GuidePedia

0

Apa Cara Suskes Mendidik Anak agar ia menjadi unggulan dalam semua dimensi kehidupan?  

Bagaimana cara sukses mendidik anak agar mereka menjadi pengusaha suskses atau menjadi pemimpin sukses, bukan hanya sukses di dunia tapi anak dapat meraih sukses di akhirat? Kesuksesan anak tidak terlepas dari peran orang tua, jika orang tua sukses maka akan menjadi kata kunci kesuksesana anak. Namun bagaimana  Cara Sukses Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak ?

Saya tertarik dengan artikel Linda Mayasari dalam detikHealth, yang membahas tentang konsep Cara Suskes Menjadi Orang tua dan Sukses Mendidik Anak
Karena sesungguhnya, sifat dan perilaku seseorang telah terbentuk sejak anak-anak. Orangtua yang mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, akan menghasilkan individu yang baik ketika dewasa.

Sebagai orang tua, Anda memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masa depan anak Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam mendidik anak.

Berikut 7 konsep praktis untuk menjadi orangtua yang sukses mendidik anak, seperti dilansir dari naturalnews, Senin (18/6/2012) antara lain:

1. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan menjadikan diri selalu konsisten

Jadilah diri yang konsisten, karena anak selalu ingin tahu hal-hal baru yang masih asing baginya dan akan menanyakan banyak hal kepada Anda. Sebagai orang tua, Anda harus konsisten terhadap jawaban Anda. Jangan sekali-kali menjadi orang tua yang plin-plan ketika menjawab pertanyaan anak yang dilontarkan berulang kali.

2. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan menetetapkan batas

Batasan disini dapat berupa peraturan maupun proteksi fisik terhadap anak. Menurut Jim Cunningham, seorang penulis, penelitian pengaruh pagar pembatas taman bermain di sekolah terhadap anak.

Ketika pagar dihilangkan, anak-anak cenderung cemas dan merasa tidak aman dalam bermain. Ketika keesokan harinya pagar tersebut kembali di pasang, anak merasa aman kembali dan bermain dengan bebas di taman.

Sama seperti proteksi fisik tersebut, dalam hati anak juga merasa tidak ingin hidup di dunia tanpa batas. Anak-anak ingin orang tuanya menetapkan batasan untuk melindungi, memelihara dan membimbing dirinya hingga menjadi dewasa.

3. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan  Jangan memaksa anak menjadi seperti diri Anda

Seringkali orang tua menganggap bahwa anak-anaknya merupakan versi kecil dari dirinya. Orang tua cenderung memperlakukan anaknya sesuai dengan apa yang diinginkannya ketika masih kanak-kanak.

Padahal anak Anda tentu berbeda dengan Anda ketika muda karena perbedaan generasi dan lingkungan juga yang mempengaruhi sifat anak. Harapan orang tua tersebut biasanya hanya mengarah pada kekecewaan karena tidak sesuai dengan bayangan Anda.

4. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan mendorong perilaku positifnya dengan cara memberikan pujian dan sebagainya.

5. Memberikan sedikit hukuman terhadap kesalahan anak

Jika anak melakukan kesalahan sekali atau dua kali, Anda hanya perlu menasehatinya saja dan memberitahu hal yang benar. Tetapi jika kesalahan anak tersebut terus diulangi, Anda dapat memberikan sedikit hukuman yang sifatnya positif seperti mengurangi jam bermainnya di luar.

Hal ini akan membuat anak Anda berpikir ulang untuk melakukan kesalahan yang sama.

6. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan tidak menimbulkan kesenjangan antara kedua orang tua

Jika ibu mengatakan tidak dan ayah mengatakan iya, anak akan cenderung mendekat ke ayah karena mendapatkan apa yang diinginkannya. Orang tua harus sepaham dalam mengajar dan mendidik anak.

Tujuannya adalah agar tercipta kestabilan dalam keluarga. Ini mungkin sulit jika anak dihadapkan dalam situasi perceraian, tetapi demi anak-anak kedua orang tua harus mengesampingkan perbedaan dan sepaham.

7. Cara Suskes Menjadi Orangtua Dalam Mendidik Anak  adalah dengan  tidak berbohong

Jika Anda berbohong, menipu, mengumpat, mencuri, atau bahkan membuat pilihan gaya hidup yang tidak sehat, anak cenderung berpikir bahwa tidak apa-apa jika melakukan hal yang sama dengan orang tuanya. (ir/ir)

Terimaksih anda telah membaca Cara Suskes Mendidik Anak, dan Anda telah menjadi orang tua sukses yang mengsukseskan anak anaknya.

Cara Suskes Mendidik Anak dan Daftar Gratis Training Cara Suskes Mendidik Anak.

Posting Komentar

 
Top