Minggu, 16 Juni 2013

Bagaimana cara sukses menagih hutang ? adakah cara menagih hutang dengan mudah dan penuh kekeluargaan, caranya singkat dan hasilnya mantap? Benarkah Anda bisa menagih hutang dengan cepat dan bermartabat?
  
Tidak ada yang tidak bisa di dunia ini, jika Anda mau melakukannya. Ji ika anda belum tahu cara sukses menagih hutang, jika anda ikhlas menjalankannya dan dengan niat yang baik, maka Allah akan menunjukan jalannya, sesuai dengan janji Allah dalam kitab suciNya. Namun perlu Anda ingat bahwa segalanya perlu cara, perlu usaha, perlu proses, perlu sabar dan perlu belajar dari orang sukses. Yang ingin saya berikan kali ini adalah upaya untuk membantu anda menjemput takdir kemudahan dalam menagih hutang, 

Terkadang (mungkin sering) kita telah meminjamkan sesuatu ke teman, entah itu uang, barang, atau lainnya. Namun sering juga kita merasa tidak enak untuk menagihnya kembali. Takut dibilang reintenir, tidak pengertian, dll.

Sebenarnya bukan kewajiban anda untuk menagih utang, melainkan dia yang sadar diri mengembalikan apa yang telah dipinjam. Tapi terkadang ada keadaan dimana kita terpaksa menagih hutang tersebut. Nah kalau kayak gene mesti ngapain coba?
  1. Adakan pertemuan langsung. Gak pake lewat telp, sms, atau lain-lain. Langsung ketemu aja deh. Cara diatas terkadang langsung membuahkan hasil. Sebelum ketemu siapkan dulu alasan yang tepat mengapa anda harus mendapatkannya sekarang. Misalnya anda bisa berkata “Bud, sory nih. minta uangnya sekarang yah, karena besok mau dipake buat bayar hutang”. Langsung, sederhana, dan terus terang. Kalau cara diatas gak berhasil, coba lanjutkan cara yang kedua ini.
  2. Pancing Harga diri dan Gengsinya. Kenali sifat-sifat positifnya, dan gunakan itu sebagai senjata andalan anda.Misalnya Anda bisa mengatakan gini “W kenal loe dari dulu, loe itu orangnya selalu bertindak benar dan adil”. Tunggu jedanya beberapa jam, lalu anda tinggal menagih hutang anda. Karena tadi kita telah berkata dia orang yangbenar, maka efeknya secara psikologis akan mendorong dia untuk melakukan hal yang benar ( segera melunasi hutang). Kalau dia masih juga ngeyel, tenang!!! Masih ada jurus pamungkasnnya, dilanjutkan dengan…..
  3. Gunakan Testimoni Orang. Anda bisa mengucapkan beberapa teman yang anda dan dia kenal, lalu gunakan pendapat teman-teman tersebut untuk memancing rasa pedulinya. Anda bisa berkata “Loe tahu gak bud? Si Anton, Nina, Rendi, dll. Mereka menganggap kalau loe itu suka ingkar janji. W percaya loe bukan orang kayak gitu, Makanya pas mereka bilang gitu w langsung bela’n loe”. Muantap…. dengan cara ini 95% dia udah skakmat dan gak bisa ngindar lagi. Kalaupun dia memang benar-benar gak punya duit buat lunasin hutang anda, bikin deadline terakhir kapan dia mau lunasi. Kalau gak mau juga, Terpaksa kita pakai senjata Nuklir (maksud na cara dibawah ini)
  4. Keluarkan Ultimatunnya, Ancaman pencemaran nama baik. Kalau cara diatas mendapatkan respon nebojijgatif dari dia. Terpaksa kita gunakan Ancaman bahwa kita akan memberitahu semua orang agar jangan berurusan pinjam-meminjam dengan dia. Bukannya kita bermaksud kejam atau apa. Tapi kan kalau respon dia memang negatif itu kan udah kurang ajar. Mending kalau dia menjawab akan benar-benar janji melunasi pada hari yang ditentukan. TAPI, kalau pada hari yang ditentukan dia tidak melunasinya juga, anda tetap bisa menggunakan cara ini. Sekali lagi bukannya kita kejam, namun ini agar orang lain tidak mengalami pengalaman seperti anda (kehilangan uang gara-gara meninjamkan ke dia).
Penting : Tugas Anda mengingatkan, tugas si penghutang adalah membayar sesuai dengan waktu dan jumlah yang dijanjikan. Jika anda telah berusaha dengan baik, sisanya adalah tawakal alias banyak berdo'a dan serahkan segalanya sama Allah, dan rezeki itu selalu ada.

Terimakasih Anda telah membaca artikel cara sukses menagih hutang! sumber artikel tips sukses menagih hutang ala dadan. bersambung




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya