Rabu, 01 April 2009

Cara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian Nasional

Cuplikan dari isi or Resensi Buku
Panduan HEBAT & ASYIK
Belajar & Ujian Nasional!
6 to be 9, Great and Fun !
Basic Method 99 Asma’ul Husna

Oleh : Ayi Muzayini
(Duta Pelajar Indonesia di Negara Kuwait 1993-1998,
Trainer, Motivator dan Penulis Buku Laris
Indahnya Berbisnis dengan Tuhan)

Ujian Siapa Takut! Biasa aja lagi, emang ngape kalau ada ujian? Slowly coys... bukankah dengan adanya ujian kamu bisa naik peringkat, naik kelas, pindah sekolah, ganti suasana, tambah teman, tambah pengalaman and... yang lebih heboh lagi kamu berarti sudah tambah gede, tambah dewasa, tambah ilmu dan tambah imut... siip aah... dengan adanya ujian, insya Allah hidup kamu semakin asyik dan menarik...

Bagaimana kalau tidak ada ujian? Pastinya kamu tidak naik kelas, tidak lulus, tidak tambah tantangan dan pengalaman. So... mau tidak mau, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, ujian harus tetap dijalani oleh setiap orang. Makanya Ust.Ayi ingin berbagi cara hebat dan asyik dalam menghadapi ujian. Pastikan kamu membacanya dengan asyik.. ayo katakan ”Ayik..sekali lagi Asyik”.

Ust.Ayi percaya kamu sudah membaca bab sebelumnya, tentang cara hebat dan asyik belajar. Dan insya Allah kamu sudah belajar jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. Inget ya... jangan biasakan menggunakan sistem kebut semalam. Justru pada hari-hari mendekati ujian, badan dan pikiran kamu harus rileks, makanlah makanan yang bergizi. Agar rileks, kamu juga bisa mendengarkan musik klasik atau nasyid-nasyid islami.
Saat ini Ust.Ayi akan memberikan kiat sukses menghadapi ujian nasional. Dimulai dari persiapan diri, persiapan teknis, persiapan materi ujian, dan pada saat ujian. Simak dengan baik dan ikuti petunjuknya!

1. Tidur Lebih Awal
Kamu harus menjaga kesehatan sebelum ujian. Tidak bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kamu mengikuti ujian bila dalam keadaan sakit. Agar diri kamu tetap sehat, maka kamu harus rajin berolahraga minimal 15 menit per hari. Pastikan makan dengan makan yang bergizi, buah-buahan, sayur-sayuran, terutama bubur kacang hijau.
Tidurlah Lebih Awal. Malam harinya boleh saja kamu mengulang pelajaran, tapi jangan sampai larut. Perbanyak latihan menjawab soal dengan teman. Caranya: Ajaklah teman kamu untuk membentuk kelompok kecil sebagai kelompok belajar. Tidurlah lebih awal, jangan sampai lebih dari jam 22.00. Agar esok harinya kamu fress.
Ingatlah bahwa persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian kamu tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat yang cukup.
Bangunlah lebih awal, lalu sholat subuh tepat waktu, dzikir, baca Al-Qur’an dan berdo’a kepada Allah. Jangan lupa sarapan, gosok gigi, wudhu, salam dan minta do’a sama seluruh penghuni rumah, terutama ibu dan ayah. Berangkatkah dengan penuh senyum, yakin sukses dan tawakal kepada Allah.


2. Persiapkan Semua Perlengkapan Ujian

Jangan lupa siapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk esok ujian. seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan sehari sebelum ujian. Kamu tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang akan kamu pakai ternyata palsu, karena proses pemeriksaan hasil ujian menggunakan teknologi komputer. Sebelum ujian, yakinkan bahwa pensil 2B yang digunakan adalah benar-benar asli. Selain itu, sebelum ujian berlangsung kamu harus mengecek lokasi ujian dan tempat duduk.

3. Bacalah Buku Cara Belajar Hebat dan Asyik

Nilai bagus adalah dampak, lulus ujian juga akibat, yang paling penting adalah caranya. Maka kamu harus memastikan diri untuk membaca buku panduan hebat dan asyik belajar. Disana kamu akan menemukan hal-hal yang heboh, unik dan antik, yang akan membuat kamu tambah enjoys dalam belajar. Bacalah berulang-ulang dan praktekan. Jika belum sempat membacanya, maka tuntaskan bacaan bab ini.


4. Ikuti training The Spiritual Learning Motivation

Agar kamu tambah mengerti cara belajar hebat dan asyik, maka ikutilah trainingnya. Dengan mengikuti training ini kamu akan ditemani untuk belajar seperti main futsal atau jalan-jalan ke pantai. Sangat asyik dan fantastic. Disana ada games, outbound, icebreaking, nyanyi, muhasabah, dll.

5. Sampai di Sekolah 30 menit sebelum ujian dimulai.

Ketika kamu sampai di sekolah lebih awal, maka kamu akan memiliki waktu untuk mempersiapkan segalanya. Pastikan segalanya menjadi sangat nyaman dan tenang. Pikirkan yang baik dan yang positif. Ingat jangan membuka-buka buku yang tebal itu lagi. Letakan di rumah atau simpan di loker. Karena bukan saatnya kamu membaca atau menghafal. Kecuali baca dari catatan kecil yang sudah dirangkum.

6. Tetap tenang dan percaya diri.

Jangan tegang. Santailah dalam mengerjakan setiap soal sebab kondisi tegang saat ujian akan merusak konsentrasimu.

99% kehebatan kamu terletak pada hati dan pikiran kamu. Maka pastikan keduanya tenang. Jangan takut dan jangan khawatir. Biarkanlah segalanya mengalir seperti air. Dengan tanang dan percaya diri, kamu akan menghidupkan semua sel otak dan membuka semua simpanan memory kamu selama ini. Jangan matikan dengan was-was dan takut. Ingat was-was adalah godaan syetan dan virus kesuksesan yang akan membuat kamu lupa dengan apa yang telah dibaca. So...kamu harus tetap tenang dan percaya diri!

7. Masuklah ke ruang ujian 5 menit sebelum dimulai.

Duduklah ditempat yang telah disediakan, pandanglah kedepan, tarik napas yang dalam, tersenyum dan katakan dalam hati “Allah pasti menolong saya, saya pasti sukses, saya pasti lulus, saya pasti bisa membahagiakan orang tua”. Mulailah dengan membaca ”Bismillahirrahmanirrahim, laa haulaa walaa quwwata illa billah...” dengan menyebut nama-Mu yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tiada daya dan upaya kecuali milik-Mu dan kuserahkan segalanya kepada-Mu.

Tulis nama lengkap dan nomer ujian dalam kertas jawaban. Lihatlah semua soal dan bacalah seluruhnya dengan cepat dan cermat. Tandai soal yang mudah dan dipastikan benar. Kemudian kerjakan yang lebih mudah dan lebih tinggi nilainya terlebih dahulu. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

Jika kamu punya kesulitan, maka sekali lagi tarik napas dalam-dalam, tersenyum dan berdo’a, lalu katakan dalam hati “Allah pasti menolong saya, saya pasti sukses, saya pasti lulus, saya pasti bisa membahagiakan orang tua”.


8. Pilihan Ganda itu Asyik dan Soal ujian esai sebenarnya mudah.

Pertama, kerjakan yang sudah dipastikan benar. Kedua, abaikan dulu jawaban yang kamu tahu pasti salah atau terasa sangat sulit. Tebaklah suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai. Jangan mengganti jawaban kecuali kamu yakin itu pasti benar, karena pilihan pertama jawabanmu biasanya benar.

Ketika kamu mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian berikan nomer ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu renungkan lebih dalam terlebih dulu.

Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru, sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soal membuat kamu salah dalam memberi atau memilih jawaban.

Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk menjabarkan poin-poin utama secara mendetail. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaanmu.


9. Preview soal-soal ujianmu dulu

Jangan puas dengan apa yang telah dijawab. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu. Ulangi dan ulangi terus untuk mengoreksi soal dan jawaban yang telah ditulis. Jangan lupa tetap tanang dan yakin. Jangan hiraukan teman yang nyontek atau bertanya.

Hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas. Baca dan ulang jawabanmu, periksa lagi ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Jangan pedulikan juga teman yang sudah terburu-buru keluar ruang, jika masih ada waktu, maka terus koreksi lagi. Pastikan tetap tersenyum dan dzikir dalam hati.

Tutup Dengan Do’a. Sebagaimana kamu berdo’a memulai ujian, berdo’alah juga setelah selesai mengerjakan. Dan ingat manusia hanya bisa berencana, Tuhan jugalah yang menentukan hasilnya.


10. Analisis hasil ujianmu

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan cara dan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Kumpulkan berkas-berkas ujianmu. Gunakan soal-soal itu untuk persiapan ujian akhir. Ingat jika nilai ujian kamu saat ini buruk, itu tandanya kamu pasti sukses, jika terus belajar dari nilai buruk itu. So... ayo semangat untuk bangkit dan belajar kembali.


Info Sangat Penting Pada Saat Kamu Ujian
Ada 10 hal yang harus diperhatikan pada saat ujian, yaitu:
1. Pastikan bahwa kamu tidak lupa membawa kartu peserta ujian.
2. Pastikan bahwa kamu tidak terlambat datang ke lokasi ujian.
3. Pastikan bahwa kamu tidak lupa membawa perlengkapan ujian, seperti pena, pensil 2B, mistar, penghapus, atau papan alas.
4. Pastikan bahwa kamu tidak melanggar tata tertib ujian. kamu bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
5. Pastikan bahwa semua identitas kamu ditulis dengan benar dan lengkap di lembar jawaban.
6. Kerjakan soal dengan tenang.
7. Pusatkan pikiran kamu untuk selalu berkonsentrasi menjawab soal-soal.
8. Awali semua pekerjaan dengan berdoa kepada Allah SWT.
9. Dahulukan menyelesaikan soal yang dianggap mudah, kemudian baru kamu untuk menyelesaikan soal yang sulit atau yang tadi merasa ragu-ragu untuk menjawabnya.
10. 15 menit sebelum waktu ujian berakhir sebaiknya kamu sudah selesai menyelesaikan ujian, agar kamu memiliki waktu untuk mengoreksi ulang mengenai identitas (nama dan nomor ujian), soal dan jawaban kamu.







Daftar Pustakan

• Abdurrahman, Khalid Ummar, Dr. Optimislah Anda Miliki Semuanya!, Magfirah, Jakarta, 2006
• Antonio, Muhammad Syafii, Dr,M.Ec, The Super Leader Super Manager, Jakarta, Tazkia Multimedia, 2007
• Al-Qur’an Al-Kariim, DEPAG RI, As-Syamil, Bandung, 2007
• Byrne, Rhonda, The Secret (Terj. Rahasia Susi Purwoko), Jakarta, Gramedia, 2007
• Hesselbein, Frances, The leader of the Future, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006
• Kasali, Renal. Change!, Gramedia, Jakarta, 2005
• Khoo, Adam, Secrets of Self Made Millionaires, Jakarta, Gramedia, 2006
• Lim, Hendrik,M.B.A, Raise you UP, Gramedia, Jakarta, 2008
• Sentanu, Erbe, Quantum Ikhlas, Jakarta, Elex Media Komputindo, 2008.
• Munadi, Imam, Fight Like Tiger Win Like Champion, Elex Media Komputindo, 2007
• Teguh, Mario, Be Coming a Star, Exsnal Publishing, Jakarta, 2008
• Yakan, Dr. Fathi, Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Islam, Jakarta, Al-Itishom, 2007.
• Waringnin, Tung Desem, Marketing Revolution, Jakarta, Gramedia, 2008
• Waringnin, Tung Desem, Financial Revolution, Jakarta, Gramedia, 2007



Siapa Ust.Ayi
Penulis Buku 6 to be 9 Great and Fun

Ayi Muzayini adalah penulis, trainer, motivator, personal development & marketer advisor dan juga da'i moderat yang cukup berpengalaman, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Beliau lahir di Sukabumi, 6 September 1976.

Pendidikan formal yang pernah dilaluinya adalah jurusan bahasa di Religious Institute Qurtubah State of Kuwait, Ilmu Hubungan Internasional FISIP UBL Jakarta, Islamic Boarding School State of Kuwait, Madrasah Diniyah Sukabumi dan Madrasah Darunnajah Jakarta.

Beliau juga pernah mengikuti berbagai kursus, baik itu public speaking, jurnalistik, leadership, educational, consulting, marketing, dll. Walaupun usianya masih muda (32 th), namun pengalaman mengisi training di berbagai negara, menulis beberapa buku dan pengalaman memimpin perusahaan swasta nasional, membuat beliau terpanggil untuk mentransformasi ilmu dan mengabdikan diri kepada ummat dan bangsa.

Saat ini, beliau aktif sebagai Trainer TrenBiz Internasional, Pembina Islamic Boarding School Insan Mubarak (SMPIT) Jakarta, Wakil Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Tangerang, Ketua Harian Al-Mubarak Foundation, Director Advisor Hotel Syari'ah Al-Marwah Jakarta dan sebagai CEO Muzayini Global Revolution.


Cara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian NasionalCara Hebat dan Asyik
Menghadapi Test dan Ujian Nasional
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya