui sistem bagi hasil atau bagi keuntungan. Mulailah saat ini.

Sebuah gagasan bisnis akan tetap menjadi sebuah gagasan jika tidak ada tindakan untuk mewujudkannya. Dengan memulainya, kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa digunakan memperbaiki usaha secara sistematis. Jika mental telah siap, mulailah dari saat ini walau mungkin kita masih memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang ada.

Hadapi dan atasi hambatan atau kegagalan.
Berdasarkan pengalaman, mungkin tidak ada seorang pun wiraswasta yang berhasil tidak mengalami hambatan atau bahkan kegagalan dalam perjalanan bisnis mereka. Sebaiknya kita memiliki sikap positif, apa yang terjadi adalah yang terbaik buat kita. Mengapa? Karena, itu adalah janji tuhan. Hambatan dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang harus kita ambil hikmahnya. Tanpa kita sadari itu akan menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita dalam berwirausaha. Setiap usaha selalu akan mempunyai risiko dan bila itu sampai terjadi, bersiaplah, dan hadapilah dengan kepala dingin.

Jenis usaha
jenis usaha yang cocok bagi pemodal kecil atau bahkan tanpa modal adalah:

memasarkan produk atau jasa orang lain. Sebaiknya produk atau jasa yang banyak dibutuhkan orang atau produk spesifik yang langka namun sesungguhnya terdapat pasar yang cukup luas.
Bisnis makanan dan minuman seperti kue, roti, es juice, bakso, mi ayam, dan lain sebagainya bisa dicoba.

Bisnis kerajinan seperti barang suvenir, pernik-pernik kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain

jasa seperti potong rambut, usaha jahit, obras, konsultan, pengurusan surat-surat. Jangan berkecil hati jika memulai bisnis dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Selalu ada jalan lain menuju roma, begitu kata sebuah pepatah. Sepanjang kita mau berusaha, dengan izin tuhan, yakinlah bahwa usaha kita akan menjadi kenyataan. Refrinal, skh., mm

Oleh : Iwan darmawansyah
Mencari pekerjaan sulit di zaman ini. Jumlah angkatan kerja tidak sesuai dengan ketersediaan formasi pekerjaan. Angka pengangguran meningkat setiap tahun. Data tentang pengangguran terbuka dari tahun 1996 ke 2000 meningkat, yaitu sebesar 4,228,115 orang (4,9%) tahun 1996 menjadi 5,965,795 orang (6,1%) pada tahun 2000. (pengukuran pengangguran terbuka dalam sakernas, laporan # 35 paper statistik # 7, uzair suhaimi, yahya jammal, 2001)
Usaha sektor non formal menjadi pilihan mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan. Ironinya, kesempatan mendirikian usaha kecil tidak menarik bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan relatif tinggi.
Kompetensi saja sudah cukup?
Idealnya lulusan perguruan tinggi memiliki kemampuan melakukan analitis, yaitu merubah persoalan yang rumit menjadi sederhana. Kemampuan analitis dapat digunakan untuk mengungkapkan kemungkinan resiko dan peluang pendirian sebuah usaha.
Sayangnya kebanyakan lulusan perguruan tinggi lebih menonjolkan aspek munculnya dampak negatif daripada peluang bisnis itu sendiri. Sehingga mereka tidak memiliki keberanian untuk memulai usaha.
Bagaimana mungkin cukup bagi penyelenggara program studi hanya dengan mengandalkan mata kuliah kewirausahaan (2 sks) untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi teknologi dan spirit kewirausahaan (technopreneurship). Apalagi sistem perkuliahaan kewirausahaan lebih banyak di ruang kelas.
Modal usaha sebagai penghambat?
Selanjutnya aspek permodalan adalah salah satu faktor penghambat lahirnya wirausahawan muda. Modal dianggap segala-galanya. Perhitungan investasi, operasional, dan tingkat pengembalian modal menjadi begitu rumit dan menakutkan. Sehingga mereka lebih memilih sebagai sosok pencari kerja daripada membuka usaha dan lapangan kerja.
Modal usaha penting tetapi bukan dijadikan alasan untuk tidak memulai usaha. Modal merupakan sumberdaya kekayaan perusahaan. Pemodal berarti pemilik modal. Sedangkan modal tidak selalu dalam wujud uang. Sehingga pemodal adalah pemilik sumberdaya yang bukan selalu uang.
Keberanian = faktor kunci
Jadi bagi seseorang yang tak memiliki uang terbuka peluang untuk menjadi pemilik usaha “bussines owner”. Pernyataan banyak orang bahwa modal non uang adalah modal dengkul. Dengan bermodalkan dengkul kaki sendiri, seseorang dapat menahan beban dan berjalan serta beraktivitas usaha. Artinya tanpa diawali modal uang sebuah usaha dapat berdiri dan berjalan serta tumbuh dan berkembang membawa harapan pemiliknya.
Kalau seseorang tidak memiliki dengkul sendiri, gunakan dengkul orang lain. Orang lain tidak akan pernah marah sepanjang ada konpensasi yang menarik dan fleksibel. Membangun kemitraan permodalan merupakan kombinasi yang rasional dan menjadi kekuatan lebih besar daripada modal dengan dengkul sendiri.
Keberanian mengambil resiko adalah syarat utama untuk menjadi pebisnis. Keberanian memulai usaha dengan modal dengkul menandakan kapasitas, kekuatan dan daya saing pebisnis itu sendiri. Semua orang memiliki potensi menjadi pebisnis modal dengkul. Perbedaan menyolok satu dengan yang lain adalah keberanian bertindak.
Sikap berani bertindak mampu mengeliminir hambatan terbesar merintis bisnis, yaitu permodalan. Hambatan ketidaktersediaan modal hendaknya jangan dijadikan alasan untuk tidak memulai, tetapi sebaiknya memicu lahirnya kreatifitas dan gagasan yang gemilang.
Setiap gagasan atau ide yang lahir dari rahim seorang tak ber-uang memiliki daya tahan untuk bertahan dan berpotensi tumbuh berkembang. Beranikah anda menjadi pebisnis modal dengkul?
Ayo indonesia bangkitlah !



inikah yang anda inginkan?

anda ingin suskes bisnis? Anda ingin tahu langkah jitu kaya, bertambah kaya, sangat kaya raya dunia akhirat? Klik disini aja!Oke

anda ingin tahu ?
cara suskes bisnis dengan modal nol?
cara tepat mulai bisnis?
peluang bisnis masa depan?
bisnis syariah?
bisnis islam?
bisnis properti?
bisnis mlm?
bisnis makanan?
bisnis jilbab
bisnis baju?
bisnis laptop?
bisnis rumah?
bisnis mobil?
wanita bisnis?
gadis bisnis?
tips bisnis
kiat bisnis
langkah bisnis
cara bisnis

anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.

siapapun anda, dimanapun anda, berapapun modal yang anda miliki, apapun latar belakang anda, apa saja keterampilan anda. Sesungguhnya memiliki peluang yang sama dalam menjemput sukses bisnis. Bisnis yang menjadi dambaan, bisnis yang menjadi harapan, bisnis yang menjadi solusi, bisnis yang akan membawa anda ke dalam kebahagiaan, bisnis yang akan menjadi sarana menolong orang banyak, bisnis yang akan menjadikan anda bintang, bisnis yang membuat anda selalu senang, bisnis menguntungkan, bisnis mengharukan, bisnis memuaskan hati dan fikiran, bisnis anti krisis, bisnis anti rugi, bisnis anti bohong, bisnis anti bangkrut, bisnis jitu, bisnis bermutu, bisnis mendapat restu dari langit dan bumi, bisnis yang akan membuat anda kaya, bertambah kaya, bahkan sangat kaya raya dunia akhirat. Mau?

anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.

pastikan anda tahu jawaban untuk mengetahui ?
cara suskes bisnis dengan modal nol?
cara tepat mulai bisnis?
peluang bisnis masa depan?
bisnis syariah?
bisnis islam?
bisnis properti?
bisnis mlm?
bisnis makanan?
bisnis jilbab
bisnis baju?
bisnis laptop?
bisnis rumah?
bisnis mobil?
wanita bisnis?
gadis bisnis?
tips bisnis
kiat bisnis
langkah bisnis
cara bisnis

anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.

buku bisnis laris
buku bisnis bagus
buku bisnis penuh makna
kisah bisnis nyata
kisah bisnis ajaib
kisah bisnis unik

buku indahnya berbisnis dengan tuhan
menurut saya buku ini sangat inspiratif dan penuh nilai positif. Mendorong kita semua untuk selalu berbisnis dengan yang maha kaya raya. Bisnis yang akan selalu untung dan tidak akan pernah rugi.(dr.hidayat nur wahid,ma/ketua mpr ri)

buku ini akan menemani anda menuju apa yang anda inginkan. Diangkat dari kisah nyata yang sangat istimewa. Terdiri dari 10 bagian kisah yang unik dan 296 halaman. Di dalamnya juga dikupas dengan lugas, jelas, dan tuntas tentang cara kaya dan bahagia dunia akhirat, yang dikemas secara sederhana, tapi dengan hasil yang insya allah tidak sederhana. Dapat dipahami dan dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Benar-benar luar biasa. Auranya membuat hati ini berdebar dan semakin rindu untuk menyelami dan melaksanakan rahasia di balik indahnya berbisnis dengan tuhan. Benar-benar penuh inspirasi dan semangat untuk bangkit, bertarung menuju hidup yang lebih kaya dan bahagia dunia akhirat. Salamat membaca.

anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.

Judul buku : indahnya berbisnis dengan tuhan
Penulis : ust.ayi muzayini
Pengantar : dr. Hidayat nur wahid,ma
Jumlah halaman : 296
Harga : rp. 58.000,- (bebas ongkos kirim)

pemesanan 021-95209651-70553166 – 081381168531

masukan dan tanggapan kepada penulis dapat dikirim ke
Hp 0813.8244.2222 telp. 021-68992324 – 73884152 fax 021-5854501
Email : ayi.okey@gmail.com atau www.ayi-ibet.blogspot.com


anda ingin jawabannya? Klik disini ajaa! Oke.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya