Selasa, 21 Mei 2013



Mengapa Anda harus kaya ? baik kaya dalam keimanan, keilmuan dan kaya dalam financial ?


Sebagai seorang Muslim, selain kaya iman, ilmu juga harus kaya harta. Berikut adalah 3 alasan mengapa seorang muslim harus kaya harta dalam artikel Seri Cara Kaya : 3 Alasan Mengapa Anda Wajib Kaya

Alasan Mengapa Anda Wajib Kaya Pertama : Kaya Menjadikan Anda Lebih Kuat dan Sehat. Karena Allah senang dengan Muslim yang Kuat. Karenanya dengan kekayaan tubuh akan menjadi sehat dan kuat. Kita bisa mandiri berdiri diatas kaki sendiri. Tidak meminta belas kasihan dari orang lain. Dengan kekayaan, kita bisa memberi. Ingat tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, memberi lebih baik daripada menerima dll.

Alasan Mengapa Anda Wajib Kaya yang kedua : Kaya Menjadikan Anda Lebih mampu menyempurnakan Ibadah. Banyak perintah syariat yang harus dilakukan dengan menggunakan uang. 2 dari 5 rukun Islam, zakat dan haji, harus dilaksanakan dengan menggunakan uang. Perintah syariat lain seperti jihad pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pun dalam kegiatan dakwah, membutuhkan biaya yang sangat banyak. Kita lihat contoh dari Rasululloh SAW, yang menggunakan seluruh hartanya untuk membiayai dakwahnya. Bagaimana Khadijah yang meninfakkan seluruh hartanya untuk kegiatan dakwah. Bayangkan jika Rasululloh dan Khadijah tidak memilki harta. Darimana mereka akan membiayai dakwah ini.

Peredaran uang dengan cara yang benar dan tepat sesuai adalah indikator dari kesholehan atau keburukan masyarakat. Artinya, jika peredaran uang dikendalikan oleh muslim yang baik maka masyarakat akan baik juga. Sebaliknya, jika perederan dikuasai oleh orang jahat maka masyarakatpun akan menjadi buruk. Itulah alasan kenapa kita harus kaya dan menguasai peredaran uang di masyarakat.

Dengan harta kita dapat menuntut ilmu dimana saja dengan sarana dan fasilitas yang memadai. Untuk menuntut ilmu kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Dengan harta kita dapat menafkahi keluarga dan mencukupkan ahli waris. Pikiran yang salah jika kita hanya memasrahkan keluarga kita pada Allah semata tanpa adanya ikhtiar

Dengan harta dapat menjadi bagian dari kontributor Menegakkan ekonomi syariah. Sampai saat ini ekonomi syariah masih sulit berkembang karena belum banyak penanam modal muslim yang menanamkan modalnya di ekonomi syariah. Itulah sebabnya mengapa kita harus kaya. Salah satunya untuk mengembangkan ekonomi berbasis syariah.

Membangun sarana umat. Tanpa uang bagaimana kita akan membangun masjid. Bagaimana kita membangun mall atau pasar yang islami.

Meningkatkan bargaining position umat Islam. Sekarang umat Islam masih dianggap sebelah mata karena sebagian besar Negara dengan umat muslim yang banyak masih digolongkan Negara miskin atau berkembang.

Alasan Mengapa Anda Wajib Kaya ketiga : Kaya Menjadikan Hidup Anda Lebih Indah dan Penuh Berkah.  Kekayaan membuat manusia bahagia di dunia walau ada juga yang miskin mampu berbahagia. Jangan salah berpikir jika kita tidak boleh kaya di dunia untuk mendapatkan kekayaan di akhirat. Menurut Rasululloh, 3 hal yang membuat manusia bahagia adalah: Istri/suami yang sholeh/sholehah, rumah yang luas dan kendaraan yang nyaman. 2 dari 3-rumah yang luas dan kendaraan yang nyaman,  indikator kebahagian seorang manusia terlaksana hanya dengan kekayaan.

Sumber : http://megawardhani.blogspot.com
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya