Kamis, 26 Februari 2009

Mengapa Berbisnis Dengan Tuhan?

Beberapa peserta training trenbiz international bertanya kepada penulis “Mengapa penulis harus memilih judul Indahnya Berbisnis Dengan Tuhan?, Bukankah Tuhan tidak serupa dengan manusia dan Tuhan tidak akan pernah butuh apapun dari makhluk-Nya? Kenapa bisnis, kenapa Tuhan? Apa landasannya, bagaimana bentuk produk dan cara transaksinya? dll ”

Pertanyaan diatas sangat indah, tepat dan mendasar. Dan harus dijawab oleh penulis dengan tuntas dan lugas. Maka dari itu penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk lebih membuka diri dalam mendalami keunikan prospektus bisnis ini dalam tiga buku seri secara lengkap. Dan diharapkan Anda memilikinya dan membacanya sampai tuntas, Insya Allah Anda akan menemukan keajaiban-keajaiban yang menguntungkan Anda. Dalam buku seri satu ini pembaca akan memahami overview (gambaran awal) dari bunga rampai kisah nyata dan pengalaman orang-orang yang telah suskses berbisnis dengan Allah SWT dan tips mencapainya secara tepat dan bijak.
Sesungguhnya, judul ini dipilih bukan hanya The unique of selling proposition, prospektus khas Tuhan yang terasa sangat dahsyat, unik dan menentramkan jiwa. Namun judul ini mengekspresikan keyakinan penuh, bahwa tidak ada bisnis di dunia ini yang sudah ada garansi 100% oleh Allah pasti untung dunia akhirat. Bisnis bersama Dzat yang mampu menghadirkan semua kekayaan, keajaiban, keindahan, kenikmatan dan keberkahan tanpa batas.

”Dia-lah Allah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. supaya Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan supaya Dia menutupi kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar di sisi Allah. (QS. al-fath (48) 4-5).

Berbisnis dengan Tuhan adalah the special business word (defenisi yang sangat unik dan khusus) walau sebagian orang masih menganggap ini gagasan baru, namun pada kenyataanya sudah ada dalam Al-Qur’an sejak 14 abad yang lalu. Bisnis ini tentu saja sangat indah dan istimewa. Baik istimewa produknya, promosinya, tujuannya, proses barternya, sarana mencapainya, MOU-nya, servis dan profitnya. Anda akan sangat beruntung dan berbahagia jika mampu memahami apa yang ada dibalik indahnya berbisnis dengan Tuhan.

Berbisnis yang dimaksud dalam buku ini adalah berbisnis dalam arti yang universal dan utuh. Bisnis yang mencakup semua dimensi hidup manusia. Hidup yang didasarkan pada kaidah dan pijakan syariat Islam. Hidup yang dilandasi rukun iman dan rukun Islam. Hidup yang selalu dilakukan dengan kesertaan aturan Tuhan. Hidup yang selalu diorientasikan untuk Tuhan. Segala upaya menjadikan shalat, pengorbanan, ibadah, mu’amalah, hidup, dan mati hanya dari Allah, bersama Allah dan untuk Allah.

“Katakanlah, sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam.
(QS. Al- An’am (6): 162)

Allah tidak pernah butuh dengan manusia dan segala produknya. Manusialah yang sangat butuh dengan Allah dan segala surga serta kenikmatan-Nya. Maka berbisnislah dengan Allah, niatkan segala tujuan hanya untuk Allah, niscaya Allah akan cukupkan kebutuhan duniamu. Karena inilah inti dari berbisnis dengan Tuhan, menanam untuk negeri akhirat, yaitu menjadikan segala sesuatu dari Allah, bersama Allah dan untuk Allah SWT.

“Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai seluruh tujuan dari tujuan-tujuannya, maka Allah akan mencukupi duniawinya. Dan barangsiapa yang memperbanyak tujuan-tujuannyautnuk dunia, maka Alloh tidak peduli di lembah mana ia akan dibinasakan.”
(HR Ibnu Majjah dan Al-Hakim)


Apa Keuntungan Berbisnis Dengan Tuhan?

Berbisnis dengan Allah adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Bisnis yang luar biasa dahsyat, yang sudah digaransi Al-Qur’an pasti untung dunia akhirat (QS.As-Shaff 61:10). Karenanya, Anda sangat tepat untuk membaca, memahami, dan mengamalkan prospektus istimewa ini. Anda akan melihat kelembutan dan keindahan setiap penawaran-Nya. Anda akan merasakan keadilan dan keberkahan dalam setiap transaksinya.

Sesungguhnya, bisnis ini bukan hanya The unique of selling proposition, namun merupakan peluang untung sangat besar untuk hamba-hamba-Nya. Barang siapa yang berbisnis dengan Tuhan, pasti jauh dari kebangkrutan serta terhindar dari segala siksaan yang Maha Pedih (QS.As-Shaff 61:11). Bukan hanya itu, mereka akan dihapuskan hutangnya, di masukan ke dalam surga-Nya, diberikan istana yang istimewa dan akan diberikan kemenangan yang nyata (QS.As-Shaff 61:12). Karena Allah SWT adalah Dzat yang sangat mampu menghadirkan semua Kekayaan, Keajaiban, Keindahan, Kenikmatan dan Keberkahan tanpa batas, baik di dunia ataupun di akhirat.

”Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu bisnis (perniagaan) yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah (surga) yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga Adn.”. (QS.Ash-Shaaff (61):10-13).

Prospektus bisnis dalam ayat Al-Qur’an diatas, menunjukan bahwa Allah telah mewajibkan setiap orang yang beriman untuk berbisnis dengan-Nya. Jika tidak, maka Allah mengancam manusia dengan azab yang sangat pedih. Sebaliknya, bagi siapapun yang mampu melakukan bisnis itu dengan tepat, maka Allah tak segan-segan akan memberikan empat profit yang sangat besar. Allah akan memberikan ampunan, pelakunya akan dimasukan ke surga, diberikan istana yang indah, dan diberikan kemenangan yang dekat (kebahagiaan di dunia).













Produk Apa yang akan dibeli oleh Allah SWT?

Berbisnis dengan Tuhan adalah kunci rahasia kesuksesan sejati yang selama ini dicari dan dinanti oleh para pemburu surga. Lalu, apa produk yang akan dibeli Allah SWT? Sesungguhnya, ada empat produk yang sangat dicintai Allah dan memiliki nilai profit yang sangat agung. Produk yang pertama adalah beriman kepada Allah SWT. Produk kedua beriman kapada rasul-Nya. Produk ketiga adalah berjihad dengan harta. Produk keempat adalah berjihad dengan jiwa. (Q.S. Al-Shaff 61:11)

Iman dan jihad adalah kata kunci dalam berbisnis dengan Allah SWT. Iman adalah tauhid dan jihad adalah etos kerja. Tauhid adalah pengesaan Allah SWT dalam semua dimensi hidup. Baik pengesaan Allah dalam penciptaan-Nya, penyembahan-Nya, sifat-sifat-Nya, Asma (nama-nama-Nya) serta pengesaaan Allah dalam hukum-hukum-Nya. Balasannya adalah surga. “Akan masuk surga siapapun yang menyimpan sebiji atom ketauhidan (iman) dalam lubuk hatinya”.(al-hadits). Bahkan Allah SWT menjamin mereka kehidupan yang indah dan penuh berkah dunia akhiratnya. Dan Etos kerja adalah niat, tekad yang bulat, yang disertai dengan spirit ilahiyah yang tinggi untuk mewujudkan kekayaan dan kesempurnaan harta dan jiwa. Baik dalam proses meraihnya, atau ketika mendistribusikannya selalu bersandar dengan aturan Allah SWT. Kerenanya, wajib diyakini bahwa kesuksesan tidak semata-mata karena etos kerja manusia saja, namun ada kesertaan kasih sayang dan kelembutan Allah secara mutlak dalam muwujudkannya. Cara yang terbaik dalam menyertakan Allah dalam kesuksesan adalah etos kerja yang disertai iman dan takwa kepada sang Maha Kaya Raya.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”. (QS.Al-Araaf(7):96).

Berbisnis dengan Tuhan, memberikan kekuatan sangat dahsyat, yang akan mampu mendongkrak dan merevolusi kondisi kehidupan manusia ke arah yang lebih baik. Allah sangat senang mengkaruniakan segala yang terbaik kepada makhluk-Nya, karena Allah Maha Kaya. Kekuasan-Nya tidak akan pernah berkurang sedikitpun ketika Dia memberikan rezeki sebanyak apapun. Maka saatnya Anda merayu Allah SWT, agar hidup Anda selalu untung, lebih Indah dan lebih berkah.







Jadilah Penjual Produk Berkualitas,
Tuhan Pasti Akan Membelinya

Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa, Maha Adil dan Maha Kaya Raya. Tuhan semua makhluk di alam semesta ini. Tuhan yang mampu menghidupkan dan mematikan. Tuhan yang memiliki surga dan neraka. Tuhan yang memberikan rezeki setiap saat kepada siapapun yang dihendaki-Nya. Tuhan yang sampai saat ini masih memberikan kesempatan nafas kepada Anda. Tuhan yang senantiasa kita sebut dalam munajat cinta.

“Robbana Aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar” Wahai Tuhan kami... berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Jauhkanlah kami dari jeratan api neraka.
(QS. al-Baqarah (2):201)

Do’a ini adalah bukti dari rayuan hamba kepada pencipta-Nya. Agar manusia diberikan kebaikan dunia akhirat dan terhindar dari azab yang pedih. Tapi bagaimana caranya? Maka berbisnis dengan Tuhan adalah jawabannya. Anda menjadi penjual produk, Allah menjadi pembelinya.

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan profit surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan kebenaran dari Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar”. (QS At-Taubah 9:111).

Dalam ayat diatas, manusia diposisikan sebagai penjual produk. Anda menjual produk, kemudian Allah akan melihat, memilih, menimbang, memutuskan dan membarter (membeli) setiap produk yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan-Nya. Jika produk Anda berkualitas maka Allah akan lipat gandakan 10 sampai 700 kali lipat bahkan profit yang tidak terbatas. Jika produknya buruk maka Allah akan memberikan balasan yang sama dengan yang dijual manusia.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Q.S Al-Baqarah 2:261)

Allah memberikan peluang yang besar kepada seluruh manusia untuk menjadi penjual yang hebat. Maka mulailah kita berbisnis dari sekarang! Mari, Jadikan hidup ini kaya raya dengan cara yang halal dan thoyyib. Perbanyak memberi sesama sebagai amal ibadah, pertinggi intensitas kedekatan kepada-Nya dengan bekerja, berdzikir dan berdo’a. Sebarkan kedamaian Islam. Jadilah kita hamba yang penuh pesona dalam akhlak, ibadah dan mu’amalah! Mulailah dari saat ini, sebelum Ruh berhenti bermukim di dada kita dan sebelum tanah merah menghimpit jasad kita! Maka terputuslah semua peluang bisnis kita. Mari segera bangkit dan bergerak menuju takdir kehidupan yang lebih indah dan lebih berkah.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya