GuidePedia

0

Apakah anda ingin mengenal pesantren paling terkenal di Google dalam 3 tahun ini dan sangat pavorit dalam dunia online jawabannya adalah PESANTRENBISNIS.COM SMP IT - SMK Informasi Teknologi Istana Mulia

Info tentang pesantren paling terkenal di Google dalam 3 tahun ini dan sangat pavorit dalam dunia online ada di
Apakah anda ingin mengenal 10 Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer Di Indonesia sejak dahulu kala ? nah ini jawabannya  

1. Pondok Pesantren Terkenal Sidogiri Pasuruan

Salah satu Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer yang ada di Indonesia adalah pondok Pesantren Terkenal Sidogori di Pasuruan. Banyak hal yang mempengaruhi terpilihnya Pesantren Terkenal ini menjadi salah satu Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer di Indonesia yang menempati, salah satu perimbangannya adalah sebagai berikut.
Pesantren Terkenal ini merupakan salah satu Pesantren Terkenal tertua di Indonesa yang masih eksis dan terus berkembang.

Di zaman modern ini, Pesantren Terkenal ini tetap berani mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama, walaupun demikian hebatnya Pesantren Terkenal ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar puluhan ribu santri putra dan putri.

Terkenal sebagai Pesantren Terkenal yang berhasil mandiri secara finansial berkat berbagai bisnis yang dibangun oleh yayasan Pesantren Terkenal seperti waralaba minimarket (Mart) yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama BMT (baitul Mal Wat Tamwil), serta masih banyak usaha lainnya.

Faktor-faktor penting lainnya yang menjadikan Ponpes Sidogori ini menjadi salah satu Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer di Indonesia adalah karena komitmen para pengurus ponpes Sidogiri yang tetap mempertahankan sistem pendidikan Madrasah Diniyah (MD) sampai tingkat Ma’had Ali (Universitas) yang bernama Tarbiyatul Mu’alimin. Selain itu Pesantren Terkenal ini sering mengirim guru tugas ke berbagai daerah di Indonesia serta luasnya jaringan alumni Pesantren Terkenal ini.

2. Pondok Pesantren Terkenal Langitan Tuban

Pondok Pesantren Terkenal Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah Pesantren Terkenal yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat menjangkau kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan. Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di Pesantren Terkenal ini adalah adalah KH Abdullah Faqih yang turut berkiprah di kancah politik Nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya Pesantren Terkenal Langitan ini.

3. Pondok Modern Gontor

Pondok ini merupakan pelopor dan inovator pembuat Pesantren Terkenal modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam. Dahulu ponpes ini bernama Ponpes Darussalam Gontor, dan setelah dirubah namanya menjadi Pondok Modern Gontor yang membuat Pesantren Terkenal ini menjadi institusi pendidikan Islam yang sering ditempati oleh masyarakat Islam perkotaan yang dulu enggan belajar di pondok Pesantren Terkenal karena terkesan tua.

Pondok Pesantren Terkenal modern Gontor mempunyai ciri khas tersendiri yatu memiliki kedisiplinan yang tinggi, pembiasaan dalam mengucap bahasa Arab dan Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari serta kerapihan mengenakan pakaian yang selalu memakai dasi saat bersekolah, dan masih banyak yang lainnya. Di sini pun para santri belajar tentang kisah hijrah Nabi Muhammad, kerajaan Islam di Indonesia serta sejarah perkembangan agama Islam di Eropa.
Secara keseluruhan, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor berjalan dengan baik dan sangat sukses. Karena kesuksesannya tersebut, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor ini menciptakan tren baru dikalangan Pesantren Terkenal-Pesantren Terkenal di Indonesia.

4. Pondok Pesantren Terkenal Tebuireng Jombang

Pendiri Pesantren Terkenal Tebuireng yaitu Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU) pada tahun 1926. Hal inilah yang turut membuat Pesantren Terkenal ini terkenal di masyarakat. Selain itu cucu pendiri Pesantren Terkenal ini yaitu KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri.

5. Pondok Pesantren Terkenal Al-Khairaat Palu

Pesantren Terkenal Al-Khairaat adalah Pesantren Terkenal paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa khususnya di Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur. Selain itu Pesantren Terkenal ini juga didirikan dan di asuh oleh seorang habib.
Pesantren Terkenal ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur, Apabila ditotal jumlah santri Pesantren Terkenal ini mencapai angka puluhan ribu santri.

6. Pondok Pesantren Terkenal Darul Ulum Banyuanyar Madura

Pondok Pesantren Terkenal ini termasuk dari lima Pesantren Terkenal tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978. Dari dulu sampai sekarang Pesantren Terkenal ini terus berkembang dengan pesat dan tidak ketinggalan zaman.
Di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, Pesantren Terkenal ini memiliki pengaruh yang besar. Adapun sistem pendidikan di Pesantren Terkenal Banyuanyar memakai sistem kombinasi modern dan salaf. Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman. Oleh karenanya, jangan heran banyak alumni Pesantren Terkenal ini yang menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

7. Pondok Pesantren Terkenal Nurul Jadid Probolinggo

Bisa dikatakan ponpes ini merupakan salah satu Pesantren Terkenal yang lengkap sarana pendidikan formalnya tentu selain pendidikan agama tentunya. Pesantren Terkenal ini mempunyai lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik di bidang sains seperti kesehatan (STIKES) dan teknologi informasi (STT Nurul Jadid).
Selain itu, di Pesantren Terkenal ini juga tersedia ma’had aly, madrasah diniyah dan tahfidz Al-Quran, sehingga Pesantren Terkenal ini cocok bagi para orang tua yang ingin mengirimkan putra putrinya ke Pesantren Terkenal yang mempunyai berbagai jurusan.

8. Pondok Pesantren Terkenal Musthofawiyah Sumut

Pesantren Terkenal ini merupakan Pesantren Terkenal tertua berdiri tahun 1912 yang berada di Sumatera Utara, selain itu Pesantren Terkenal ini juga merupakan Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer dan terpopuler di Sumatera Utara. Tidak sedikit para lulusan santri yang melanjutkan studi ke luar negeri, selain itu banyak juga alumni lulusan ini yang menjadi tokoh berpengaruh di lokal maupun nasional. Nama lain dari Pesantren Terkenal ini adalah Pesantren Terkenal Purba Baru.

9. Pesantren Terkenal Buntet Cirebon

Pesantren Terkenal ini menjadi salah satu berdiri Pesantren Terkenal tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1785. Selain itu Pesantren Terkenal ini sangat terkenal di Jawa Barat dan menjadi pelopor Pesantren Terkenal lain di provinsi Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten. Tidak sedikit dari pengasuh Pesantren Terkenal di ketiga provinsi tersebut yang merupakan alumni dari Pesantren Terkenal Butet. Oleh sebab itu, Pesantren Terkenal ini bisa jugadi sebut sebagai salah satu Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer dan paling berpengaruh di Indonesia.
10. Pondok Pesantren Terkenal Al-Khoitor Malang

Ponpes ini terbilang mempunyai usia yang masih muda Jika di bandingkan dengan Pesantren Terkenal lain yang berada dalam 10 Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer, yakni berdiri tahun 1963. Yang menjadi pembeda dari Pesantren Terkenal ini dengan Pesantren Terkenal yang lain adalahi semua sant kemampuannya membuat satu paket pendidikan yang holistik untuk para santri.
Adapun sistem pendidikan yang dipakai oleh Pesantren Terkenal Al-Khoirot merupakan kombinasi dari empat jenis pola yaitu pendidikan madrasah diniyah, pendidikan formal, pendidikan bahasa Arab moderserta kajian kitab kuning atau gundul tingkat menengah. Keempat kegiatan pendidikan ini merupakan aktit utama yang harus dilakukan oleh para santri, sehingga ketika lulus nanti selaoin mendapatkan ijazah juga memiliki kemampuan bahasa arab yang lancar dan menguasai kitab kuning. Selain itu di sini juga diadakan program tambahan contohnya Tahfidzul Quran.

Demikian daftar Pesantren Terkenal-Pesantren Terkenal Unggulan, Terbaik dan paling Populer di Indonesia. Penulis di sini menialainya secara subjektif. Namun begitu, tentu setiap lembaga pendidikan mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Masih banyak daftar Pesantren Terkenal yang baik mungkin karena keterbatasan info dan pengetahuan yang ada, penulis jadi belum memasukkannya. Mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar di Pesantren Terkenal favoritmu.


Posting Komentar

 
Top