Senin, 24 Mei 2010


Apakah Anda ingin selalu untung?

Tentu saja saya ingin selalu untung, sama seperti Anda, saya akan bahagia jika mampu mendapatkannya, apalagi kalau utungnya besar dan rutin, saya akan bergairah dan totalitas dalam meraihnya. Namun benarkan kita bisa hidup selalu untung dan mampu mendapatkannya secara berkesinambungan, Apa itu untung dan bagaimana cara mendapatkannya?


Apa yang dimaksud dengan Untung?

Ada banyak pendapat tentang untung, namun kita bisa menyimpulkan beberapa definisinya dari para ulama, sebagaimana berikut ini :

Pertama, untung itu jika Anda mendapat hidayah Allah SWT, karena tidak ada yang paling mahal dan istimewa di muka bumi ini kecuali kita mampu memahami, meyakini, mendeklarasikan dan mengamalkan dua kalimah syahadah secara benar. Bukankah Rasulullah bersabda ”Kalimah syahadatain adalah kunci surga” dalam hadits yang lain ”Barangsiapa yang mengucapkan syahadatain dengan ikhlas, maka dia akan masuk surga”.

Kedua, untung itu jika Anda mampu mencintai Allah dan Rasul-Nya melibihi cinta kepada dunia dan seisinya.

Ketiga, untung itu jika Anda memahami dan mengamalkan syariat Islam, ini tercermin dalam hadits Rasulullah ”Barangsiapa yang diinginkan Allah kebaikan darinya, maka Allah akan memberikan pemahaman terhadap Islam”.


Keempat, Untung itu jika manusia mendapat rezeki yang halal dan berkah dan dapat mendistribusikan harta terbaikknya di jalan Allah

Kelima, Untung itu jika Anda memiliki istri sholehah dan anak yang baik

Keenam, Untung itu jika Anda memiliki lingkungan yang damai, aman dan penuh kasih sayang karena Allah

Ketujuh, Untung itu jika Anda mampu ikhlas dan bersabar dalam keadaan lapang ataupun sempit. Dan untuk itu jika Anda mampu menjadi pembawa hidayah Allah untuk orang lain.

Kedelapan, Untung itu jika Anda mampu menyantuni anak yatim dan dhuafa. Rasulullah bersabda ”Aku akan duduk bersama penyantum anak yatim di Surga yang dekatnya seperti dua jemari ini”.

Kesembilan, untung itu jika Anda mampu membaca, memahami, menghafal, mengamalkan dan mengajarkan Al-Qur’an. Sebagaimana sabda nabi Muhammad ”sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mau mengajarkannya kepada orang lain”.

Kesepuluh, untung itu jika Anda mati dalam husnul khotimah


Menurut pendapat Ulama yang lain, untung itu dapat didefinisikan kedalam lima katagori, yaitu :

Pertama, untung itu jika niat, ucapan dan perbuatan Anda menjadi nilai ibadah disisi Allah SWT.

Kedua, untung itu jika aktifitas Anda menjadi penambah ilmu bagi Anda dan orang lain.

Ketiga, untung itu jika apapun yang Anda lakukan menjadi penambah eratnya persaudaraan atau silaturahim antar sesama muslim.

Keempat, untung itu adalah sesuatu yang jika anda ucapkan dan lakukan menjadi solusi bagi Anda, dan orang lain.

Kelima, untung itu jika apapun yang Anda katakan dan Anda kerjakan menjadi manfaat bagi orang lain. Sabda Nabi ”sebaik-baiknya Anda adalah orang yang membawa manfaat kepada orang lain”.

Definisi yang lebih singkat dari makna Untung adalah ”fiiddunnya hasanah wafil akhiroti hasanah waqinaa adzaabannaar” di dunia penuh kebaikan dan di akhirat penuh kebaikan serta terjauh dari azab neraka.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya