Senin, 10 Juni 2013

Panduan Lengkap Bisnis Internet

Panduan Lengkap Bisnis Internet


10 Tips Menulis Review Produk agar Penjualan Laris Manis

Cara Kaya Dunia Akhirat,Mau? Gratis Daftar disini

Dalam tiga jurus ampuh menjadi super reseller, yang bisa anda baca di member area Formula Bisnis dan Rahasia Blogging, poin pertama adalah melakukan presell atau mereview produk tersebut. Melakukan pra penjualan dengan mereview produk bisa meningkatkan daya tarik calon pembeli produk anda.

Lalu bagaimana cara menulis review produk agar penjualan laris manis?

1. Pilih judul yang menarik dan unik. Misalnya 20 alasan memilih FormulaBisnis. Pastikan nama produk yang anda pasarkan dicantumkan dalam judul.

2. Jelaskan apa isi produk tersebut serta manfaatnya. Deskripsikan terlebih dahulu apa sebenarnya produk yang anda tawarkan. Bila ebook, jelaskan sebagai ebook (buku elektronik). Bila software, sebut sebagai software. Serta apa saja manfaat yang didapat pembelinya. Contoh seperti dilakukan Mas Endarta.

3. Penilaian anda. Bagaimana penilaian anda terhadap produk tersebut? Seberapa besar rekomendasi anda?

4. Tambahkan analisa anda. Seperti yang dilakukan rekan Edris Ernawan dalam reviewnya di sini.

5. Cantumkan garansi. Bila produk tersebut memberikan garansi, jangan lupa anda sebutkan pula garansinya.

6. Bonus. Bonus apa saja yang didapatkan bila membeli produk tersebut. Selain bonus yang didapat dari pemilik produk, sangat baik bila anda memberikan nilai tambah tersendiri. Tidak selalu harus ebook, nilai tambah yang bisa anda berikan juga berupa jasa, seperti dilakukan Mr-Mung.

7. Kelebihan produk. Apa saja kelebihan produk tersebut? Sampaikan dengan jelas dari kaca mata personal anda.

8. Kekurangan produk. Kekurangan produk bisa mungkin juga anda sampaikan. Namun, sebisa mungkin ubah kekurangan tersebut kemudian kekuatan. Sehingga memperkuat penawaran anda.

9. Menunjukkan komisi yang didapat. Uang merupakan magnet yang kuat. Sebagai pilihan, bila anda telah mendapatkan komisi, anda bisa tunjukkan komisi yang anda terima tersebut.

10. Menuliskan review lanjutan. Misal, cerita atau pengalaman yang berkaitan dengan produk tersebut. Contohnya seperti yang di sampaikan di blog dafidriau.

Cara Agar Selalu Cantik, Sehat Luar-dalam Inner Beauty, Mau? Klik disini ajaa! Oke.

5 Kesalahan Mendasar yang Harus Dihindari bagi Anda yang Berniat Memiliki Produk Sendiri
By Joko Susilo | Comments (237) | Trackbacks (0)



Bagi anda yang sudah bergabung dengan Formula Bisnis dan Rahasia Blogging, pastinya sangat menyadari betapa penting memiliki produk sendiri. Punya produk sendiri berarti anda sedang merintis tambang uang anda.
Namun begitu, bila saya perhatikan, kadang ada produk yang baru diluncurkan tak lolos dari jeratan kesalahan-kesalahan mendasar. Apa sajakah itu? Berikut ini kesalahan-kesalahan mendasar yang tak boleh terjadi pada anda yang berniat memiliki produk sendiri.
1. Tidak melakukan riset pasar. Hanya berdasarkan intuisi atau keinginan mungkin. Lalu terburu-buru membuat produk informasi. Seharusnya, anda mulai dari meneliti pasar di internet. Bagaimana caranya? Silakan baca 6 cara meriset pasar agar bisnis internet berjalan lancar.
2. Tidak melihat peta persaingan. Di beberapa ceruk pasar mungkin tingkat kompetisinya sudah terlalu tinggi. Bila anda nekad untuk bermain di ceruk tersebut dengan persiapan seadanya, hampir bisa diprediksi kalau bisnis internet anda gagal.
3. Isi produk tidak fokus untuk konsumen. Terkadang kita terlalu asyik dengan diri sendiri saat membuat produk. Kita jadi abai dengan apa yang sebenarnya diperlukan oleh (calon) konsumen kita. Karena itu, camkan baik-baik kalimat berikut di otak anda. Saat membuat produk informasi, selalu tanyakan “apa yang mereka butuhkan? Apa gunanya bagi mereka? Apakah bagian ini bermanfaat bagi mereka?” Kualitas produk anda, seperti disebut Mas Sumartono, menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan.
4. Tak tahu hal-hal yang efektif atau tidak. Kalau yang ini anda akan temukan jawabannya seiring proses. Di awal, ketika anda mencoba berbisnis internet, anda belum tahu mana tempat beriklan yang efektif untuk produk anda, bagian mana dari halaman anda yang perlu diubah dan berefek terhadap penjualan, dan keyword apa yang paling banyak mendatangkan penjualan. Namun sering proses bisnis internet anda, anda akan temukan jawabannya.
5. Akhirnya marketing intinya. Ketika produk anda sudah jadi, pada akhirnya soal marketing yang berbicara. Banyak sekali mungkin produk yang bagus, namun tak jadi laris manis karena marketingnya tak jalan. Atau mungkin jalan, namun setengah-setengah. Atau langkah marketing jalan, namun jalan marketing yang diambil keliru.
Soal marketing pada intinya sederhana: “anda membawakan produk yang tepat pada orang yang tepat, dengan cara yang tepat, dan dalam waktu yang tepat!”

Cara Agar Selalu Cantik, Sehat Luar-dalam Inner Beauty, Mau? Klik disini ajaa! Oke.

Diskusi Soal 14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet
Cara Agar Selalu Cantik, Sehat Luar-dalam Inner Beauty, Mau? Klik disini ajaa! Oke.

Saya yakin sebagian besar dari anda sudah membaca Very Important Report saya berjudul “14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet“. (Jika belum, silakan download dari pop up yang muncul di homepage FormulaBisnis.com). Sebuah report menarik yang segera menyadarkan kita akan kesalahan-kesalahan fatal yang sering kali dilakukan saat menjalankan bisnis di internet.
Masih ingat apa saja 14 kesalahan fatal itu?
1. Terlalu banyak belajar.
2. Ketagihan menjajal berbagai ide.
3. Tidak menganggapnya sebagai sebuah bisnis.
4. Menunggu sampai tahu segalanya.
5. Tidak cukup percaya diri.
6. Tidak serius menjalaninya.
7. Mendalami tanpa berbuat apapun.
8. Tanpa tujuan, tanpa rencana.
9. Takut BERTANYA, tersesat selamanya.
10. Melakukan sendiri – TIDAK mencari mentor.
11. Fokus setengah-setengah.
12. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.
13. Suka berkhayal dan menunda-nunda.
14. Terlalu mudah menyerah.

3 Kesalahan dalam Berbisnis Internet
Cara Agar Selalu Cantik, Sehat Luar-dalam Inner Beauty, Mau? Klik disini ajaa! Oke.

Anda pastinya sudah baca 14 kesalahan fatal bisnis internet. Namun kesalahan-kesalahan tersebut umumnya terjadi ketika anda belum mulai menjalankan bisnis internet. Sementara, ada sejumlah kesalahan lain yang potensial anda lakukan saat bisnis internet anda baru mulai. Di proses awal tersebut, kesalahan-kesalahan berikut ini bisa membuat langkah bisnis online anda sedikit tersendat.
Apa sajakah itu? Simak tiga kesalahan newbie saat mulai bisnis internet.
Kesalahan pertama: menghabiskan seluruh dana iklan di satu tempat
Betul. Ini bisa terjadi pada para newbie. Mungkin karena terlampau bersemangat memulai bisnis internet, lalu seluruh dana iklan yang disiapkan hanya dihabiskan untuk beriklan di satu tempat. Harapannya dengan memasang iklan dengan ukuran besar misalnya, iklan itu bisa langsung meraup sukses besar. Syukur kalau iya. Namun kalau tidak, dana iklan anda langsung ludes.
Solusi: pecah dana iklan anda menjadi beberapa bagian. Tes dan ukur hasilnya. Bila berhasil, terus coba tingkatkan besar iklan. Namun bila belum, anda bisa coba pindah ke penyedia iklan lain. Dengan demikian anda bisa ukur dan membandingkan tingkat efektivitas antar penyedia layanan iklan. Bila ada layanan iklan baru, jangan segan mencobanya. Contoh seperti yang ditawarkan mr-mung.
Kesalahan kedua: Menyerah setelah mencoba hanya sekali
Banyak orang yang cepat menyerah hanya karena hasilnya belum kelihatan. Misalkan baru memposting artikel satu kali, lantas menginginkan blognya langsung menghasilkan uang. Atau baru mem-follow up sekali, lantas tak pernah melakukannya lagi. Semoga ini tak terjadi pada anda.
Solusi: coba lagi, lagi, lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah! Soal memposting rutin misalnya, anda bisa belajar dari Mas Fadly dan Mas Andy yang terus konsisten memposting.
Kesalahan ketiga: tidak mem-follow up prospek
Prospek adalah calon pengguna produk atau layanan anda. Tak memfollow up atau melakukan penawaran seperti halnya dengan melakukan sesuatu tapi setengah jalan. Mungkin saja mereka lupa atau sedang sibuk, sehingga anda perlu mengingatkan dengan follow up.
Solusi: lakukan follow up. Dan tak cuma sekali. Bila perlu sampai 10 kali. Bila belum berhasil, berikan penawaran produk atau jasa lain yang kira-kira dibutuhkan oleh si prospek. Karena itu memiliki beberapa produk seperti Mas Irwan dan Mas Dafid, menjadi keuntungan sendiri. Bila prospek belum berjodoh dengan satu produk, mungkin berjodoh dengan produk lainnya.


Mesin Uang Online Dimulai dari Pikiran Anda
By Joko Susilo | Comments (239) | Trackbacks (0)




Jauh sebelum menghasilkan uang dari internet, anda baiknya berpikir apa yang ingin anda capai dari bisnis anda. Seberapa besar bisnis online anda nanti?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita bahas kata “besar” di sini. Tentukan porsi “besar”-nya bisnis anda. Bermainlah dengan isi kepala anda. Besarnya bisnis ini yang akan menuntun anda melangkah. Merangkai jalur-jalur bisnis akan memudahkan anda mencapai tujuan bisnis.
Saat anda sudah punya misi besar untuk masa depan anda, anda tak akan ragu melangkah. Meskipun banyak tantangan yang harus anda taklukkan.
Biasanya yang terjadi begini, waktu pertama kali terjun di bisnis online anda mendapat banyak godaan. Benar, saya berani pastikan anda lebih memilih pekerjaan offline anda yang memberikan pemasukan pasti setiap bulan daripada menekuni bisnis internet.
Wajar, setiap orang yang terjun di bisnis internet tidak serta merta mendapat uang besar. Yang kita dapat hanya uang kecil pada awalnya. Selain itu, sering kali pebisnis pemula dihinggapi rasa bosan. Ketika pekerjaan anda menuntut anda untuk duduk seharian penuh di depan komputer, rasa penat pasti gampang muncul. Apalagi, setelah anda duduk ratusan jam dan belum menghasilkan uang yang lumayan.
Nah, di sini anda harus bisa mengendalikan pikiran anda. Tidak ada yang mudah di awal. Kesuksesan pasti selalu datang seiring dengan besarnya usaha yang kita lakukan. Bulan pertama lazimnya kita mendapatkan bayaran yang tidak setimpal dengan usaha, tapi tunggu saja di bulan-bulan berikutnya. Penghasilan anda akan terus meningkat tiap minggunya. Asal, prospek bisnis internet yang anda bangun cerah, masa depan anda juga ikut terang benderang. Contoh, seperti Mas Muklis yang sudah mampu membeli komputer baru dari hasil bisnis online.
Kuncinya: bukan bisnis apa yang bisa membuat anda kaya. Tapi, bagaimana membuat bisnis yang bisa membuat anda kaya raya.
Ingat, bisnis apapun bisa membuat anda kaya. Tak perlu berpikir terlalu jauh. Cari cara bagaimana target pasar anda menemukan produk anda! Itu saja sudah cukup. Selama harga yang anda tentukan bisa dijangkau oleh mereka, pastilah produk anda laris. Mempertemukan kutub “penawaran dan permintaan” ini lebih penting dan menghasilkan.
Selanjutnya, jadikan diri anda berbeda dari orang lain. Jika orang lain menganggap Rp 10 juta adalah jumlah yang besar, maka anda harus berpikiran bahwa Rp 10 juta itu kecil. Tanamkan dalam pikran anda, “dalam sekejap saya bisa menghasilkan uang Rp 10 juta.” Saat orang lain perlu waktu 1 bulan untuk menghasilkan Rp 10 juta, maka anda harus menetapkan Rp 10 juta bisa anda raih dalam waktu sehari.
Berbeda halnya jika anda menganggap Rp 10 juta sebagai jumlah yang maksimal bisa anda dapatkan, selamanya usaha anda akan terpatok di angka Rp 10 juta. Tentu anda tak mau mandeg di penghasilan nominal tertentu bukan? Tanamkan di benak anda bahwa penghasilan anda harus terus bertambah dan bertambah setiap bulan!
Satu hal lagi, saat bekerja tak perlu memantau tumpukan uang yang masuk ke rekening anda. Yang terpenting anda ikut mengalir dalam irama kerja yang sudah anda buat. Saat anda sudah menentukan besar penghasilan, uang akan masuk sendiri ke rekening anda sesuai yang anda harapkan. Ini konsep menghasilkan uang dari internet yang sering orang abaikan.
Pikiran anda akan menentukan langkah-langkah anda. Tapi, jangan lantas hanya berpikir saja. Tetap anda butuh ACTION! Kalau cuma berpikir dan berpikir, uang tak akan menghampiri anda.
Anda setuju? Bagaimana pendapat anda?
Musuh Terbesar dalam Diri Kita
By Joko Susilo | Comments (409) | Trackbacks (0)



Banyak orang mungkin menyangka kalau kondisi yang sedang dihadapi sekarang merupakan akibat dari perbuatan orang lain. Misalnya mungkin sampai saat ini hidup pas-pasan akibat kondisi ekonomi orangtua yang dulunya tak mapan. Atau contoh lainnya misalkan hasil ujian sekolah buruk karena kawan tak mau meminjami contekan.
Pendeknya kita kerap menyalahkan banyak hal di luar diri kita. Padahal, persoalan terbesarnya justru terdapat dalam diri kita sendiri. Apakah itu?
Musuh terbesar kita sebetulnya adalah pikiran negatif yang bersarang dalam pikiran kita. Saat kesulitan atau hambatan muncul, pikiran negatif itu mulai bekerja menghembuskan pikiran-pikiran buruk, mencari-cari pembenarannya, dan berujung pada sebuah penilaian atau bahkan penghakiman.
Umpamanya:
• “Oh wajar dia lekas naik pangkat karena dekat dengan si Bos.”
• “Oh pantas dia cepat berhasil, karena kata-katanya yang muluk-muluk dan bombastis.”
• “Oh lumrah saya tak sukses, orang itu menghalangi kesuksesan saya.”
Adakah kalimat yang familiar dengan anda? Semoga tidak…
Semua penilaian bermula dari pikiran kita. Di setiap kondisi yang tak diharapkan, pikiran negatif tersebut akan memuntahkan kalimat-kalimat pembenaran yang mungkin sementara membuat anda “senang” karena memuaskan ego anda, namun sama sekali tak membantu mengubah hidup anda menjadi lebih baik.
Pikiran itu ibarat sopir yang menyetir dan mengarahkan kemana langkah anda selanjutnya. Andaikan anda mencari sopir, pastinya anda tak akan mencari sopir yang ugal-ugalan dan suka melanggar lalu lintas. Anda pastinya lebih memilih sopir yang patuh peraturan dan bertatakrama dalam berkendara sehingga membuat anda sampai ke tujuan dengan selamat.
Boleh saja anda membantah dan kembali menolak. Tapi sejatinya jika kita ingin mengubah diri kita menjadi lebih baik: mengapa kita fokus pada hal yang tidak kita inginkan dan bukan pada hal yang kita inginkan?
Jika anda ingin memperbaiki sepeda anda yang rusak, mengapa anda kalang kabut dengan sepeda orang lain yang baik-baik saja. Apakah dengan begitu sepeda anda akan kembali baik dengan sendirinya? Saya jamin tidak!
Itulah pentingnya mentalitas positif. Dari mental positif perubahan dalam hidup kita bermula. Lebih detailnya silakan baca kembali Bagaimana Keyakinan Membawa Kesuksesan di blog Mas Arief Maulana.
Jika anda memikirkan hal positif dan fokus pada yang anda inginkan, lebih mudah bagi anda mencapainya. Sebaliknya, jika anda fokus pada hal-hal yang tak anda inginkan, bisa jadi hal negatif itu mendekati diri anda. Logikanya sederhana. Jika anda fokus pada sesuatu yang tak anda inginkan, bisa jadi anda abai terhadap apa yang anda inginkan.
Mungkin anda bertanya kenapa pikiran negatif berbahaya? Disadari atau tidak, pikiran negatif bisa melemahkan diri anda, menghancurkan kepercayaan diri anda, membuat anda suka menyalahkan diri sendiri dan mungkin orang lain, membuat hidup seolah begitu berat untuk dijalani, serta yang terburuk berdampak membuat anda kehilangan harapan.
Sebaliknya bila anda memenuhi pikiran anda dengan pikiran positif, saya percaya wajah anda akan lebih cerah, anda lebih bersemangat untuk ACTION, anda merasa lebih kuat dan memiliki hidup yang layak diperjuangkan, dan anda masih memiliki harapan bahwa esok atau lusa hidup anda akan semakin baik, semakin baik, dan semakin baik.
Intinya adalah dalam pikiran kita. Kekuatan pikiran disebut Mas Wellsen sebagai kunci utama kesuksesan anda.
Apakah anda masih mau mengisi pikiran kita dengan berbagai pikiran negatif yang menghancurkan diri sendiri? Atau memenuhi pikiran kita dengan hal-hal positif yang membuat kita menjalani hidup lebih optimis setiap hari dan bertindak menuju sukses?
Inilah 10 Penyebab Terbesar Kegagalan Bisnis Internet Anda

By Joko Susilo | Comments (117) | Trackbacks (0)



Tidak ada orang yang mau gagal. Begitu juga dengan anda bukan? Begitupun dalam bisnis. Saya yakin anda semua ingin bisnis anda berjalan mulus bahkan sukses. Tapi, di dunia ini sering yang kita inginkan tidak bisa terwujud. Karena ada saja penghalang-penghalangnya.
Begitupun di bisnis internet. Saya sudah merangkum 10 penyebab terbesar kegagalan bisnis internet. Agar anda tidak terperosok pada lubang yang sama, hindari apa yang saya tulis ini dalam bisnis internet anda.
1. Lupa kalau pemasaran itu kunci sukses berbisnis
Sebaik apapun produk anda, kalau anda tidak bisa memasarkannya menjadi percuma. Secanggih apapun produk anda, kalau anda tidak berpromosi sulit untuk bisa laku. Memasarkan itu meliputi banyak hal. Tapi intinya satu, beriklan! Lagi-lagi saya bilang, tak kenal maka tak sayang. Nah, bagaimana caranya kita bisa membuat orang sayang pada produk kita kalau mereka tidak kenal kita? Lakukan promosi secara fokus dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda. Untuk meningkatkan kreativitas berpromosi, silakan baca juga 10 rahasia menjual produk lebih cepat.
2. Meruntuhkan reputasi lewat spam
Kalau saya anjurkan berpromosi dalam keseluruhan aktivitas bisnis internet anda, bukan berarti segala cara menjadi halal. Salah satu hal yang paling merusak reputasi bisnis anda adalah spam. Jangan coba-coba melakukan spamming. Sama saja anda mengirimi surat kaleng pada pengunjung anda. Anda mesti tahu, tidak semua orang suka dikirimi brosur dan newsletter. Bahkan banyak yang merasa terganggu. Kalau memang pengunjung tidak meminta anda mengirimi news letter atau brosur, jangan sekalipun memaksa mengirim. Mereka akan memblack list anda selamanya. Percayalah…
3. Membuang waktu dengan melakukan hal yang tidak produktif
Waktu adalah aset, waktu adalah investasi. Dibandingkan dengan hal apapun di dunia ini, waktulah yang paling mahal. Karena ia tidak bisa diputar ulang ataupun diberhentikan. Sebagai pebisnis internet, anda harus tahu kapan anda melakukan pekerjaan A, B, dan C. Jangan anda membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mengarah pada kesuksesan anda. Karena anda sendiri yang rugi nantinya. Buat prioritas mana yang mendesak, mana yang penting dan tidak penting. Misal, pertimbangkan aktivitas apa saja yang harus anda dahulukan? Memasang iklan atau join forum? Menjawab komentar atau mencari relasi online? Begitupun dalam menyaring arus informasi di internet.
Susunlah rencana kegiatan anda setiap hari. Jangan sedikitpun membuang waktu dengan aktivitas yang tidak bertujuan pada kemajuan bisnis. Tapi, juga jangan terlalu terobsesi pada kesuksesan. Penuhi saja jadwal anda dengan baik dan kesuksesan akan menghampiri anda.
4. Tidak mengatur komunikasi via email secara efektif
Email bisa membuat bisnis anda maju. Tapi juga sebaliknya, menghancurkan bisnis anda. Untuk mengambil manfaat dari email, kita harus tahu cara menggunakannya. Bagaimana caranya? Gunakan bahasa yang baik, halus, sopan, serta tepat sasaran.
Komunikasi itu sangat penting agar pelanggan tidak lupa dengan anda. Manfaatkanlah email anda sebaik mungkin.
5. Tidak membuat wadah komunikasi dengan konsumen
Berkomunikasi secara intensif dengan semua pelanggan anda penting untuk kemajuan bisnis internet anda. Bentuknya bisa berupa forum, milis, atau lainnya. Dengannya anda bisa terus berhubungan dengan para konsumen setia maupun calon konsumen. Kunci penting keberhasilan sarana tersebut terletak ketika anda bisa merayu pengunjung anda untuk masuk ke opt in list. Begitu mereka bergabung menjadi anggota dalam wadah komunikasi tersebut, anda bisa mengirimi mereka newsletter ataupun brosur produk terbaru.
6. Tidak meminta masukan dari pelanggan
Seringkali kita merasa tidak perlu mendengarkan pelanggan. Yang terpenting mereka mau membeli produk kita. Pemikiran ini keliru. Sebaik apapun produk yang anda punya, anda tetap membutuhkan pembeli. Dan, tidak ada salahnya mendengarkan apa kata pembeli. Justru apa yang mereka sarankan bisa membuat bisnis kita lebih baik lagi. Maka jangan sungkan untuk meminta masukan dari pelanggan anda.
7. Enggan mengeluarkan modal untuk berbisnis internet
Meski di internet tersedia banyak barang atau fasilitas gratis, berbisnis internet tetap membutuhkan modal. Sekurang-kurangnya modal yang dibutuhkan adalah komitmen untuk menjalankannya secara konsisten. Modal lainnya yang lebih nyata seperti akses internet, hosting, dan domain.
8. Terlalu banyak gambar, java, music, dll
Lagi-lagi saya katakan, jangan menggunakan grafis yang terlalu heboh untuk situs web anda. Sebisa mungkin buatlah situs web yang sederhana dan elegan. Niat anda berjualan. Bukan untuk pamer kecanggihan. Kecuali jika yang anda jual memang lagu atau desain grafis. Jika tidak, sebaiknya hindari memasangnya dalam situs web anda. Sebab, bisa membuat akses ke situs web anda lambat.
9. Ingin kaya dalam semalam dengan internet
Mendapat uang dari internet itu mudah. Tapi, tidak bisa anda meraihnya dalam semalam. Anda perlu kerja keras, disiplin, dan fokus. Banyak orang di internet menggemborkan mental cepat kaya. Tapi, jangan terjebak. Kita bisa cepat kaya kalau kita cepat bekerja, cepat bertindak, dan cepat berpikir. Tidak lamban dan malas-malasan. Tidak ada sukses yang bisa diraih dalam semalam. Meski kita sekarang hidup di jaman yang serba instan, tetap tidak ada kaya dengan cara instan.
10. Tidak tahu dimana letak kekuatan internet
Internet diciptakan untuk tujuan komunikasi. Dan kekuatan internet untuk berkomunikasi ini bisa menjangkau jutaan bahkan miliaran orang di dunia. Tidak hanya melingkupi satu negara tapi seluruh dunia. Untuk kemajuan bisnis anda, gunakan internet untuk mengumpulkan informasi tentang calon prospek anda, riset kompetisi, dan menjaring sebanyak mungkin relasi. Internet seperti tambang emas. Asal anda tahu dimana anda harus menggali, anda akan kaya!
Berkomunikasilah dengan baik kepada semua orang! Jangan lupa, bisnis internet itu ya bisnis yang melibatkan orang. Dan internet adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Jangan malu-malu dan bersembunyi di balik situs web anda. Munculkan diri anda dan katakan pada dunia bahwa anda memiliki sesuatu yang harus mereka lihat!
Sepuluh kesalahan di atas biasa terjadi dengan pendahulu anda. Saya dulu juga pernah melakukan kesalahan di atas. Dan, saya harap anda tidak melakukan apa yang dulu saya lakukan. Karena anda harus bergerak cepat! Persaingan di bisnis internet semakin ketat. Jangan buang waktu dengan melakukan kesalahan klasik seperti 10 poin di atas. Saya berani jamin, dengan menghindari 10 kesalahan di atas, anda bisa 10 kali lebih cepat sukses dari saya.
Sukses atau Gagal ada di Tangan anda
By Joko Susilo | Comments (30) | Trackbacks (4)




Saat mulai kenal bisnis internet, bagaimana perasaan anda? Mungkin ragu-ragu, pesimis, atau bahkan tidak percaya bisa kaya dari internet.
Ya… kadang memang begitulah kenyatannnya. Sering kita sendiri yang membuat “tembok penghalang” kesuksesan bagi diri kita. Kita terlalu pesimis memandang hidup. Seolah nasib yang tengah dialami tidak bisa diubah.
Begitupun mungkin dalam affiliate program. Para pemula yang berminat dengan affiliate program mungkin mengira bisnis ini sangat sulit dijalankan. Pertama kali kenal kita pasti tidak mudeng semua istilah yang ada di model bisnis ini. Pemahaman kita nol! Apalagi kalau kita malas belajar. Maka perasaan kita yang awalnya pesimis terhadap affiliate program akan makin terbukti.
Padahal, pasti jalan keluarnya adalah banyak belajar. Caranya bisa membaca, sering browsing, atau berdiskusi tentang affiliate program. Mau tidak mau kita harus berani bersusah payah demi menaklukkan ketidak-tahuan kita. Tidak ada ilmu yang datang sendiri tanpa dicari. Betul?
Kita sering lupa dengan lirik lagunya Bang Rhoma Irama, “berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” Nah, itulah kenapa saya sering mengatakan kalau niat dan semangat adalah modal pertama dan utama. Tanpa niat dan semangat, kita tidak akan rela berakit-rakit dan berenang-renang?
Ok… selain sifat manusia yang kadang malas belajar, malas kerja keras, dan suka yang intan-instan, ada penyebab lain kenapa kita gagal di affiliate program. Apa saja itu? Anda penasaran?
1. Cepat menyerah. Banyak sumber mengatakan berdasar fakta yang ada selama ini, dari sepuluh orang yang berbisnis internet, sembilan diantaranya mengalami kegagalan. Apa penyebabnya? Alasan utamanya karena kita terlalu cepat menyerah. Kita tidak bisa menjaga semangat secara teratur. Kita jadi terlalu bersemangat di awal dan cepat lelah setelahnya.
2. Cepat bosan. Kita cepat bosan mengerjakan hal-hal yang detil. Misalnya, kita bosan melakukan riset. Atau, bosan menjaga trafic situs web affiliate yang kita punya.
3. Ingin sukses tanpa berusaha. Nah, ini salah satu kelemahan kita yang paling menyusahkan. Belum apa-apa menjalankan affiliate program kita sudah tidak tahan ingin mendapat banyak komisi.
4. Mogok di tengah jalan. Kita gampang berhenti sebelum target kita tercapai. Misal, saat belajar pembuatan situs web, entah belajar HTML, upload file dan gambar, atau membuat sales letter, belum selesai belajarnya sudah berhenti.
5. Miliki pengetahuan dasar. Kita bisa saja meminta bantuan orang lain untuk menjalankan situs web (melakukan outsource). Tapi, anda pun baiknya tahu bagaimana cara kerja situs web dan bagaimana mengontrolnya.
6. Terlalu asyik belajar. Poin terakhir ini kebalikan dari poin di atas. Kita terlalu lama terjebak menguasai pembuatan situs web. 90% dari waktu kita habis untuk belajar membuat situs web. Padahal, ada hal yang paling penting dilakukan. Yaitu, menjalankan target traffic yang sudah kita tentukan dan mengarahkan traffic yang ada menjadi customers setia.
Dari semua hambatan di atas, kira-kira apa ya solusinya?
Ya… sebaiknya kita pintar-pintar membagi waktu dan semangat. Ingat time is more than money. Waktu adalah salah satu penentu kesuksesan kita. Setiap detik adalah peluang mengantarkan kita lebih dekat dengan kesuksesan.
Belajar dari nol itu memang sulit. Tapi, bukan berarti tidak bisa kan? Dan, saat asyik-asyiknya belajar kita jangan terlena dan lupa dengan fokus. Fokus yang mana? Ya… menjual produk merchant. Ingat, meningkatkan pembelian produk adalah tujuan akhir dari affiliate marketer. Semakin banyak produk merchant kita jual, semakin banyak komisi yang kita dapat.
Dan semua itu anda yang menentukannya sendiri. Kesuksesan atau kegagalan ada di tangan anda. Jadi silakan pilih…. Semua pilihan ada konsekuensinya. Dan jalani pilihan anda dengan sepenuh hati.


Bagaimana Agar Sukses Berbisnis Online (Bagian 1)
By Joko Susilo | Comments (53) | Trackbacks (9)



Hadirnya dunia bisnis online saat ini membuat hidup begitu menyenangkan. Setiap orang bisa bekerja dengan nyaman dari rumahnya, mengatur sendiri jam kerjanya, memilih bisnis yang disuka, dan menikmati penghasilan tanpa batas. Lebih dari itu, setiap orang bisa leluasa merencanakan hidupnya saat ini serta di masa depan nanti. Tanpa harus membuat keluarga terlantar, kekurangan kasih sayang akibat kesibukan mencari nafkah.
Sungguh bagi saya ini anugerah yang tak terkira. Adanya internet telah mengubah nasib banyak orang. Internet telah menjadi penyelamat bagi jutaan manusia untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.
Tapi jauh sebelum itu, ketika bisnis online belum populer, tidak sedikit tantangan yang mesti dihadapi. Saya jadi ingat saat awal merintis bisnis online ini. Betapa tidak sedikit orang mencibir dan menganggap saya setengah (atau bahkan benar-benar) gila. Karena saya mencoba menyandarkan hidup dari dunia maya, dunia yang mungkin bagi sebagian orang sama halnya dengan dunia khayalan: dunia tempat Aladin tinggal bersama jin lampu yang mampu memenuhi segala permintaannya.
Namun, saya enggan memperturutkan omongan mereka. Semua cibiran, makian, sampai ungkapan sinis bernada meremehkan, saya telan tanpa dikunyah. Saya yakin bisnis online adalah bisnis nyata. Sama nyatanya dengan bisnis offline. Dan bahkan bisa mendatangkan sukses yang jauh lebih dahsyat dari bisnis offline. Keyakinan inilah yang saya pegang teguh sampai akhirnya menuntun saya mereguk kenikmatan seperti saat ini.
Ah rasanya tak bakal ada ada habisnya jika bernostalgia mengenang masa lalu… Karena itu saya cukupkan sampai di sini dulu sharing mengenai pengalaman masa silam. Dan mari kita mulai masuk ke pembahasan kali ini.
Memiliki bisnis online tak ubahnya latihan mengembangkan diri menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Bagaimana kita mampu melewati tahap-tahap dari hidup kita menjadi lebih berarti dari sebelumnya.
Banyak hal yang sudah saya peroleh dari bisnis online. Bukan semata uang yang melimpah, bisnis online telah melatih saya menjadi pribadi tahan banting dan pantang menyerah. Bisnis online meningkatkan disiplin diri, membuat selalu haus belajar, senantiasa meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih fokus, dan banyak hal lainnya.
Sangat saya sadari, bisnis online-lah yang telah menempa diri saya sehingga selalu berfalsafah : hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin.
Sebab, peningkatan diri ini secara langsung berpengaruh terhadap bisnis online yang dijalankan. Coba saja kita tak berdisiplin, gampang menyerah menghadapi situasi sulit, pastilah bisnis online kita bakal rapuh dan mudah ambruk.
Dunia bisnis memang terkadang kita anggap kejam, tak mengenal kata ampun. Dunia bisnis selalu berjalan di relnya, tak pernah memberikan toleransi bagi yang tak tahu diri. Dunia bisnis hanya kenal dua hal. Yang berhasil pantas disanjung, yang gagal pantas dihukum.
Dan semuanya itu diserahkan pada kita. Kita diberikan kebebasan penuh untuk memilih dan mengusahakannya. Bila kita memilih memelihara kemalasan, mempertahankan ketakutan mengembangkan bisnis, dan tak memiliki ide-ide cemerlang, pastilah bisnis online kita tinggal menunggu waktu untuk terjengkang ke jurang kegagalan.
Sebaliknya, kalau kita mau bergiat mengembangkan bisnis kita, berani menerobos kesulitan yang dihadapi, dan mau kreatif menciptakan ide-ide baru, saya jamin bisnis online kita akan langgeng dan terus berkembang.
Satu hal lagi yang mau saya garis bawahi. Ada perbedaan mencolok antara angan-angan dan aksi. Saya yakin anda bisa membedakannya. Banyak orang yang memiliki angan-angan yang hebat, tapi karena tak pernah melangkah sedikitpun, angan-angan itu tak akan pernah menjadi kenyataan.
Banyak orang pula sudah memiliki bisnis online, tapi gagal mengembangkan bisnis onlinenya. Penyebabnya, mereka takut mengambil risiko. Peluang-peluang bisnis online yang banyak bertebaran tak berani mereka sabet. Mereka selalu memandang risiko dengan kacamata negatif. Bayangan kegagalan selalu menghantui mereka melebihi bayangan kesuksesan yang mungkin diraih. Sampai akhirnya peluang-peluang itu terlebih dahulu disabet orang lain dan mereka hanya mampu menyesalinya.
Risiko tak perlu kita takuti. Justru risiko yang akan menolong kita untuk bisa berkembang. Risiko yang akan membuat kita menjadi kuat dan tahan banting. Pebisnis sejati menjadikan risiko bukan sebagai lawan, tapi kawan yang mengantarkan menuju kesuksesan.
Kesulitan yang berulang kali dihadapi juga kawan yang akan membuat diri kita bertambah kuat. Berkat kesulitan yang datang, kita dilatih untuk terus mengembangkan diri dan mencari pemecahannya. Sehingga tak ada waktu untuk berdiam diri. Kita siap sedia meluangkan waktu kita untuk bekerja keras, tetap fokus meski di tengah tekanan, dan bahkan menikmati proses yang sedang dijalani.
Kita mungkin saja bisa berdalih kalau setiap orang itu berbeda. Sehingga ketika menghadapi sesuatu pun memiliki ketahanan yang berbeda pula. Itu benar, tapi bukan itu yang kita butuhkan. Kita tak butuh tertekan untuk bisa sukses. Kita hanya perlu menantang diri kita untuk bisa sukses.
Simpan wajah mengkerut anda dan tetap optimislah menjalani bisnis online. Tatap masa depan anda dengan senyum cerah. Yakinlah, pasti ada banyak kemudahan dibalik segelintir kesulitan.
Dan sebab itu pula selalu saya tekankan STOP DREAMING, START ACTION. Segera bertindak mulai sekarang. Rebut peluang dan terjang risiko!
Siapkah anda menerima tantangan untuk sukses berbisnis online?
Bagaimana Agar Sukses Berbisnis Online (Bagian 2)
By Joko Susilo | Comments (74) | Trackbacks (0)



Di posting sebelumnya, sudah saya jelaskan bagaimana bisnis online mampu melatih seseorang menjadi pebisnis tangguh. Dan manfaat ini sungguh nyata. Saya dan banyak orang telah merasakannya.
Karena itu, di abad internet seperti sekarang, saya pikir sangat baik bila setiap orang memiliki bisnis online. Meski tujuannya mungkin sekedar untuk mencari pengalaman, saya rasa tak ada ruginya.
Karena biayanya tak mahal dan manfaat yang didapat bisa berlipat-lipat. Selain bisa menghasilkan uang melimpah di sepanjang hidup anda, bisnis online mengajarkan untuk berbagi apa yang anda tahu dengan orang lain. Bukankah anda juga ingin menanam kebaikan di sisa hidup anda?
Kadang saya kagum bercampur bangga melihat anak-anak muda yang sudah sukses berbisnis online. Di usianya yang masih teramat belia, mereka sudah memiliki bisnis online sendiri dan mampu menghasilkan jutaan rupiah. Saya acungkan dua jempol bagi mereka!
Tapi saya lebih kagum lagi kepada mereka yang memulai bisnis online. Sebab di situlah sebenarnya kesuksesan sejati diperoleh. Saat mereka mampu menundukkan ketakutan-ketakutan dan mulai melangkah menuju keberhasilan yang diidamkan. Untuk mereka ini, saya acungkan empat jempol!
Sebetulnya sangat mudah menjalankan bisnis online. Coba lihat www.formulabisnis.com sebagai contoh. Struktur situs webnya sangat sederhana. Tak rumit. Hanya berisi penawaran suatu produk. Tapi meski begitu sudah menghasilkan milyaran uang!
Pasti andapun bisa membuatnya!
Dan bila anda sudah memiliki situs webnya, langkah kedua anda tinggal mendatangkan traffic. Saya jamin, bila traffic situs web anda melimpah, aliran uang akan mengikuti kemanapun anda melangkah.
Ya, traffic adalah kunci sukses berbisnis internet.
Banyak orang bisa membuat situs web atau blog yang hebat, tapi bila tak dapat mendatangkan traffic, hasilnya tak akan memuaskan. Seperti juga banyak orang bisa membuat produk yang berbobot, tapi bila mereka tak mampu menjualnya, pasti produknya tak laku.
Yang penting adalah bagaimana anda bisa mendatangkan traffic. Bagaimana anda mampu membujuk orang untuk mengunjungi situs web atau blog anda.
Apa Tujuan Anda Berbisnis Online?
By Joko Susilo | Comments (251) | Trackbacks (4)



Sering saya katakan betapa penting menetapkan tujuan anda berbisnis online. Sebab itulah yang akan memandu langkah-langkah bisnis online anda. Tujuan itu yang akan menyemangati anda saat sedang lesu darah. Tujuan itu yang akan membantu motivasi anda untuk terus ACTION. Dan yang pasti, dengan memiliki tujuan yang jelas, anda akan lebih mudah menetapkan langkah apa saja yang perlu ditempuh.
Kalau anda ditanya apa tujuan anda berbisnis online, saya yakin mayoritas dari anda pasti akan menjawab untuk mendapatkan uang dari internet. Betul?
Kalau betul tidak masalah. Sebab memang itulah salah satu buah dari bisnis online. Tapi selain mendapat uang, sebetulnya ada tujuan lain yang perlu anda tahu. Kira-kira apa sajakah?
Baiklah. Inilah tujuan-tujuan berbisnis online yang sudah saya sarikan.
1. Mendapatkan penghasilan. Seperti disinggung di atas, inilah biasanya yang jadi tujuan sebagian besar yang terjun ke bisnis online. Saat awal memulainya mungkin anda hanya berniat menjadikan bisnis online sebagai sampingan. Tapi ketika mulai menikmati hasilnya yang melimpah, anda akan beralih menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dan mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan offline anda. Betapa nikmatnya sambil menggendong anak atau cucu, anda tetap bisa menghasilkan uang terus-menerus dari internet.
2. Mendapatkan pengunjung. Poin kedua ini sangat berkaitan dengan poin pertama tadi. Lazimnya, besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan uang yang anda dapatkan. Maka tak heran kalau kebanyakan pemilik situs web, selalu berupaya menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya. Sebab dengan begitu makin besar peluang me-monetize-kan situs web anda.
3. Membangun komunitas. Adanya perkumpulan atau komunitas produk anda sangat penting. Karena dengan begitu, mereka ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis online anda. Semakin besar komunitas online anda, otomatis semakin maju bisnis anda.
4. Berkomunikasi. Tujuan ini lumrah sekali. Karena memang internet adalah media komunikasi. Sebab itu penting memastikan agar keseluruhan aspek situs web anda, baik tampilan maupun isi, mampu berkomunikasi secara baik kepada pengunjung. Bila salah satu sisinya ada yang bekerja tak optimal, pasti akan mempengaruhi keberhasilan anda.
5. Mendapatkan iklan. Pada intinya sebetulnya sama dengan poin pertama tadi. Tapi sengaja saya bedakan, karena pendekatan yang dibutuhkan lain. Maksud saya kalau mendapatkan penghasilan pada poin pertama adalah mendapatkan uang dari pengunjung. Sedang kalau yang ini mendapat uang dari para pengiklan. Berarti yang anda hadapi adalah para pengiklan. Dan pendekatan yang anda perlukan berbeda dengan mendapatkan uang dari pengunjung.
Nah, itulah lima tujuan bisnis internet yang biasa diinginkan pebisnis online. Poin penting yang perlu anda camkan adalah dengan mengetahui apa tujuan anda, lebih mudah bagi anda untuk menetapkan langkah apa saja yang mesti anda perbuat. Kalau misal anda memiliki tujuan membangun komunitas, maka ACTION yang anda perbuat harus mengarah ke sana.
Pada prinsipnya keseluruhan tujuan itu saling berkait. Tapi saya percaya kalau setiap pebisnis pasti memiliki prioritas yang bisa jadi berbeda. Untuk itu penting untuk menetapkan apa tujuan yang terpenting bagi diri anda. Dengan memiliki prioritas, anda akan tahu apa yang paling penting untuk anda capai terlebih dulu. Kemudian jangan lupa untuk selalu ACTION berdasar prioritas tujuan anda tadi.
Di luar yang saya sebutkan di atas, anda mungkin memiliki tujuan yang sangat khusus, bersifat pribadi dan barangkali hanya anda sendiri yang tahu. Misal sebagai biaya untuk sekolah anak. Atau bagi yang masih lajang, mungkin untuk biaya pernikahan.
Itu bagus. Sebaiknya spesifikkan tujuan anda berbisnis online. Karena dengan hal yang begitu dekat dengan diri anda, akan lebih membuat anda terpacu, bersemangat, dan pantang menyerah sebelum mencapainya.


5 Hal yang Melejitkan Orang-Orang (Biasa) Menjadi Sukses
By Joko Susilo | Comments (398) | Trackbacks (1)




Kenapa keberhasilan tampak begitu mudah menghampiri orang lain dan tidak pada diri anda? Kenapa orang lain tampak begitu gampang mendapat apapun yang diinginkannya, sedang anda sekalipun merasa sudah berusaha SANGAT keras, bahkan mungkin jungkir balik ke sana kemari namun yang didapat hanya secuil.
Apa benar itu karena takdir? Apa mungkin mereka lebih beruntung dari anda?
Tentang orang-orang yang berhasil, dari pengamatan saya, mereka memiliki beberapa kesamaan:
1. Mencintai yang dilakukan. Orang-orang sukses biasanya berhasil di bidang yang dicintainya. Karena senang dengan yang dilakukannya, mereka akan menjalaninya dengan riang gembira. Tanpa ada paksaan. Itulah kenapa misalnya seorang seperti Ahmadun Yosi Herfanda dan Jonru bisa menjadi penyair dan penulis hebat. Karena mereka mencintai yang dilakukannya.
Lakukan apa yang anda cintai. Makin anda lakukan, makin bersemangat dan nikmat menjalaninya.
2. Berorientasi pada tujuan. Orang-orang sukses selalu berorientasi pada tujuan. Tahu mengapa harus melakukan sesuatu. Dan memfokuskan usahanya untuk mencapai tujuan itu.
Ketahui dimana anda sekarang dan kemana akan melangkah, dan tahu bagaimana cara mencapainya. Selanjutnya just ACTION!
3. Berkumpul di lingkungan orang sukses. Nasihat lama mengatakan kalau ingin harum berkumpullah dengan penjual minyak wangi. Berkumpul di lingkungan yang sesuai, bisa mendorong anda mencapai apa yang anda inginkan.
4. Percaya diri. Orang-orang sukses memiliki kepercayaan diri. Tanpa ragu mereka akan mengatakan kepada orang di sekelilngnya mengenai tujuan-tujuannya. Mereka mengatakan apa saja yang akan mereka lakukan dan hasilkan.
Jangan ragu, percayalah pada diri anda. Anda bisa!
5. Bekerja keras dan cerdas. Sekalipun berbisnis internet yang tiap harinya hanya menghadap komputer, namun jangan dikira kita tak perlu kerja keras dan cerdas. Tanpa bermaksud apa-apa, sekalipun saya bisa saja tak bekerja apapun sepanjang waktu, namun tiap harinya saya tetap mengalokasikan waktu bekerja. Sekalipun ada beberapa karyawan yang membantu, saya tetap ACTION. Saya tak keberatan bangun tengah malam sekalipun untuk mengecek email, blog, dan situs web.
Ya karena saya menyukainya. Saya mencintai apa yang saya lakukan. Saya cinta internet marketing.
Keberhasilan, kesuksesan atau apapun namanya adalah sebuah proses. Proses yang tak datang hanya dengan sekali ucap “simsalabim” maka berubahlah segalanya. Sukses adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan. Seperti besi yang ditempa dalam api, sampai akhirnya menjadi pisau atau benda lain yang lebih berguna.
Kesetiaan menjalani proses itulah kuncinya. Meski klise, namun sampai sekarang terus terbukti sangat telak terhadap hasil akhir yang ingin kita capai.
Dalam hidup segala sesuatunya memang tak selalu berjalan sempurna. Namun bukan berarti kita harus terdiam dan menyerah berpangku tangan pada nasib.
Bangkit dan mari ACTION!
5 Prinsip Viral Marketing untuk Pengembangan Bisnis Internet Anda
By Joko Susilo | Comments (95) | Trackbacks (0)



Anda tahu istilah viral marketing? Benar! Viral marketing merupakan strategi yang digunakan untuk mendorong seseorang agar menyampaikan pesan pemasaran anda pada orang lain. Manfaatnya pesan anda itu terus menyebar dan meluas dengan cepat. Karena caranya yang seperti metode penyebaran virus itulah maka namanya disebut viral marketing. Bila strategi ini berjalan sukses, bisnis anda bisa melejit dengan sangat cepat.
Istilah kunonya, strategi ini kurang lebih sama seperti ungkapan jawa gethok tular alias dari mulut ke mulut. Tak bisa disangkal keajaiban promosi dari mulut ke mulut memiliki efek yang luar biasa. Karena orang lebih percaya apa kata teman dibanding kata iklan.
Sangat baik bila strategi ini juga anda terapkan dalam bisnis internet anda. Supaya dalam penerapannya bisa berjalan dengan lancar, kita perlu tahu apa saja prinsip yang mendasari viral marketing. Ini dia lima prinsip dasar viral marketing yang perlu anda ketahui.
1. Berikan produk dan layanan. Ini prinsip yang pertama. Untuk menarik minat penyebar pesan, anda bisa memberikan produk dan layanan gratis. Seperti layanan email gratis, produk informasi gratis, software gratis, promosi gratis, dan lainnya. Mengapa memberikan secara gratis? Karena pada dasarnya semua orang suka hal yang gratis, walaupun yang anda berikan sebenarnya tidak besar nilanya. So, prinsip pertama dalam viral marketing, berikan sesuatu terlebih dahulu, baru anda bisa menjual sesuatu!
2. Proses transfer informasi yang mudah. Virus sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Nah, anda harus menemukan media apa yang memudahkan virus ini berkembang biak? Transfer informasi bisa berjalan mudah jika media yang anda gunakan juga mudah digerakkan. Misal, lewat email, situs web, software, dan lainnya. So, sebarkan informasi produk anda lewat media-media tadi. Agar orang lain juga tinggal copy atau forward saat ingin menularkan informasi yang mereka terima. Semakin mudah cara penyebaran bisa dilakukan, maka semakin cepat pesan pemasaran anda menyebar.
3. Gali dan bangkitkan motivasi semua orang. Viral marketing yang sukses biasanya mengambil keuntungan dari motivasi yang dimiliki manusia. Apa saja motivasi yang dimiliki manusia? Menjadi terkenal dan mendapatkan uang merupakan dua di antara sekian banyak motivasi manusia. So, buatlah desain strategi pemasaran yang bisa membangkitkan motivasi orang banyak. Misal, buat system kompetisi untuk para viral marketer anda. Mereka yang paling banyak melakukan penyebaran informasi secara cepat menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah!
4. Gunakan jaringan hubungan yang ada. Manusia adalah makhluk sosial. Ada yang mengatakan setiap orang sedikitnya terhubung dengan 10 orang. Bisa hubungan pertemanan atau keluarga. Bahkan ada yang punya jaringan sampai ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Banyak tidaknya jaringan yang dimiliki itu tergantung pengaruh dan reputasi orang tersebut. Nah, dalam viral marketing, anda bisa manfaatkan jaringan orang-orang tersebut untuk menyebarluaskan pesan marketing anda.
5. Manfaatkan sumber daya orang lain. Tak harus segalanya anda sediakan sendiri. Anda bisa manfaatkan sumber daya milik orang lain untuk membesarkan bisnis anda. Contoh, dalam affiliate program, orang akan dengan suka rela meletakkan teks atau grafis link tentang situs web anda. Anda bisa juga menulis artikel yang boleh dipasang di situs web atau blog orang lain dengan tetap menyantumkan URL anda. Prinsipnya, semakin banyak orang yang menaruh link anda di situs web mereka, semakin banyak jaringan yang anda buka. Berarti pula semakin besar kemungkinan link anda diklik pengunjung. Dan semakin besar peluang produk anda laku di pasaran.
Selama prinsip-prinsip di atas bisa anda penuhi, anda bisa melejitkan popularitas. Dan, bukan cuma itu, semakin besar peluang anda mendongkrak penjualan anda. Segera praktekkan strategi ini untuk bisnis anda.
9 Cara Supaya Anda Cepat Terkenal dan Bisa Menaklukkan Pengunjung
By Joko Susilo | Comments (141) | Trackbacks (3)




Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Apapun yang anda inginkan pasti bisa anda wujudkan. Syaratnya mudah, fokus dan bersungguh-sungguh. Jangan biarkan keinginan anda berakhir hanya sebagai mimpi belaka. Tapi, buktikan!
Saya suka menularkan semangat. Karena hidup memang harus bersemangat. Kalau sekarang anda merasa loyo dan pesimis dengan hidup anda, anda harus cepat bergerak. Cari sumber inspirasi baru yang bisa memompa baterai motivasi anda. Ledakkan semangat baru!
Begitu pula jika saat ini anda sedang tidak bergairah dengan bisnis internet yang anda tekuni. Jika anda merasa capai masih segitu-segitu saja, tidak ada salahnya anda mencoba terobosan baru. Misal, bagaimana kalau anda menularkan semangat yang anda punya untuk para calon pelanggan anda? Jadi bukan cuma melulu produk dan iklan yang anda tawarkan. Tapi, anda memberi value yang lebih pada produk anda. Bisa jadi anda selipkan semangat, motivasi dan kasih sayang pada produk anda.
Saya tahu, sebagai pebisnis anda pasti melancarkan model pemasaran paling hebat sepanjang zaman. Ya, words of mouth alias gethok tular. Untuk menularkan produk ke semua orang prinsipnya sederhana. Berikan kebaikan pada satu orang. Dan biarkan orang tersebut yang mengabarkan kebaikan anda pada seluruh dunia.
Nah, bagaimana caranya mempercepat penyebaran virus ini? Cuma sembilan langkah yang perlu anda jalankan. Dan intinya, virus yang anda sebar ini harus gratis. Di dalam gratisan itulah nantinya anda bisa memasukkan iklan produk anda. Tapi, jangan sembarang produk gratis yang anda berikan pada pengunjung. Ingat, beri value yang lebih. Baiklah … langsung saja kita melangkah ke sembilan strategi untuk menaklukkan pengunjung.
1. Jangan pelit berbagi artikel gratis. Dengan syarat tetap mencantumkan nama situs web atau blog anda, biarkan pengunjung anda mengkopi artikel anda dan mencantumkannya di situs web atau blog mereka. Atau bahkan di ezine dan newsletter. Dan, untuk memudahkan pengunjung mengkopi, anda bisa membuat resource box dan opsi reprints di akhir artikel.
2. Produk anda sebagai bonus mereka. Izinkan pengunjung memakai produk gratisan anda sebagai bonus penyerta produk utama mereka. Tapi, jangan lupa… dalam bonus ini anda harus mencantumkan iklan produk anda.
3. Buat forum atau blog anda sebagai tempat ngobrol yang nyaman. Karena semua orang butuh berkomunikasi, buat forum atau blog anda sebagai tempat yang nyaman untuk ngobrol. Dan yang penting, akomodasi pula keinginan mereka misal untuk berpromosi. Anda pun juga tak akan rugi karena bisa memasang iklan banner produk anda di sana.
4. Link ke situs web direktori. Kalau anda punya direktori, persilakan pengunjung menambahkan link mereka pada directory situs web anda. Dengan begitu, mereka dan anda sama-sama untung. Link mereka terbantu promosinya. Direktori anda pun juga begitu.
5. Layanan online gratis. Jika pengunjung ingin produk atau layanan gratisan anda ada di situs web mereka, izinkan mereka memasangnya. Karena sekali lagi promosi anda akan terbantu. Nah, produk yang bisa anda berikan misalnya, email gratis, konsultasi gratis, search engine submissions, dll.
6. Sebarkan software gratis. Jika anda punya software gratis, biarkan pengunjung anda ikut menyebarkan. Masukkan saja iklan bisnis anda di dalam program software tersebut.
7. Berbagi template, font, dan desain pun bisa. Sekali lagi anda tidak akan rugi. Karena anda bisa menyisipkan iklan dan setiap orang bisa mengklik iklan itu langsung menuju situs web anda sendiri.
8. Aliansi promosi. Misal, kalau ada pengunjung yang minta beriklan gratis di ebook anda, ini justru kabar baik. Karena dengan demikian mereka akan semakin bersemangat menyebar ebook anda ini ke semua pelanggan ezine, juga ke semua pengunjung situs web mereka.
9. Free ebook. Bersyukurlah jika ada yang meminta ebook anda dan ingin menyebarkannya ke semua pengunjung mereka. Karena, estafet promosi tengah terjadi. Pengunjung mereka nantinya juga akan terus menyebarkan ebook gratis anda ke pengunjung mereka. Dan begitulah seterusnya.
Sangat mudah menyebarkan produk gratisan di internet. selama yang anda sebarkan produk yang benar-benar bermutu, saya yakin tidak ada yang menolaknya. Sekarang anda sudah punya strategi bagaimana menyebarkan produk anda. Dengan semakin produk anda dikenal banyak orang, semakin populerlah anda. Soal uang, berikutnya akan mengikuti anda.
Karena saya yakin, you’ll get what you have given!
Inilah 10 Kiat Membuat Blog Anda Jadi Makin Terkenal dan Meraup Sukses Besar
By Joko Susilo | Comments (472) | Trackbacks (13)



Anda punya blog? Dan ingin blog anda mengalami sukses besar? Pastilah anda semua akan menganggukkan kepala tanda setuju dan menjawab,” Ya!!!” Nah, kemudian pasti pertanyaan yang diajukan berikutnya bagaimana melakukannya?
Kalau benar seperti itu yang anda tanyakan, silakan lanjutkan membaca.
Seperti yang saya katakan tadi, saya akan beritahu cara membuat blog anda cepat terkenal dan meraup sukses besar. Saya tulis secara singkat agar anda mudah dan cepat memahaminya. Serta segera bisa meng-ACTION-kannya. Ini dia kiat-kiatnya…
1. Buat link ke blog lainnya. Terutama ke blog yang trafficnya tinggi dan topiknya sama dengan blog anda.
2. Berlombalah jadi yang pertama berkomentar. Lakukan ini terutama di blog yang pengunjungnya banyak. Karena komentar anda pasti akan terbaca oleh pengunjung lainnya. Kalau komentar anda menarik, mereka pasti langsung menuju ke blog anda.
3. Pancing mereka untuk berkomentar. Cara melakukannya bisa anda baca di sini.
4. Berkomentar untuk menjalin hubungan. Jangan selalu berkomentar hanya demi kepentingan bisnis saja. Tapi bicaralah seperti layaknya obrolan antar-manusia. Tanyakan bagaimana kabar mereka, sedang sibuk apa, atau anda bisa berbagi cerita tentang kejadian menarik yang baru anda alami. Komentar yang alami dan penuh persahabatan seperti layaknya obrolan antar kawan bisa memperkokoh jalinan hubungan.
5. Ijinkan trackback dan link pada tempat berkomentar. Salah satu alasan blogger dalam berkomentar adalah agar bisa membangun jejaring link-nya. Penuhilah keinginan mereka, jangan abaikan.
6. Buat review tentang blog lain. Mereka yang anda buat review blognya pasti akan sangat senang. Ya, ibaratnya anda telah mau menceritakan isi blog tersebut ke pengunjung anda. Blog yang telah anda buat review-nya minimal pasti akan mengunjungi blog anda.
7. Jawablah komentar yang ditujukan pada anda. Punya blog berarti anda harus mau berinteraksi dengan blog lain. Kalau anda hanya ingin mengasingkan diri dengan ngeblog di dunia maya, urungkan niat anda itu. So, jangan biarkan komentar mereka bertepuk sebelah tangan. Bagaimana caranya menjawab komentar?
8. Buatlah artikel yang tak lekang ‘dimakan’ waktu. Maksudnya, yang tidak mudah basi dan dilupakan orang. Tapi yang selalu dibutuhkan orang sampai kapanpun. Seperti artikel berbentuk how-to yang sedang anda baca ini. Jenis-jenis artikel lainnya silakan klik di sini.
9. Pelihara hubungan baik dengan blog lain. Khususnya dengan blog yang ikut menyumbang aliran traffic ke blog anda. Alias dari sana salah satu sumber datangnya pengunjung ke blog anda.
10. Masukkan posting mereka ke social media. Ini cara lain yang bisa anda perbuat untuk memperkuat hubungan. Mereka pasti senang kalau tahu anda membantu menyebarluaskan posting blog mereka ke social media.


Sentuhan Personal: Penting untuk Membuat Konsumen Anda Loyal
By Joko Susilo | Comments (359) | Trackbacks (2)



Suatu saat, anda tengah berdiri di pinggir jalan. Lalu tiba-tiba ada orang yang menyapa anda. Menanyakan kabar anda dan seterusnya. Bagaimana perasaan anda?
Wah, pasti anda akan senang. Sambil diam-diam dalam hati merasa jadi orang terkenal. Tapi bukan itu yang penting. Yang penting kemudian anda juga akan memberikan perhatian pada orang yang menyapa anda itu. Dan bahkan berusaha mengenalnya lebih jauh.
Contoh lainnya misalnya, suatu ketika anda bertemu dengan teman lama anda. Dan anda langsung bercakap dengan bahasa daerah teman anda itu. Pasti dia akan merasa senang. Walhasil hubungan anda jadi lebih akrab.
Inilah salah satu keajaiban sentuhan personal. Mereka yang semula sama sekali tak peduli pada anda, bisa langsung berubah 180 derajat. Memberikan perhatian pada anda dan menganggap anda sebagai temannya. Dan ingat, teman adalah aset yang tak ternilai.
Penggunaan sentuhan personal dalam bisnis internet amat penting. Bukan cuma untuk berkomunikasi, tapi lebih dari itu untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
Sentuhan personal juga lebih murah. Tak semahal kalau anda beriklan. Anda cukup mengingat nama mereka, apa hobi mereka, dan memberikan senyuman tulus. Dan saya jamin mereka akan memberikan perhatian yang lebih pada bisnis anda.
Memang menggunakan sentuhan personal hasilnya tak langsung kelihatan. Karena perlu berhubungan dengan konsumen secara satu per satu. Tapi saya yakin hasilnya akan lebih kekal. Konsumen anda loyal dan akan terus mengingat bisnis anda. Mereka akan menjadi pelanggan setia.
Nah, sekarang bagaimana sentuhan personal semacam ini bisa anda gunakan di bisnis internet?
Prinsipnya sama, hargai klien dengan memberikan pelayanan yang manusiawi. Seperti contoh di atas, sapalah klien anda dengan menyebut namanya saat anda mengirim pesan. Jika hal itu tidak mungkin anda lakukan secara manual, ada mesin autoresponder yang siap membantu.
Cara lainnya, ajaklah klien anda bercanda saat berkomunikasi. Buat mereka merasa nyaman dengan guyonan anda. Ini yang kemarin dilakukan presiden Obama untuk menjaring dukungan. Saat berkampanye di internet Obama tak pernah menganggap dirinya sebagai calon presiden Amerika. Ia memperlakukan teman-temannya di Facebook seperti seorang sahabat. Tidak hanya bicara masalah politik dan pemerintahan, Obama bahkan sering bercerita tentang hal yang lebih intim dengan para pendukungnya. Melalui cara seperti ini Obama bisa menjaga loyalitas pendukungnya hingga ia terpilih.
Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap memberi sentuhan personal pada konsumen anda? Bicaralah seperti orang yang sedang duduk bersama di sebuah warung makan kepada mereka.
Yang jelas, anda mesti memperlakukan konsumen anda seperti sahabat. Ya, jadikan mereka sebagai sahabat anda.

Anda Sudah Melakukan Personal Selling untuk Bisnis Internet Anda?
By Joko Susilo | Comments (359) | Trackbacks (0)



Untuk meningkatkan penjualan produk atau bisnis anda, sudah tentu marketing jadi andalannya. Dalam marketing sendiri banyak sekali jurusnya. Baik beriklan, melakukan promosi, mengadakan pameran, direct marketing, maupun personal selling.
Nah, kali ini yang akan dibahas adalah personal selling di bisnis internet. Anda siap?
Sebelumnya mari kita bahas arti personal selling. Personal selling adalah teknik komunikasi personal untuk menginformasikan sesuatu, mempengaruhi, atau mengingatkan pada prospek tentang sebuah penawaran. Tujuan personal selling jelas apalagi kalau bukan untuk meningkatkan penjualan, serta mengurangi tingkat penolakan konsumen. Mengapa bisa? Sebab biasanya pendekatan personal akan jauh lebih dahsyat efeknya dibanding dengan penawaran yang bersifat massal.
Di bisnis offline, personal selling termasuk komunikasi marketing berbiaya mahal. Wajar saja, karena seorang marketer harus menemui prospek satu demi satu, menjelaskan ke tiap prospek yang tentu makan waktu, dan butuh perlengkapan yang tak sedikit. Sebagai hitung-hitungan saja, kalau setiap marketer offline misalkan butuh waktu 1 jam untuk setiap prospek, maka sehari hanya mampu menemui sekitar 8 prospek.
Di internet? Jauh lebih banyak!
Dengan internet, anda bisa melakukan personal selling dengan sangat sangat sangat hemat dan jauh lebih cepat. Tak sampai keringatan karena berburu klien dari satu tempat ke tempat lain. Cukup dari meja kerja anda, dan anda bisa memprospek dan melayani para konsumen dengan sangat nyaman. Enak kan?
Bagaimana proses personal selling?
Proses personal selling biasanya diawali dari memprospek customer, memilah dan memilih prospek yang berkualitas, lalu mengembangkan hubungan baik, kemudian berlanjut ke penyampaian pesan penawaran.
Nah berikutnya anda harus siap dengan lontaran pertanyaan yang muncul dari konsumen. Karena itu penguasaan pengetahuan produk dengan baik wajib hukumnya. Bila tidak, anda bisa gelagapan menjawab pertanyaan konsumen.
Contoh yang berhasil antara lain seperti Mas Yono Andrianto dan Bu Titik. Mas Yono menurut saya cukup berhasil dalam melakukan personal selling lewat internet, sedang Bu Titik cukup bagus secara offline. Karena sudah menguasai produk yang dipasarkan, maka mereka mampu menjelaskan dengan baik produk-produk yang dipasarkan.
Dan proses berikutnya berlanjut ke mengclosing penawaran. Ini salah satu proses penting. Pastikan dalam setiap proses personal selling yang anda lakukan, closing tak ketinggalan. Tutup setiap penawaran anda dengan closing!
Sudah selesai?
Belum. Bila mereka kemudian bergabung dengan layanan yang anda tawarkan, maka berikutnya anda wajib menyediakan layanan dan dukungan untuk mereka. Bentuknya bisa seperti konsultasi gratis, atau dukungan terhadap mereka. Dan anda tetap harus menjaga hubungan baik dengan mereka.
Kalaupun kemudian mereka belum bergabung dengan anda, anda tetap wajib mengembangkan dan memperkuat hubungan dengan orang-orang yang anda kenal itu. Sebab banyak teman, tak ada ruginya.

Memadukan Teknik Marketing Soft Selling dan Hard Selling di Bisnis Internet Anda
By Joko Susilo | Comments (317) | Trackbacks (4)



Beberapa waktu lalu, dalam posting 3 Tips Sukses Menjual (Apapun) lewat Blog sempat saya singgung mengenai soft selling di blog. Saya agak terlupa karena sebelumnya belum pernah membahas ini. Karena itu pada posting ini saya coba bahas mengenai hard selling dan soft selling di bisnis internet.
Mari kita mulai…
Hard sell dan soft sell merupakan istilah dunia marketing dan periklanan. Hard sell merujuk pada cara berpromosi yang menyampaikan pesan marketing secara langsung. Contohnya adalah iklan, baik di koran, majalah, televisi, internet, atau papan reklame yang ada di pinggir-pinggir jalan. Khusus di bisnis internet yang menawarkan produk informasi, hard sell biasa dilakukan lewat sales letter.
Kebalikannya, soft sell berarti cara promosi yang dilakukan secara halus atau tak menyampaikan promosi secara langsung. Tujuan soft selling, meminjam perkataan Mas Irwan, lebih menekankan tumbuhnya kepercayaan dan terjalinnya hubungan yang nyaman dengan konsumen. Syukur-syukur jika kemudian bisa dialirkan menjadi sebuah penjualan.
Dalam dunia nyata, penerapan soft selling bisa diamati misalnya dalam acara Kick Andy. Di sana, setiap akhir acara dibagikan buku kepada para penonton. Tanpa harus mengajak langsung agar membeli buku tersebut, penonton sangat mungkin tergerak ingin tahu apa isi buku tersebut. Kalau di internet, soft selling sangat tepat diterapkan di blog.
Ada yang mengatakan kalau saat ini teknik soft selling lebih ampuh dibanding hard selling. Alasannya karena soft selling lebih bersifat persuasif sehingga lebih mudah untuk menyentuh hati konsumen. Kalau menurut saya, keduanya efektif memerankan perannya masing-masing.
Bisa dibayangkan kan kalau tak ada iklan yang berisi pesan yang jelas. Target market bisa kebingungan menangkap apa maksud promosinya. Sebaliknya kalau melulu menggunakan hard selling, bisa jadi target market langsung kabur.
Kalau diamati hard selling dan soft selling juga berbeda efeknya. Kalau hard sell, efeknya lebih bersifat cepat atau secara vulgar istilahnya “take it or leave it!” Sedangkan soft selling biasanya berlangsung lebih lama dan harus dijalankan secara terus menerus. Begitu konsumen memiliki hubungan erat dengan anda, maka dia akan menjadi konsumen potensial anda.
Karena itu, menurut saya yang terbaik adalah mengkombinasikan teknik hard sell dan soft sell. Sebab, dilihat dari sisi konsumen pun, sebagian konsumen lebih tertarik dengan pendekatan soft selling. Sebagian lagi lewat hard selling. Atau bisa karena kedua pendekatan ini. Contohnya, ini terjadi pada Pak Soelaiman Wiria-Atmadja yang saya haturkan rasa hormat mendalam karena semangat belajarnya yang luar biasa. (Kutipan kalimat di blog beliau “Never Too Late to Get Yourself Improved!” mengajak kita untuk selalu ACTION.)
Jadi, memadukan teknik hard sell dan soft sell menurut saya adalah yang terbaik. Hard sell di sales letter, dan soft sell di blog. Dari kedua teknik marketing ini, kuncinya lagi adalah kenali target market anda dan ketahui jalur komunikasi apa yang paling tepat untuk setiap konsumen.
3 Tips Sukses Menjual (Apapun) lewat Blog
By Joko Susilo | Comments (421) | Trackbacks (4)



Bisnis dan teknologi selalu berjalan beriringan. Dulu waktu internet pertama kali muncul, langsung e-commerce menggeliat. Situs web menjadi sarana memperkenalkan produk dan berpromosi. Sekarang saat heboh-hebohnya blogging, blog pun tak ketinggalan menjadi sarana baru berbisnis.
Suatu hal yang wajar. Karena bila digambarkan bisnis itu sendiri punya sifat ulet, pantang berhenti, dan adaptif. Artinya, setiap terjadi perubahan, otomatis bisnis ikut menyesuaikan diri.
So, langsung saja bagaimana tips sukses menjual (apapun) lewat blog?
• Ajak ngobrol, bukan jualan. Mulanya blog lahir untuk sarana ekspresi diri alias bersifat personal. Pengunjung datang karena ingin tahu misalnya Mas Sumartono sukanya apa, yang biasa dibicarakannya apa. Watak asli blogging ini penting dipahami bagi anda yang mau berbisnis lewat blog. Tak bisa anda serta merta melakukan hard selling lewat blog.
Yang terbaik menurut saya blog difungsikan untuk soft selling. Bukan dengan terang-terangan berpromosi. Tapi cukup berjualan secara diam-diam. Buat mereka ketagihan dengan content blog anda. Dan ketika mereka suka, maka akan lebih mudah bagi anda menjual (apapun).
Lain halnya kalau anda anda langsung membombardir dengan promosi langsung. Seketika pengunjung langsung kabur dari blog anda. Ringkasnya, lakukan soft selling di blog. Untuk hard selling terapkan di situs web/mini site saja.
• Sering memposting yang menarik. Memposting secara rutin itu penting. Memposting hal menarik tak kalah penting. Blog disukai karena sering di-update. Kalau jarang, apa bedanya dengan situs web?
Mungkin alasannya anda kesulitan mencari ide posting. Apa iya? Coba nikmati tulisan Mas Syahru berjudul Mengajari Seekor Anak Ayam untuk Menari! yang terinspirasi dari nonton National Geographic. Atau tulisan Formula Bisnis Menulis Pangkal Kaya yang diakui Mas Mufli hanya hasil olah otak saja. Gampang kan menulis?
• Tulis yang anda tahu dan sukai. Ini akan membuat anda lebih enjoy blogging. Simak misalnya posting-posting Mbak Lintang Fajar. Postingannya selalu khas bercerita gaya Mbak Lintang. Sekalipun semata karena suka menulis, tanpa niat menjual, tapi saya yakin tulisannya sungguh menjual. Tak menutup kemungkinan nantinya benar-benar akan dibukukan.
Menulis hal yang anda suka sangat baik. Sebab itu salah satu alasan kenapa kita blogging. Saya yakin asal kita melakukannya secara tekun dan konsisten, orang tak akan ragu mengapresiasi tulisan anda. Karena mereka suka tulisan yang bermanfaat dan inspiratif. Kalau sudah begitu, apa pun yang anda dapatkan berikutnya, hanyalah efek dari rasa suka mereka.
Kuncinya pada konten. Konten yang menghisap akan membuat pengunjung ketagihan. Sehingga begitu mereka sekali saja membaca dan suka, mereka akan berulang-ulang kembali ke blog anda.

Bagaimana Melakukan Closing yang Pasti Berhasil Mendatangkan Penjualan
By Joko Susilo | Comments (361) | Trackbacks (2)



Masih ingat AIDA+C? Ya, itulah rumus sales letter seperti pernah anda baca di SMUO. Dijelaskan, proses penjualan bermula dari menarik perhatian (attention), membangkitkan minat (interest), membangun hasrat (desire), membuat mereka melakukan tindakan (action), dan melakukan penutupan (closing).
Di sini saya tak bermaksud menjelaskan ulang rumus tersebut. Sebab pastinya bagi para member Formula Bisnis sudah membaca dan memahaminya dengan baik. Yang dijelaskan dalam posting ini lebih terfokus pada usaha closing saja. Bagaimana usaha closing yang anda lakukan mampu mengubah prospek menjadi pembeli?
Yang perlu dicamkan, closing pasti berhasil jika terjadi situasi menang-menang (win-win). Prospek merasa beruntung mendapatkan solusi terbaik dari produk/jasa anda, dan anda beruntung bisa membantu prospek mengatasi masalahnya. Jika hanya satu pihak saja yang merasa win, closing tak akan terjadi alias tak terjadi transaksi.
Kapan situasi win-win itu muncul? Kalau anda sebagai penjual, saya rasa selalu berada pada situasi siap menjual. Berarti yang perlu anda lakukan tinggal mendorong agar situasi win tersebut juga tercipta pada prospek anda.
Bagaimana caranya? Ada banyak teknik closing. Di antaranya seperti misalkan memberi pilihan kepada prospek. “Anda memilih yang ini atau yang itu?” Bisa juga dengan memberikan garansi, bonus, dan lainnya. Silakan baca lagi di Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat. Dan bagi yang mengandalkan iklan di koran, silakan baca Tips Meningkatkan Closing dari Koran di blog InhouseBusiness.
Lalu dari mana anda tahu suatu keadaan merupakan saat paling tepat melakukan usaha closing? Biasanya kita bisa tahu dari sinyal-sinyal yang dikirimkan prospek. Coba amati apakah prospek anda sudah terdorong untuk membeli? Dan apakah mereka siap membeli produk anda? Jika iya, segera lakukan closing.
Di situlah sensitifitas kita bermain untuk mengenali waktu closing itu tiba. Jam terbang anda selama ini dalam marketing akan meningkatkan sensitivitas anda untuk mengenali saat itu tiba. Kadang tak jarang, jika prospek sudah benar-benar berada dalam kondisi win, mereka yang akan meng-closing sendiri. Atau setidaknya membantu anda agar cepat melakukan closing.
Pada dasarnya closing hanya soal memahami. Bagaimana anda memahami kondisi prospek, apa saja yang ditakutkannya, apa saja yang membuat prospek ragu, dan apa sajakah yang diinginkan prospek. Bila anda mampu memahami keseluruhan kondisi prospek dengan baik, saya yakin closing hanya soal waktu. Contohnya seperti yang dialami Mas Mufli di sini.
Menurut pengalaman, sering usaha closing tak hanya dilakukan sekali. Bahkan bisa jadi berkali-kali. Karena itu usaha closing perlu diterapkan lewat berbagai jalur marketing. Selain lewat sales letter, juga melalui email marketing, dan blog.
Lalu bagaimana jika setelah anda berkali-kali usaha closing ternyata prospek tak kunjung melakukan seperti yang anda harapkan? Tak mengapa. Karena marketer profesional bukan hanya bertujuan mengclosing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik. Ingat banyak teman banyak rejeki!
Bagaimana Cara Membaca Pikiran Pembeli
By Joko Susilo | Comments (295) | Trackbacks (0)



Sama sekali ini bukan tentang cara menghipnotis orang. Sebab saya tak cukup paham mengenai hal tersebut. Kalau soal hipnotis mungkin Mas Ricky yang lebih paham.
Dalam posting ini, yang akan saya bahas adalah mengetahui pikiran konsumen setelah mereka menerima penawaran anda. Baik setelah mereka membaca sales copy anda maupun membaca email follow up anda. Apakah mereka berada dalam kondisi siap membeli, ragu-ragu, sedikit tertarik, atau sama sekali tidak berminat.
Anda tertarik tahu?
Kalau dalam dunia nyata, cara membaca pikiran biasa dilakukan lewat komunikasi langsung dengan memperhatikan dua hal. Yaitu bahasa yang diucapkan dan lewat gerak-gerik tubuh (bahasa tubuh). Persoalannya, dalam dunia maya, kita seringnya berkomunikasi secara tak langsung. Atau dengan kata lain kita cuma bisa memperhatikan sisi bahasanya saja.
Lalu bagaimana?
Tenang… yang pertama perlu anda pahami adalah mengenali dan memahami tingkah laku manusia secara umum. Perlu anda tahu kalau:
• Kebanyakan orang tak puas dengan kondisinya saat ini. Selalu melihat rumput tetangga lebih “hijau”.
• Tidak sedikit orang yang kurang memiliki kepercayaan diri.
• Banyak orang takut menyatakan penolakan.
• Mayoritas orang menghindari ketidaknyamanan atau kesakitan. Ketika kondisi itu hinggap, orang itu sesegera mungkin berusaha menghilangkannya.
• Ketika seseorang ingin sesuatu, mereka menginginkan secepatnya. Bukan tahun depan, tapi sekarang!
• Orang akan mengambil keputusan yang sudah berhasil pada orang lain. Atau singkatnya sudah terbukti!
Kedua, pastikan unsur-unsur itu secara langsung maupun tidak, sudah anda masukkan dalam segenap media promosi anda. Sales copy, banner, email marketing, dan lainnya sudah anda susupi pesan-pesan tersebut.
Contoh mungkin anda sudah biasa melihat banner bertuliskan “Joko Susilo menghasilkan profit Rp 70 juta/bulan dari bisnis sederhana di internet….” Kalau belum lihat, coba tengok misal di blog Bu Titik dan Mas Muklis. Silakan tebak unsur mana yang masuk dalam banner tersebut.
Ketiga, untuk mengetahui apa yang ada dalam pikiran (calon) pembeli, anda bisa bersikap pasif atau aktif. Pasif artinya anda tinggal menunggu respon dari mereka. Menunggu mereka menghubungi anda, baru anda balik menghubungi. Aktif artinya anda yang mengemail mereka. Anda lakukan follow up. Anda dekati mereka.
Nah, pada saat anda berkomunikasi dengan mereka itu, anda gali apa kebutuhan, keinginan, dan hasrat spesifik konsumen tersebut. Dari sana anda bisa mulai membaca apa yang ada di benak pikiran mereka. Selanjutnya siapkan pesan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan hasrat mereka.
Saat mengirimkan pesan balasan, bayangkan anda pada posisi mereka. Rasakan–bila perlu–anda alami apa yang mereka rasakan. Agar anda bisa lebih menangkap feel-nya.
Dengan mengetahui yang ada di pikiran pembeli, anda akan lebih mudah untuk mengclosing penjualan. Bila saja seseorang sama sekali tak berminat dengan produk anda, anda bisa belajar untuk meningkatkan lagi kemampuan follow up anda. Atau mungkin membuat sales copy khusus untuk orang-orang tipe tersebut.
Membius Pengunjung dengan Sales Letter
By Joko Susilo | Comments (28) | Trackbacks (3)



Dalam situs web affiliate anda, apakah pembeli produk anda sudah banyak?
Jika belum, kira-kira apa yang kurang dari situs web anda? Mungkin menurut anda desain situs web sudah bagus. Tidak ada yang berlebihan, loadingnya pun cepat. Nah, kira-kira apa ya yang jadi biang kerok, penghambat penjualan anda?
Untuk mencoba menjawab permasalahan ini, coba anda jawab pertanyaan ini dulu. “apakah sales letter yang anda buat sudah bisa membius pengunjung?”
Ingat ya, sales letter itu juga nyawa situs web ataupun blog affiliate anda. Jika tidak ada pengunjung yang “ngeh” dengan sales letter anda, ya… jangan harap ada pembeli.
Nah, untuk membuat sales letter yang membius… baca dulu yang di bawah ini…
1. Pikirkan pengunjung. Ya, kita jangan memikirkan diri sendiri saat membuat sales letter. Tapi, pikirkan bagaimana perasaan pengunjung saat membaca sales letter kita. So, jangan buat sales letter yang terlalu “narsis”. Sebaiknya kita jangan melulu ngomong tentang diri kita sendiri. Karena pengunjung bosan dengan ulasan yang berlebihan. Ya… kecuali kalau kita sudah cukup dikenal oleh pembaca. Justru ke”narsis”an bisa jadi motivasi pembaca. Missal kita bisa menulis tentang pencapaian dan kecakapan kita. Tapi, ya tetap saja… jangan berlebihan!
2. Pikirkan manfaat produk anda. Bagaimanapun yang namanya orang membeli itu karena mereka butuh. Dan karena mereka ingin mengambil manfaat dari produk anda. Jadi kadang-kadang pembeli tidak peduli dengan keunggulan produk anda. Mereka berpikir, “Kalau saya tidak membutuhkan produk ini dan tidak ada manfaatnya buat saya, kenapa saya harus membelinya?”
3. Logika Vs Emosi. Poin ini kebalikan dari poin no 2 di atas. Kalau tadi kita membahas pengunjung membeli karena mereka butuh, sekarang kita bahas pengunjung membeli karena mereka tidak butuh. Maksudnya bagaimana?? Contohnya, ya… para pengunjung yang hobi shopping. Mereka sering kali membeli barang yang tidak mereka butuhkan tapi mereka inginkan. Nah, ini tugas anda membuat pengunjung membeli yang mereka inginkan. Jadi, gunakan kata-kata yang bisa menimbulkan emosi untuk membeli. Jangan cuma kata-kata penuh emosi! Tahu kan bedanya?
4. Pengalaman pribadi. Banyak orang yang tertarik dengan pengalaman pribadi. Jika anda memasang pengalaman pribadi dalam sales letter anda, tentu ini efektif. Karena sales letter yang demikian mampu membujuk pengunjung. Anda bisa ceritakan pengalaman anda setelah memakai produk yang anda jual.
5. Susun kata-kata anda dalam bentuk list atau daftar. Jangan menulis poin-poin tentang produk anda dalam bentuk paragraph. Agar, pengunjung bisa jelas membaca apa saja menfaat produk anda. Dan, mereka bisa langsung membaca apa yang mereka cari. Oya, jangan lupa untuk membuat tulisan pendek dan to the point.
6. Tidak perlu mengejar kesempurnaan. Tujuan sales letter itu menjual produk. Jadi, jangan terjebak dengan membuat sales letter yang bahasanya sempurna. Ejaan dan tata bahasa yang benar saja sudah cukup. Jadi, anda tetap menunjukkan profesionalisme. Dan, yang terpenting pengunjung mengerti maksud anda.
7. Uji coba. Untuk mengetahui keberhasilan sales letter, anda harus mengujinya. Yupp!! Hasil uji coba bisa anda lihat dengan angka penjualan. Jika penjualan anda sudah tinggi, bisa dikatakan sales letter anda mampu membius pengunjung.
Satu hal yang tidak kalah penting, saat anda membuat sales letter bayangkan anda sedang berbicara dengan teman dekat anda. Ingat, pengunjung yang membaca sales letter punya kebutuhan masing-masing. Jika anda bisa berempati pada kepentingan mereka, penjualan anda akan meningkat!

Sales Letter Efektif: Panjang atau Pendek?
By Joko Susilo | Comments (269) | Trackbacks (0)



Beberapa pertanyaan paling sering dilontarkan para pebisnis internet yang tengah merancang sales letter adalah lebih baik mana menggunakan sales letter dengan halaman panjang atau sales letter pendek? Kapan menggunakan sales letter panjang? Dan kapan pula menggunakan sales letter pendek?
Penasaran dan ingin tahu jawabannya? Silakan lanjutkan membaca…
Sebelum masuk ke pembahasan panjang pendek sales letter, anda tentu masih ingat tentang konsep most wanted response (MWR). Bagi yang lupa, silakan baca kembali SMUO Formula Bisnis.
MWR merupakan titik tolak penentuan panjang pendek sebuah sales letter. Mengapa begitu? Ya, karena MWR adalah respon yang paling anda inginkan. Sedikit saya segarkan kembali, secara umum MWR ada dua:
• Mereka membeli produk anda, atau
• Mereka meninggalkan data kontak untuk follow up
Nah, lalu kapan membuat sales letter panjang?
Sales letter panjang biasa dibuat jika anda menawarkan produk berbayar anda. Dengan sales letter panjang, kita bisa menjelaskan lebih banyak seputar produk kita. Anda bisa melakukan perkenalan pada calon pembeli anda, anda bisa jelaskan kelebihan produk anda, apa manfaatnya bagi pembeli, anda bisa tambahkan unique selling position anda, anda bisa cantumkan garansi, bonus, dan lainnya.
Artinya, anda perlu menjelaskan banyak hal mengenai produk dan service anda. Anda perlu meyakinkan calon pembeli anda bahwa produk anda merupakan solusi terbaik bagi mereka.
Tentu yang perlu juga diperhatikan saat menggunakan sales letter panjang, sampaikan secara menarik. Jangan sampai membuat pengunjung bosan. Gunakan hypnotic writing. Bagaimana agar pengunjung tertarik sejak headline sales letter anda dan menelusuri dengan detil setiap kata berikutnya, sampai akhirnya membaca tuntas keseluruhan isi sales letter. Tentang hypnotic writing ini, anda bisa baca tulisan Mas Bachtiar tentang Kekuatan Hypnotic Writing dan di blog Mas Wawan Purnama soal Belajar Buat Tagline Yang Menghipnotis Yuk..
Fakta penting juga, sebenarnya pengunjung tak berkeberatan membaca sales letter panjang. Yang penting isinya tak membosankan dan berisi hal-hal yang diinginkan calon pembeli produk anda. Kurang lebih perbandingannya seperti ada orang yang betah baca sebuah buku berisi ratusan halaman, sedang buku lainnya yang hanya puluhan lembar dibaca sambil lalu saja.
Penyebabnya, karena isi buku itu menarik dan disampaikan secara menarik sehingga pembacanya terhipnotis untuk terus membaca sampai tuntas. Kebalikannya, sekalipun bukunya tak terlampau tebal, namun jika bahasanya membosankan tentu kita melewati tiap halaman buku dengan cepat.
Kalau sales letter pendek bagaimana?
Sales letter pendek biasanya dipakai bukan untuk menjual sesuatu. Tapi untuk menjaring data kontak prospek. Tak panjang karena yang disampaikan tak banyak. Intinya, cukup keuntungan yang didapatkan pengunjung jika memasukkan alamat emailnya. Misalkan dengan menawarkan mendapat hadiah atau ebook gratis. Dengan sales letter pendek, harapannya pengunjung yang tertarik akan langsung memasukkan alamat emailnya.
Jadi kesimpulannya, menurut saya, panjang atau pendek halaman sales letter memiliki keampuhannya masing-masing. Sales letter panjang biasanya dipakai untuk menawarkan produk berbayar. Sedang, sales letter pendek digunakan untuk menjaring data calon prospek.
Strategi Mujarab Pengembangan Content Demi Profit Melimpah
By Joko Susilo | Comments (216) | Trackbacks (1)



Anda sudah tahu bagaimana cara paling ampuh mengembangkan konten? Kalau belum, anda wajib tahu. Sebab konten berkaitan erat dengan traffic dan penjualan anda. Konten di situs web dan blog anda mempengaruhi popularitas dan profit anda.
Konkretnya begini, orang akan memberikan alamat email mereka dan sign up di situs web atau blog anda jika mereka suka yang anda tulis. Selama posting artikel anda menarik, informatif, juga inspiratif, saya yakin pengunjung segera bergabung di situs web dan blog anda.
Nah, pengunjung hanya mau membeli produk anda, jika sales letter anda sukses memberikan janji dan keuntungan yang mereka inginkan. Dan, satu lagi produk anda minim resiko. Apalagi untuk situs web membership. Tentang copywriting pernah ditulis memikat oleh Mas Wawan Purnama di sini.
Kalau anda tak memberikan konten yang berbeda, terbaru, dan mendidik setiap kali posting, pelanggan anda akan lari. Maka, jangan menganggap remeh isi blog anda. Semua informasi yang dibutuhkan pengunjung harus anda penuhi.
Untuk memberikan konten yang selalu bermanfaat bagi pengunjung, anda perlu menerapkan strategi. Ini sering disebut content development strategy. Dengan menerapkan strategi pengisian konten, anda bisa memberikan yang diinginkan pengunjung anda.
Mudah saja caranya, cukup pelajari bagaimana menciptakan dan menggunakan konten yang tepat untuk semua posting. Misal, hari ini pengunjung sedang gandrung topik A. Maka berikanlah A. Atau misal, mereka sedang kesulitan dengan problem B, ya beri solusi untuk masalah B.
Untuk lebih memudahkan anda mengembangkan konten, anda bisa gunakan cara berikut ini.
1. Tangkap perhatian pengunjung
Konten apapun yang anda berikan, harus mampu menggaet perhatian pengunjung. Tentunya, dengan memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, anda tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian mereka.
Sebaik apapun produk anda, jika anda tak bisa mengungkapkannya dengan bagus di konten website, anda akan kalah. Di internet, kekuatan yang anda miliki adalah bahasa gambar dan keajaiban kata-kata.
Kalau anda lemah dalam merayu calon pembeli, pastinya anda kalah dalam persaingan. Maka, segera pikat perhatian pengunjung sesaat setelah mereka memasuki situs web anda. Katakan dengan tegas apa yang anda tawarkan di awal website anda.
2. Tulis artikel ringan dan fokus
Pastikan sales copy anda mudah dimengerti dan to the point. Pakai bahasa yang ringan tapi lugas. Jangan bertele-tele. Kalau anda bisa membuat orang lain kaya dengan produk anda, katakan saja terus terang! Kalau anda bisa membuat orang lain cantik dengan produk anda, ungkapkan langsung!
Jika anda memiliki blog, tulis saja artikel, informatif, tidak bertele-tele. Anda boleh menulis artikel pendek. Pengunjung biasanya lebih menyukai tipe tulisan yang pendek. Tapi, ada pula yang menyukai detail. Sehingga mereka lebih suka dengan artikel panjang. Untuk mengakomodasi semua tipe pengunjung, baiknya anda tak cuma menulis artikel pendek saja. Tapi, tulis juga yang panjang.
Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak jenis artikel yang memperkaya isi blog anda. Dan, jangan lupa, berikan link jika anda mempunyai sumber artikel yang membahas tema anda lebih dalam.
3. Lakukan perubahan
Anda bisa mengubah sales copy anda dalam jangka waktu tertentu. Ingat, setiap sales copy memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Nah, anda bisa terus mengubah gaya anda. Cari terus yang terbaik. Selama penjualan anda terus meningkat, berarti perubahan anda membawa pengaruh yang baik.
4. Original dan mudah dikenang
Membuat situs web berbeda dari yang lain itu penting. Fungsinya, agar anda punya positioning yang berbeda dari pesaing anda. Timbulkan kesan bahwa anda internet marketer yang berbeda dari yang pernah ada.
Keluarkan ide-ide yang original dan lekatkan citra yang berbeda. Misal, anda punya gaya artikel yang lain dari blog atau situs web lain. Mungkin juga, desain web anda jauh lebih unik, mudah, dan menyenangkan. Pokoknya, anda harus berbeda dari yang lain!
Kreativitas, Mengubah Yang Terbatas Menjadi Tanpa Batas
By Joko Susilo | Comments (25) | Trackbacks (8)



Apa sih modal utama seorang pebisnis atau pengusaha?
Kreativitas!
Dari sekian buku tentang kiat pengusaha sukses yang saya baca, saya simpulkan kreativitas itu kunci utamanya. Mau bisnis online ataupun offline, ya sama-sama harus kreatif. Bila tidak, jangankan bertambah maju, untuk membuat bisnis bertahan saja sangat sulit.
Selanjutnya kreativitas bisa diwujudkan dalam berbagai strategi dan perencanaan. Modal sedikit bisa sukses asal kita kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada. Bisnis internet merupakan sumber daya kita yang terbatas. Asetnya cuma produk situs web dan relasi-relasi online, tapi kreativitaslah yang membuatnya menjadi sumberdaya tak terbatas.
Inilah yang namanya tantangan bisnis. Bagaimana cara anda menghasilkan uang yang banyak dari sumber yang terbatas. Benar begitu kan?
Bagi pebisnis, memilih lahan usaha itu berarti investasi. Anda pasti berharap investasi anda sukses. Karena, uang akan terus masuk ke kantong anda. Tapi, jangan cepat senang jika investasi anda itu sudah menghasilkan uang. Karena pasar bisa cepat berubah.
Karena itu, jangan pernah berhenti.
Kembangkan…kembangkan… dan kembangkan sampai menghasilkan keuntungan yang berlipat…berlipat… dan terus berlipat…
So, jangan berhenti sampai di sini! Kembangkan terus ! Investasikan kembali keuntungan-keuntungan itu.
Ini sangat penting bagi para blogger dan pebisnis internet. Kesuksesan anda tergantung pada investasi asset-aset online, besar keuntungan yang anda dapat, dan biaya pemeliharaan situs yang anda keluarkan. Jadi, sementara anda terus memelihara satu situs, anda harus terus merencanakan membuat produk baru.
Nah, di sinilah pentingnya kreativitas. Hasilkan sesuatu yang baru lagi. Dan, yang pasti berbeda dari yang sudah ada.
Untuk mengembangkan situs web, anda bisa pelajari situs-situs web yang sudah ada. Melihat perkembangan diri sendiri itu juga penting untuk merangsang kreativitas. Pikirkan dengan cermat, kira-kira situs anda memberikan keuntungan besar atau tidak? Dan adakah spesifikasi produk yang menjadi sumber utama penghasilan?
Jika iya, maka saatnya anda konsisten menjalankannya. Sebaliknya jika tidak, jual saja situs anda !
Oh ya, investasi itu bukan cuma dalam bentuk produk atau relasi online. Waktu yang anda gunakan untuk berpikir, menyusun strategi dan perencanaan itu juga bentuk investasi. Karenanya lakukan dengan serius. Itu yang akan menjadi awal apakah situs web anda bisa menjadi sumber uang. So, luangkan waktu anda untuk mencari ide-ide baru untuk pengembangan situs Anda. Ide bisa didapat dari baca buku, ngobrol dengan teman, atau mungkin pas jalan-jalan. Prinsipnya, setiap saat jangan biarkan otak anda mogok berpikir…
Saya punya bocoran lagi agar anda bisa terus kreatif.
Masih ingat 20 Timeless Money rules yang pernah dimuat CNN? Saya sarankan anda membacanya. Nah, sambil anda membaca 20 Timeless Money Rules, lakukan 3 hal ini:
• Coba hubungkan prinsip-prinsip dalam 20 Timeless Money Rules dengan cara anda mengelola situs web saat ini. Pelajari semua informasi penting yang anda temukan. Saya yakin anda akan menyerapnya dan menyesuaikan dengan gaya anda. Nah, ini menarik! Karena anda jadi punya tips yang unik.
• Buatlah prinsip-prinsip itu relevan. Lakukan introspeksi dan refleksikan pada kebiasaan anda. Sesuaikan prinsip itu menurut selera anda. Ini cara yang paling baik agar anda mudah menyerap dan mengerti informasi ini.
• Praktikkan prinsip-prinsip tersebut. Pilih satu prinsip yang bisa segera diterapkan pada situs anda. Dan, terapkan juga pada kehidupan pribadi anda. Segeralah beraksi setelah anda selesai membaca artikel itu. Bertindak segera itu penting agar informasi yang berguna tadi tidak hanya menjadi sampah di otak anda.
Cara-cara di atas bisa menyegarkan pikiran anda. Saya sudah merasakan hasilnya. Saya terus punya ide-ide baru. Dan, bisnis saya semakin maju.
Bagaimana Mendapatkan Kepercayaan dari Calon Pembeli?
By Joko Susilo | Comments (327) | Trackbacks (2)



Kepercayaan itu vital dalam bisnis. Rasa percaya berkaitan dengan kemajuan bisnis internet anda. Makin tinggi kepercayaan konsumen, makin berkibar bisnis internet anda. Saya telah membuktikannya. Sejak blogging setahun lalu, profit bisnis internet saya meroket sampai 500 %. Bukti lengkapnya bisa anda baca di Rahasia Blogging.
Lantas bagaimana mendapatkan kepercayaan dari konsumen?
Konsumen akan percaya percaya jika anda memang layak dipercaya. Kemampuan atau keahlian anda menjadi pertimbangan di satu sisi. Di sisi lain yang mereka lihat adalah bukti. Seberapa jauh anda telah membuktikan kepakaran anda lewat hasil nyata.
Percuma saja anda menjelaskan panjang lebar kepada konsumen namun tak ada bukti yang anda sampaikan. Mereka akan sulit mempercayai anda. Seolah ada benteng yang memisahkan antara konsumen dengan anda.
Nah, tugas anda adalah merobohkan benteng tersebut. Alat pertahanan diri konsumen bisa anda taklukkan jika anda menerapkan langkah-langkah berikut. Yang saya sampaikan di sini hanyalah prinsip dasar. Anda bisa mengolah dan mengembangkannya dengan kreativitas anda. Juga berdasar pengalaman anda tentunya!
Silakan disimak cara mendapatkan kepercayaan konsumen berikut:
• Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang dibutuhkan target market mutlak harus anda miliki. Tanpa produk yang bernilai di mata pengunjung, tentu sulit mendapat kepercayaan mereka. Maka sebelum membuat produk, anda perlu tahu jenis informasi yang dibutuhkan target market anda. Untuk itu anda perlu melakukan riset pasar.
• Bukti. Beri bukti kalau produk anda itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang anda dapat. Juga sampaikan kesaksian dari orang-orang yang telah memperoleh manfaat produk anda.
“Kalau bagi yang baru terjun ke bisnis internet bagaimana menampilkan testimoni?” Tempo hari ada yang bertanya begitu. Jika memang belum ada testimoni dari konsumen, tentu tak perlu anda cantumkan. Cukup tampilkan hasil yang anda capai selama ini.
• Biarkan Prospek Menguji Anda. Jangan terlampau bernafsu anda langsung menghasilkan penjualan hanya dari satu kali follow up. Memang ada kalanya hal itu terjadi. Namun sering kali penjualan baru berhasil setelah beberapa kali follow up. Karena itu anda tak perlu kesal kalau prospek melontarkan banyak pertanyaan pada anda. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Agar mereka sungguh mempercayai anda. Kalau mereka percaya, yakin sajalah mereka tak akan lari kemana.
Saat menghadapi komplain pun anda tak perlu turun semangat. Seperti kata Mas Sumartono di sini, ada dua strategi alternatif besar terkait komplain.
• Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi anda dan calon pembeli berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Blog bisa menjadi senjata ampuh membangun dan memperlancar komunikasi bisnis anda. Lewat artikel, anda bisa berkomunikasi dengan konsumen dan memperteguh reputasi anda. Dengan berkomentar, blogwalking, trackback, dan lainnya anda bisa memperlancar proses komunikasi. Mengenai rahasia membangun blog sukses spektakuler dalam waktu sekejap bisa anda dapatkan di Rahasia Blogging.
Keempat cara di atas mungkin terlihat biasa saja dan sudah sering anda dengar. Tapi coba baca kembali, PAHAMI dan ACTION-kan. Hasilnya saya yakin akan berpengaruh telak terhadap bisnis internet anda.
Anda punya pengalaman soal meraih kepercayan konsumen? Atau mau menambahkan tips lainnya? Mari bagikan di sini agar rekan-rekan yang lain juga bisa belajar dari anda.
3 Jurus Jitu Meningkatkan Jumlah Pembeli Produk Anda
By Joko Susilo | Comments (252) | Trackbacks (0)



Bagaimana perkembangan bisnis internet anda bulan lalu? Menurun, meningkat atau sedang-sedang saja? Bila meningkat tentu saya ikut senang. Namun bila masih stagnan atau malah menurun, berarti kita perlu berupaya lebih keras untuk meningkatkan jumlah pembeli.
Untuk itu, saya tak sabar ingin berbagi dengan anda cara meningkatkan jumlah pembeli produk atau pelanggan jasa layanan anda. Tidak sabar mengetahuinya? Silakan langsung disimak saja.
Berikut ini tiga jurus jitu meningkatkan jumlah pembeli produk dan pelanggan jasa layanan anda:
1. Berikan free report atau free ebook. Banyak orang senang bila ditawari barang gratisan. Itu pula yang selama ini sering saya lakukan. Misalnya dengan memberikan free ebook 14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet. Atau seperti yang juga dilakukan Mas Agung Jatnika dengan ebook Bagaimana menjadi Kaya dengan Produk Private Label Rights.
Sangat baik jika anda membuat sendiri free ebook atau free report. Namun bila kesulitan atau ingin yang lebih mudah, anda bisa lakukan cukup dengan mewawancarai seseorang. Hal ini seperti yang dilakukan Mas Toufan dengan hasilnya free ebook wawancara dengan Joko Susilo. Memberikan free ebook akan mendekatkan diri anda dengan konsumen anda. Bukan tak mungkin nantinya mereka akan membeli produk anda.
2. Berikan penawaran spesial. Kalau anda sering datang ke berbagai pameran, yang dicari pastinya penawaran spesial atau diskon besar-besaran. Nah anda bisa terapkan penawaran khusus itu mendongkrak jumlah pembeli produk anda. Berikan penawaran khusus. Para calon pembeli anda pasti akan senang. Karena mereka merasa diistimewakan dengan penawaran anda. Oh iya, anda sudah baca penawaran spesial Rahasia Blogging?
3. Lakukan cross promotion. Promosi silang (cross promotion) berarti anda mempromosikan produk partner atau produk orang lain, baik lewat blog maupun lewat email. Dan mereka bisa melakukan hal yang sama. Lazimnya hal ini dilakukan lewat kerjasama khusus, contohnya seperti yang saya lakukan dengan gempar.com. Namun tak jarang juga saya melakukannya tanpa diminta. Bahkan beberapa kali, yang saya promosikan belum saya kenal.
Percayalah melakukan hal ini anda tak akan rugi. Selama niat utama kita adalah membantu orang-orang mendapatkan yang dibutuhkannya, anda akan mendapatkan balasannya lewat jalan yang tak terduga.
4 Strategi Jitu Membuat Affliate Program Anda Menjadi yang Terdepan
By Joko Susilo | Comments (89) | Trackbacks (1)



Lihat sekarang affiliate program yang yang beredar di internet, jumlahnya terus bertambah. Produk dan layanan yang ditawarkan juga sangat beragam. Semakin banyak affiliate program yang diluncurkan memang makin membuat ramai bisnis internet. Tapi setiap ada satu affiliate program yang baru, berarti anda memiliki kompetitor baru. Bisa jadi anda yang menang, tapi bukan tidak mungkin justru anda yang tergusur.
Anda mungkin khawatir kehadiran mereka akan mempengaruhi tingkat penjualan produk anda. Bahkan bisa saja pangsa pasar anda diserobot. Lalu bagaimana menghadapinya?
1. Buatlah situs atau blog yang saling melengkapi Untuk menghadapi persaingan yang kian ketat, anda perlu membuat beberapa situs web atau blog yang saling berhubungan. Situs web yang satu harus punya hubungan dengan yang lainnya, meski isinya berbeda. Misalnya salah satu situs web anda menjual produk pertanian, anda bisa buat blog tentang kiat bertani. Kalau anda menjual software, Anda bisa lirik juga untuk membuat situs web tentang komputer. Keduanya masih saling berhubungan kan?
2. Carilah affiliate yang punya situs web atau blog yang terkait produk anda Jika anda memasarkan produk untuk perempuan, cobalah cari affiliate yang misalnya punya blog tentang perempuan. Bisa juga dengan menjajaki kerjasama dengan forum yang berhubungan dengan produk Anda. Intinya, carilah situs web atau apapun yang berhubungan dengan produk Anda. Dan jadikan mereka sebagai affiliate atau tempat Anda berpromosi.
3. Posisikan diri anda sebagai pengunjung dan bangun jaringan Juri paling objektif untuk menilai situs web anda adalah pengunjung. Maka ketika anda ingin melakukan sesuatu pada situs web anda, posisikan diri anda sebagai pengunjung.
Ketika anda memerlukan informasi tentang bisnis internet, misalnya apa yang anda lakukan? Mungkin anda berpikir untuk mengetik ‘bisnis internet’ pada search engine. Maka, anda harus jeli dalam membuat kata kunci yang banyak dicari pengunjung lewat search engine. Lalu, juga catat baik-baik lingkup bisnis yang terkait bisnis anda. Misalnya, anda memasarkan alat tulis. Bukan berarti lingkup bisnis anda hanya seputar alat tulis saja, tapi bisa juga buku, alat perlengkapan kantor, dan lainnya. Anda bisa bangun jaringan untuk saling bekerjasama bersama-sama memasarkan produk.
4. Masukkan ke direktori tentang affiliate program Beberapa direktori ada yang berisi data affiliate program. Pastikan affiliate program anda masuk di dalamnya. Agar promosi anda makin luas dan fokus. Dengan empat cara ini anda tak perlu takut menghadapi affiliate program yang terus bermunculan. Empat cara di atas akan membimbing anda menghadapi dan memenangkannya.

Hanya Perlu Dua Taktik Bagi Affiliate Marketer untuk Sukses Mengisi Penuh Saku Kiri dan Kanan
By Joko Susilo | Comments (41) | Trackbacks (2)



Siapa bilang para affiliate marketer tak bisa sukses? Siapa pula yang bilang jika affiliate marketer pasti penghasilannya tak sebanyak pemilik produk? Saya katakan semua itu keliru.
Sebaliknya, sebagai affiliate marketer, anda punya potensi tak terbatas untuk meraup penghasilan berapapun yang anda inginkan. Bahkan kalau hanya untuk memenuhi isi saku kanan-kiri celana anda, itu sangat mungkin dilakukan. Sebab, sebagai affiliate marketer, anda punya banyak peluang untuk meraup banyak uang dari berbagai sumber.
Apalagi anda tak perlu repot-repot membuat produk. Anda hanya cukup memasarkannya saja. Dan membiarkan nantinya merchant anda yang mengurusi proses penjualannya. Terlebih dengan semakin banyaknya berbagai macam affiliate program akhir-akhir ini, sungguh ini peluang yang menggiurkan. Anda bisa memilih beberapa affiliate program untuk anda pasarkan.
Jadi, bila anda berminat menekuni karir sebagai affiliate marketer, jangan hanya puas dengan satu produk affiliate. Anda perlu punya beberapa produk untuk dipasarkan. Biar penghasilan anda pun tak cuma berasal dari satu sumber saja.
Namun tetap perlu diingat, tentunya produk yang akan pasarkan itu harus punya potensi besar untuk laris. Sebagai pertimbangan, pilih produk yang memang dibutuhkan pasar. Produk tersebut harus mampu menjawab persoalan yang dihadapi banyak orang.
Serta produk itu selalu dibutuhkan sepanjang zaman. Jadi tidak hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Ini supaya investasi awal yang anda lakukan untuk menjadi affiliate marketer, bisa anda gunakan seumur hidup.
Dan sebagai pertimbangan lainnya perhatikan pula merchant pemilik produk. Pastikan si merchant adalah orang yang kredibel, terpercaya, dan sudah sangat berpengalaman dalam produk yang dijual. Jangan mudah percaya terhadap merchant yang baru satu dua hari nyemplung di dunia internet marketing. Karena itu, anda perlu teliti dulu sebelum membeli.
Nah, bila anda sudah punya beberapa produk untuk dipasarkan, saatnya melancarkan sejumlah aksi untuk memperlancar proses penjualan anda.
Tapi sebelumnya, perlu anda teguhkan terlebih dulu niat anda sebagai affiliate marketer. Karena bila tidak, anda bisa saja mengalami nasib yang sama dengan lainnya. Terjerembap dan gagal menjadi affiliate marketer yang sukses. Kenapa mereka menjadi begitu? Saya amati rata-rata karena hanya coba-coba. Dan tidak bertekad penuh untuk sukses sebagai affliate marketer. Serta tak memiliki dedikasi penuh dan kerja keras untuk mewujudkannya.
Saya tegaskan menjadi affiliate marketer adalah pekerjaan serius. Bukan mainan juga bukan coba-coba. Karena seberapa kuat komitmen anda itu yang akan menuntun anda menuju kesuksesan.
Tapi tak perlu takut terlebih dahulu. Jangan khawatir, saya bocorkan sedikit taktik yang terbukti sukses bagi para internet marketer. Dijamin penjualan affiliate program anda akan meningkat pesat sehingga anda tetap bertahan di tengah semakin kerasnya persaingan dunia affiliate marketing.
Apa saja taktiknya?
1. Gunakan satu situs web untuk setiap produk yang anda pasarkan.
Hindari mengumpulkan semua produk affiliate program anda dalam satu situs web. Mungkin anda benar karena dengan begitu anda bisa menghemat biaya web hosting. Tapi hal ini tidak bagus untuk meningkatkan penjualan. Saya sarankan agar lebih baik anda membuat satu situs web untuk satu produk. Tujuannya supaya lebih fokus dan perhatian pengunjung yang tertarik dengan produk anda tidak terpecah.
Serta dalam setiap situs web yang anda punya, pastikan ulasan produk yang anda tawarkan tersedia dengan baik. Maksudnya, ulasannya gampang dipahami target market anda. Jangan lupa, sertakan pula kesaksian (testimoni) dari pengguna yang sudah pernah mencoba produk tersebut. Dalam testimoni tersebut, pastikan minimal terdapat foto dan nama pemberi kesaksian.
Perhatikan pula halaman situs web anda. Buatlah halaman yang atraktif dan enak dipandang, serta tak terkesan pasaran. Juga pastikan foto diri anda terpajang dilengkapi dengan alamat dan kontak diri.
Anda juga bisa menulis artikel-artikel yang terkait dengan produk yang anda pasarkan. Saat menulisnya, perhatikan baik-baik headline yang anda buat. Buat headline semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca isinya, dan kemudian menghubungi anda.
2. Tawarkan free report terhadap pembaca anda.
Apapun yang gratis selalu mendorong diri untuk mendapatkannya. Dengan memberikan free report tentang produk yang anda pasarkan, ini akan meningkatkan efektivitas promosi anda. Sebab paling tidak anda sudah mendapat email pengunjung yang menjadi prospek penjualan.
Tinggal berikutnya anda bisa tindak lanjuti dengan sistem autoresponder. Saya sarankan anda buat follow up lebih dari tujuh kali. Sebab, menurut penelitian, pembelian sebuah produk terjadi paling tidak setelah tujuh kali follow up.
Perhatikan pula penempatan tawaran free report tersebut. Saya sarankan letakkan di bagian atas situs web anda agar pengunjung bisa langsung melihat ketika pertama kali membuka website anda.
Sangat saya sarankan anda memanfaatkan autoresponder. Karena dengan begitu anda tetap memiliki hubungan dengan pengunjung nada. Dan merekapun menjadi selalu ingat dengan produk yang anda pasarkan.
Namun perlu anda perhatikan, jangan asal-asalan dalam membuat follow up-nya. Buat semenarik mungkin agar mereka berminat dengan produk anda. Fokuslah kepada manfaat produk anda bagi mereka. Misalnya bagaimana produk yang anda pasarkan mampu membuat hidup pemiliknya lebih mudah dan menyenangkan.
Juga yakinkan mereka agar segera memiliki produk yang anda pasarkan. Karena bila tidak, nantinya mereka akan sangat menyesal telah melewatkannya.
Perhatikan pula subject email yang anda kirimkan. Sebisa mungkin hindari memakai kata “gratis (free) dalam subject. Karena biasanya sistem email akan menganggapnya sebagai spam.
Langkah di atas tidak sulit kan? Anda hanya butuh sedikit waktu dan action plan yang jelas setiap harinya. Praktekkan cara di atas untuk beberapa affiliate program yang anda ikuti. Pasti anda akan terus mendapat sumber penghasilan yang dahsyat.
Merencanakan Layout Situs Web
By Joko Susilo | Comments (49) | Trackbacks (7)



Preparations makes perfect. Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil sempurna.
Anda percaya?
Ok. Kita lanjutkan bahasan kita tentang tahapan lanjutan merencanakan situs web affiliate.
Untuk membangun situs web affiliate, anda juga perlu persiapan agar situs web anda siap tampil. Tak bisa anda hindari, membuat situs web perlu persiapan matang dan perencanaan bagus agar dapat memberi hasil maksimal.
Kemarin kita belajar bagaimana perencanaan membuat situs. Mulai dari memiliki ide untuk tema situs, sampai merencanakan bagian-bagian situs dan halaman web. Setelah itu semua, lalu apa yang harus anda lakukan?
Selanjutnya, anda pikirkan tentang layout dan template untuk situs web anda. Setelah semua rencana di atas anda persiapkan, segera bergerak, take action!!! So, situs anda siap launching.
Baiklah… kita omongkan satu persatu. Kita mulai dari layout (tata letak) situs web. Perlu anda ketahui, pada umumnya setiap situs web memiliki empat elemen layout.
1. website header
Website header, seperti namanya ia berada di bagian atas (head=kepala). Bagian ini menentukan pola situs web anda. Anda bisa menaruh nama situs web, logo, dan gambar-gambar yang berkaitan dengan tema situs anda di bagian ini.
Lalu, bagaimana membuat website header yang menarik?
• Buat header proporsional. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Header yang terlalu besar selain tidak serasi, juga akan menghabiskan ruangan untuk content situs web. (Sebagai perbandingan, coba bayangkan kalau orang berkepala sangat besar dengan tubuh yang sangat kecil.)
• Sebaiknya, jangan memuat gambar-gambar yang dapat memberatkan file anda. Agar, pengunjung mudah mengakses situs web anda.
2. skema navigasi
Sebuah desain situs web yang bagus akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Oleh karena itu, jangan membuat menu navigasi yang membingungkan. Adanya flash atau animasi mungkin menarik, tapi bisa jadi akan membingungkan pengunjung.
Anda bisa menata letak navigasi anda pada :
• Bagian Atas (Top Navigation). Ini biasa digunakan untuk menghubungkan halaman-halaman utama situs web. Tapi, jangan menggunakan terlalu banyak link di bagian ini. Agar pengunjung tidak hanya melihat ke atas dan bawah saja, tapi juga samping kanan dan kiri.
• Bagian kanan/kiri (left/right navigation). Gunakan bagian ini untuk menghubungkan halaman yang memuat keterangan rinci atau detil dalam situs web anda.
3. bagian isi situs (main body)
Pada bagian ini anda bisa masukkan isi situs web anda. Usahakan layout di bagian ini mudah dan nyaman untuk dibaca.
• Letakkan isi terpenting dari situs web anda serupa headline dalam surat kabar. Jadi, pengunjung langsung mengetahui bagian inti dari isi tulisan anda.
• Beri ruang yang pas untuk bagian isi. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung membaca halaman situs web.
4. website footer
Bagian footer berarti bagian kaki atau bawah. Anda bisa menaruh link-link dan informasi tentang situs web anda di bagian ini. Biasanya berisi seperti ini;
• Contact Us. Ini bisa membuat pengunjung percaya pada situs web karena mereka bisa menghubungi anda.
• Privacy Policy. Ini bisa meningkatkan kredibilitas anda.
• About Us. Ini bersifat pilihan. Bisa anda cantumkan bisa tidak.
• Sitemap. Bagian ini penting jika situs web anda berhalaman banyak
Seperti itulah bagian-bagian situs web. Dan supaya lebih mudah, anda bisa pakai template. Ini akan banyak menghemat waktu anda. Serta membuat bagian-bagian situs web anda tetap konsisten dari satu halaman ke halaman lain.
Namun, apapun yang anda pilih, anda harus tetap melakukan perencanaan. Ini penting untuk memetakan persoalan atau tantangan yang mungkin dihadapi. Sehingga dengan begitu, setelah launching, situs web anda bisa berkembang dengan cepat tanpa kendala berarti.
3 Tips Ampuh Membuat Situs Web Menjadi Mesin Penghasil Uang
By Joko Susilo | Comments (228) | Trackbacks (7)



Jika modal seorang pedagang adalah uang, maka modal anda sebagai pebisnis internet adalah situs web. Ya, situs web. Karena itu kesuksesan bisnis anda ditentukan dari bagaimana anda mengelola web. Jangan berharap dengan membuat situs web saja anda bisa langsung kaya, bila tak dikelola dengan benar.
Nah, disinilah diperlukan strategi yang jitu. Upayakan agar situs web anda dikenal banyak orang. Katakan, bahwa situs web anda ada. Nah, bagaimana caranya? Anda bisa meniru langkah saya ini.
1. Buat situs web anda menarik
Entah anda percaya entah tidak. Langkah pertama menghadapi persaingan bisnis internet marketing adalah memoles situs web anda. Langkah ini tampak sepele, tapi penting.
Buat situs web anda sebaik mungkin untuk menarik pelanggan. Dalam mengelolanya, anda harus memperhatikan tampilannya, desain, dan kontennya. Saya yakin dengan cara itu pengunjung akan lebih tertarik, bukan sekedar datang.
Jika anda merasa tampilan situs web anda kurang menarik, ubah desainnya. Tapi hati-hati, jangan sampai salah langkah. Jangan membuat situs web anda justru porak poranda. Perhatikan dengan cermat warna, background, gambar, dan ilustrasinya. Usahakan semua itu mendukung isi dan enak dilihat.
2. Akrabkan dengan search engine
Agar situs web anda semakin besar anda harus meningkatkan kualitas layanan dan produk anda. Manjakan para pengunjung dengan banyak manfaat. Beri mereka produk dan layanan yang baik. Saya yakin, pengunjung akan berbondong-bondong. Tapi, jika hal itu anda rasa belum cukup ada cara lain menggiring pengunjung.
Nah, cara lainnya adalah mengakrabkan situs web anda dengan search engine. Upayakan, tiap kali pengunjung menggunakan mesin pencari, situs web anda terdaftar. Caranya, pakai kata kunci yang sering dipakai pengunjung. Integrasikan kata kunci dalam judul situs web, meta description, dan posting.
3. Sebarkan link
Cara lain yang dapat anda tempuh adalah dengan menyebarkan link. Anda dapat memulainya dengan membangun jaringan dengan situs bisnis lain. Manfaatkanlah bookmark agar situs-situs web lain mengenal bisnis anda. Dengan begitu jejak situs anda akan tersebar dimana-mana. Cara lain yang bisa anda lakukan, anda melakukan comment saat berkunjung ke blog orang lain. Lakukan hal itu secara rutin.
6 Langkah Menyusun Perencanaan Bisnis Internet: Panduan Mudah Buat Si Newbie
By Joko Susilo | Comments (180) | Trackbacks (4)



Memulai bisnis internet tak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Asal tahu caranya, justru Anda akan menikmatinya dan tak pernah menyangka kalau begitu mudah mengawali bisnis internet. Apalagi setelah berjalan dan hasilnya bisnis internet anda mulai menghasilkan uang, hemm… pasti anda tak akan mau bekerja offline lagi.
So, bagaimana? Saran saya, mulailah dari A sebelum sampai ke Z. Ikutilah langkah-langkah mudah berikut ini secara berurutan untuk mulai membangun bisnis internet Anda.
1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Anggaran Dana.
Apa tujuan anda berbisnis internet? “Ya jelas menghasilkan uang!” pasti anda jawab begitu. Maksud saya, apa tujuan bisnis internet anda untuk mendapatkan konsumen baru atau untuk menyediakan layanan dan sebagai sarana komunikasi dengan para konsumen yang sudah ada? Atau mungkin tujuannnya untuk mengedukasi pasar target market anda? Atau malah barangkali untuk membuat komunitas online? Nah dalam tahap awal ini tentukan juga dana yang akan anda investasikan. Memiliki tujuan dan anggaran investasi yang jelas akan membuat langkah anda lebih efektif.
2. Tentukan Target Market
Bisnis modern mengenal yang namanya segmentasi atau target pasar yang dituju. Nah, tentukan secara jelas siapa saja target market anda. Apakah semua orang pria dan wanita? Berapa umur mereka? Bagaiaman kondisi social-ekonomi mereka? Berapa penghasilan mereka? Apa kata kunci yang biasa mereka gunakan di search engine?
Apa perlu sedetil itu? Ya, lebih detil lebih baik! Semakin anda paham target market anda, makin mudah bagi anda untuk meluncurkan jurus-jurus marketing anda.
3. Kenali Iklim Persaingannya
Ketahui dan pahami bagaimana pasar bisnis internet yang anda bidik. Seberapa banyak pemain di sana? Bagaimana produk mereka? Pasar mana yang belum tergarap maksimal? Dari sana anda bisa menentukan dimana posisi terbaik anda untuk sukses di pasar tersebut. Cara untuk mengetahui para pesaing Anda, coba cek di Alexa.
4. Perhatikan Strategi Marketing Anda
Para pebisnis internet sukses biasanya yang memiliki strategi marketing yang andal. Maksudnya, mereka memiliki strategi pemasaran yang bisa membuat pesan produk atau layanan mereka bisa sampai kepada target market seperti yang anda diinginkan.
5. Mengatasi Masalah
Alasan utama kenapa orang membeli atau menggunakan layanan anda adalah untuk memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Ingat baik-baik hal ini! Dan tanyakan pada diri anda apakah produk anda mampu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara produk anda melakukannya? Dan apakah solusi yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding para pesaing anda?
6. Mem-branding Bisnis Internet Anda
Cara mudah pertama membranding bisnis anda adalah dari nama domain. Inilah yang pertama kali membedakan bisnis internet anda dengan yang lainnya. Dalam pemilihan domain, saran saya pilihlah yang berakhiran “.com”. Sebab, dunia internet identik dengan dunia dot com.
Dalam pemilihan nama domain, ada tiga kecenderungan yang saya lihat. Yang pertama, biasanya menggunakan nama pemilik bisnisnya, seperti yang juga saya lakukan untuk blog ini. Kedua, menggunakan nama bisnis. Seperti yang juga saya lakukan di www.FormulaBisnis.com. Dan ketiga, menggunakan keyword yang paling sering digunakan pengakses internet.
Proses branding bisnis internet anda bukan hanya dalam soal nama domain. Tapi terutama dalam keseluruhan proses bisnis internet anda. Mulai dari tampilan (template atau desain situs web, font, warna), konten (copywriting, artikel, podcast, video), serta pelayanan.
Nah, bagaimana? Tidak sulit kan? Dengan menerapkan keenam langkah ini, saya yakin tidak ada lagi kata sulit untuk mulai berbisnis internet dan menghasilkan uang yang melimpah.
Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2009, Apa dan Bagaimana? (Bagian 1)
By Joko Susilo | Comments (328) | Trackbacks (4)


Menjelang tutup tahun seperti sekarang, biasanya anda akan disibukkan dengan banyak pekerjaan. Selain menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar atau berupaya mengejar target yang belum tercapai, juga mulai mempersiapkan diri di tahun yang baru nanti. Segalanya dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Agar target tahun depan bisa berhasil dicapai dengan baik.
Nah, agar perencanaan anda bisa lebih tepat arah, saya ingin berbagi dengan anda mengenai tren dan prediksi bisnis internet 2009. Tulisan ini saya bagi dalam dua tulisan.
Tren bisnis internet mendatang masih akan menjadikan model affiliate program sebagai primadona. Tak heran, karena affiliate program telah teruji dan terbukti mampu mendatangkan uang dalam waktu (relatif) lebih cepat. Dibanding dengan sumber penghasilan dari internet lainya, affiliate program masih yang paling menjanjikan.
Makin maraknya penggunaan model affiliate program dalam bisnis internet juga didorong jumlah pengakses internet yang makin besar. Tumbuhnya pengakses internet baru terutama dari kaum muda, yang rentang usianya dari 15-30 tahun. Kemampuan merebut pangsa besar itu sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Kesuksesan affiliate program yang berkembang pesat di internet pun akan menginspirasi untuk diterapkan secara offline.
Selain ramainya penggunaan model affiliate program, bisnis internet berbasis produk informasi juga jadi pilihan utama. Penjualan produk informasi lewat internet bakal makin fantastis. Ditambah dengan isi produk yang makin meluas dan variatif.
Tumbuhnya penggunaan produk informasi untuk berbisnis internet sangat wajar. Sebab ada permintaan yang sangat besar. Rata-rata orang ketika mengakses internet bermaksud mencari solusi atas problem yang dihadapinya. Lewat produk informasi, pebisnis internet berusaha membantu calon konsumen agar bisa memecahkan persoalannya. Bagi pebisnis internet sendiri, menjual produk informasi jauh lebih mudah dan murah. Serta menjanjikan income yang besar dan berkesinambungan.
Tren ini bagi reseller pun menjadi berkah. Sebab akan makin banyak pilihan produk informasi yang bisa dijual. Dan menyimak apa yang dikatakan Mas Umar Pujakusuma, ada betulnya kalau reseller malah bisa lebih sukses ketimbang pemilik produk.
Meski pemain di bisnis internet bermodel affiliate program dan menjual produk informasi terus bertambah, tapi dibanding pangsa pasar yang ada sebetulnya masih belum ada apa-apanya. Dari jumlah jutaan pengakses internet di Indonesia, saya yakin konsumen dari seluruh produk informasi yang ada paling masih dalam angka ratusan ribu orang. Untuk data dan statistik umum pengguna internet, Mas Zams telah menuliskannya.
So, segera bergegas dan mulai bisnis internet adalah pilihan terbaik bagi anda.
Tren di atas juga menuntut merchant untuk terus berbenah diri. Selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar para affiliatenya lebih mudah menjual dan terus menghasilkan keuntungan. Pebisnis internet pun dituntut makin kreatif untuk melihat peluang pasar baru. Lewat peluncuran produk baru yang lebih spesifik dan memenuhi keinginan pasar.


Inilah 10 Alasan Utama Orang Membeli Produk Anda
By Joko Susilo | Comments (308) | Trackbacks (1)



Sering saya terima email yang meminta saran mengenai produk yang tengah disiapkan. Dan saya pikir ide-ide yang disampaikan sungguh luar biasa. Banyak lontaran ide segar pembuatan produk yang bahkan tak pernah terbayang sebelumnya. Dengan ide-ide cemerlang itu saya yakin bisnis internet di Indonesia bakal makin semarak.
Masih terkait dengan posting sebelumnya, kali ini saya jelaskan alasan atau motivasi utama orang membeli produk anda. Motif-motif inilah yang sebetulnya membuat produk anda dibeli orang.
Apa sajakah?
1. Ketakutan. Orang terdorong membeli karena takut. Ketakutan merupakan pendorong orang membeli yang sangat kuat. Contoh, karena takut jelek, perempuan rajin membeli make up dan rutin ke salon. Karena takut sakit, orang jadi rajin berolahraga dan membeli multivitamin. Ketakutan apa lagi lainnya? Orang takut gagal, takut kalau tua hidup sengsara, dan banyak lagi ketakutan lainnya.
2. Pengakuan. Orang membeli karena ingin dihargai dan diakui. Mereka ingin diterima sebagai bagian dari sebuah kelompok. Pada tingkatan yang lebih tinggi, orang ingin terkenal. Untuk mendapat pengakuan itu, mereka rela berkorban apapun.
3. Cinta. Cinta juga pendorong pembelian yang sangat kuat. Orangtua rela mengorbankan apa saja demi anak-anak yang dicintainya. Asuransi jadi laris manis karena motif cinta ini.
4. Menang. Tak ada yang suka disebut pecundang. Semua orang ingin menjadi pemenang. Semua orang ingin jadi yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, mereka menggunakan atau membeli alat terbaik. Agar pintar, mereka belajar di sekolah unggulan. Agar menang balapan, mereka pakai kendaraan terbaik, oli terbaik, teknisi terbaik, ban terbaik, dan semua yang terbaik.
5. Mengembangkan diri. Orang selalu ingin lebih baik. Mereka bergabung dengan fitness centre agar tubuhnya jadi kotak-kotak. Mereka ikut seminar untuk belajar hal yang membantu mengembangkan dirinya.
6. Nyaman. Orang selalu ingin kenyamanan. Kursi yang nyaman, kasur yang empuk, sepatu yang enak dipakai, mobil yang enak dinaiki, dan lainnya. Tak ada orang yang mau susah.
7. Kebutuhan hidup. Orang hidup butuh makan, minum, tempat tinggal, kendaraan, listrik, telepon, pulsa, dan banyak lagi. Bagi pebisnis internet, komputer dan internet juga kebutuhan. “Barang yang membuat kita tak bisa ACTION tanpanya” menjadi alasan utama untuk membeli.
8. Hasrat berbeda. Orang ingin tak sama dengan yang lainnya. Orang ingin tampil beda. Baju yang dipakai kalau bisa hanya satu-satunya di dunia. Handphone yang dipakai merupakan produk terbaru yang belum dimiliki tetangga. Hasrat ingin berbeda ini pendorong kuat untuk membeli.
9. Hasrat berhubungan. Orang selalu berhasrat menjalin hubungan. Baik hubungan keluarga, teman, relasi, pacar, rekan kerja, dan hubungan-hubungan lainnya. Maka tak perlu heran kalau situs web pertemanan termasuk yang paling ramai di internet. Karena tak ada orang yang mau hidup sendiri di dunia.
10. Kekuasaan. Orang ingin berkuasa. Orang ingin menjadi penguasa. Karena kekuasaan orang rela melakukan apapun bahkan meski kadang tak masuk nalar. Kekuasaan adalah salah satu motif terkuat tindakan manusia.
Kalau produk atau jasa anda mampu mengeksplorasi motif-motif itu, dan anda mampu mengkomunikasikannya secara tepat, niscaya produk anda akan diserbu pelanggan. Semakin banyak motif-motif tersebut masuk dalam unsur produk/jasa anda, dan anda mampu mempromosikan dengan benar, dijamin produk anda akan meledak di pasaran.

Inilah 10 Alasan Utama Orang Membeli Produk Anda
By Joko Susilo | Comments (308) | Trackbacks (1)




Sering saya terima email yang meminta saran mengenai produk yang tengah disiapkan. Dan saya pikir ide-ide yang disampaikan sungguh luar biasa. Banyak lontaran ide segar pembuatan produk yang bahkan tak pernah terbayang sebelumnya. Dengan ide-ide cemerlang itu saya yakin bisnis internet di Indonesia bakal makin semarak.
Masih terkait dengan posting sebelumnya, kali ini saya jelaskan alasan atau motivasi utama orang membeli produk anda. Motif-motif inilah yang sebetulnya membuat produk anda dibeli orang.
Apa sajakah?
1. Ketakutan. Orang terdorong membeli karena takut. Ketakutan merupakan pendorong orang membeli yang sangat kuat. Contoh, karena takut jelek, perempuan rajin membeli make up dan rutin ke salon. Karena takut sakit, orang jadi rajin berolahraga dan membeli multivitamin. Ketakutan apa lagi lainnya? Orang takut gagal, takut kalau tua hidup sengsara, dan banyak lagi ketakutan lainnya.
2. Pengakuan. Orang membeli karena ingin dihargai dan diakui. Mereka ingin diterima sebagai bagian dari sebuah kelompok. Pada tingkatan yang lebih tinggi, orang ingin terkenal. Untuk mendapat pengakuan itu, mereka rela berkorban apapun.
3. Cinta. Cinta juga pendorong pembelian yang sangat kuat. Orangtua rela mengorbankan apa saja demi anak-anak yang dicintainya. Asuransi jadi laris manis karena motif cinta ini.
4. Menang. Tak ada yang suka disebut pecundang. Semua orang ingin menjadi pemenang. Semua orang ingin jadi yang terbaik. Agar menjadi yang terbaik, mereka menggunakan atau membeli alat terbaik. Agar pintar, mereka belajar di sekolah unggulan. Agar menang balapan, mereka pakai kendaraan terbaik, oli terbaik, teknisi terbaik, ban terbaik, dan semua yang terbaik.
5. Mengembangkan diri. Orang selalu ingin lebih baik. Mereka bergabung dengan fitness centre agar tubuhnya jadi kotak-kotak. Mereka ikut seminar untuk belajar hal yang membantu mengembangkan dirinya.
6. Nyaman. Orang selalu ingin kenyamanan. Kursi yang nyaman, kasur yang empuk, sepatu yang enak dipakai, mobil yang enak dinaiki, dan lainnya. Tak ada orang yang mau susah.
7. Kebutuhan hidup. Orang hidup butuh makan, minum, tempat tinggal, kendaraan, listrik, telepon, pulsa, dan banyak lagi. Bagi pebisnis internet, komputer dan internet juga kebutuhan. “Barang yang membuat kita tak bisa ACTION tanpanya” menjadi alasan utama untuk membeli.
8. Hasrat berbeda. Orang ingin tak sama dengan yang lainnya. Orang ingin tampil beda. Baju yang dipakai kalau bisa hanya satu-satunya di dunia. Handphone yang dipakai merupakan produk terbaru yang belum dimiliki tetangga. Hasrat ingin berbeda ini pendorong kuat untuk membeli.
9. Hasrat berhubungan. Orang selalu berhasrat menjalin hubungan. Baik hubungan keluarga, teman, relasi, pacar, rekan kerja, dan hubungan-hubungan lainnya. Maka tak perlu heran kalau situs web pertemanan termasuk yang paling ramai di internet. Karena tak ada orang yang mau hidup sendiri di dunia.
10. Kekuasaan. Orang ingin berkuasa. Orang ingin menjadi penguasa. Karena kekuasaan orang rela melakukan apapun bahkan meski kadang tak masuk nalar. Kekuasaan adalah salah satu motif terkuat tindakan manusia.
Kalau produk atau jasa anda mampu mengeksplorasi motif-motif itu, dan anda mampu mengkomunikasikannya secara tepat, niscaya produk anda akan diserbu pelanggan. Semakin banyak motif-motif tersebut masuk dalam unsur produk/jasa anda, dan anda mampu mempromosikan dengan benar, dijamin produk anda akan meledak di pasaran.

Inilah 10 Alasan Kenapa Pengunjung Enggan Membeli Produk Anda
By Joko Susilo | Comments (222) | Trackbacks (1)



Ketika anda sudah mempunyai produk, ketika anda sudah berpromosi habis-habisan, ketika anda sudah menyebar produk gratisan, kenapa justru produk anda belum laku juga? Apa kira-kira sebabnya?
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi pengunjung untuk tidak membeli produk anda. Kadang meski mereka sangat membutuhkan produk kita sekalipun, masih banyak yang enggan membeli. Kira-kira apa yang salah ya? Tentu salahnya ada di diri kita sendiri. Ingat, pembeli itu raja, pembeli tidak pernah salah. Well, jika sekarang anda belum puas dengan penjualan produk anda, kira-kira apa yang salah dengan produk anda?
Di bawah ini saya punya 10 kesalahan yang mungkin saja anda perbuat dengan situs web dan produk anda. Dan kesalahan ini menjadi alasan kenapa pengunjung enggan membeli produk anda.
1. Dianggap tidak aman. Anda tidak membuat pengunjung merasa aman memesan produk anda. Membeli via internet masih dipandang tidak nyata. Masih banyak yang curiga dengan faktor keamanannya. “Ah! Jangan-jangan penipuan. Setelah saya setor uang, dari mana saya tahu produk itu dikirim kepada saya? Nanti kalau email saya cantumkan, jangan-jangan saya kebanjiran spam.” Cara mengatasinya, cantumkan identitas anda secara jelas. Sehingga mereka tidak lagi ragu. Katakan juga pada mereka bahwa alamat email serta informasi data diri mereka terjaga kerahasiaannya.

2. Sasaran pengunjung tidak jelas. Anda tidak memiliki pengunjung tertarget yang sebetulnya mau membeli produk anda. Salah satu cara mendapat pengunjung tertarget adalah dengan membuat survey. Survey ini bisa untuk mendeteksi pelanggan seperti apa yang suka dengan produk anda. Kalau anda sudah tahu gambaran pelanggan anda, anda bisa memperbaiki iklan dan strategi marketing anda.

3. Tidak mengingatkan untuk berkunjung kembali. Anda tidak mengingatkan pengunjung agar kembali mengunjungi situs web anda di lain waktu. Jarang ada orang yang beli pada kunjungan pertama. Orang umumnya membeli atas dasar kebutuhan bukan keinginan. Jika pada saat pertama kali mengunjungi situs web anda mereka belum membutuhkan produk anda, maka sangat mungkin lain kali mereka membutuhkan produk anda itu. Nah, ini pentingnya mengingatkan mereka agar kembali lagi pada anda. Nah, cara paling efektif untuk membuat pengunjung selalu kembali dan kembali pada anda adalah dengan menarik minat pengunjung agar mau sign up untuk menerima news letter anda secara rutin.

4. Tidak terbuka. Anda tidak memberitahukan siapapun bahwa anda punya bisnis yang baik. Padahal, kita lebih merasa nyaman kalau membeli sesuatu dari orang yang kita kenal. Benar begitu? Ini juga harus anda terapkan untuk bisnis anda. Tak kenal maka tak sayang. Jika anda tidak mempublikasikan siapa diri anda, bagaimana orang mau membeli produk anda? Untuk mensiasati masalah ini anda bisa menambahkan bagian “About Us” di situs web anda. Di bagian ini anda bisa memasukkan sejarah bisnis anda, profil anda, dan juga kontak informasi anda. Buatlah pengunjung kenal dengan anda, baru rayu mereka untuk membeli.

5. Situs web asal-asalan. Anda tidak membuat situs web yang tampak professional. Situs web yang tidak profesional misal bisa dilihat dari nama domain. Kalau anda menggunakan nama domain gratisan, sudah bisa dipastikan anda tidak serius dengan bisnis anda. Ya, bisnis anda akan dicap murahan, tidak bergengsi. Selain itu, situs web yang tidak profesional, menggunakan navigasi yang rumit dan cukup ruwet sampai membuat pengunjung bingung. Gambarnya terlalu heboh, dan tidak berhubungan dengan tema situs web anda. Maka, hati-hati dengan tampilan situs web anda. Buat saja yang sederhana tapi nyaman di mata.

6. Anda diam saja kalau punya barang gratisan. Tunjukkan bahwa anda punya produk gratisan dan jelaskan itu di bagian bawah iklan anda. Pastikan kata-kata gratisan terlihat jelas di mata pengunjung. Maksudnya, biar pengunjung segera mengunjungi situs web anda. Karena produk gratisan masih jadi daya tarik yang baik untuk menarik minat pengunjung. Siapa coba yang tak mau memperoleh barang secara cuma-cuma?

7. Tidak ada pilihan pemesanan dan pembayaran. Anda tidak memberikan banyak pilihan pemesanan dan pembayaran pada pengunjung. Sebisa mungkin mudahkan pengunjung dalam proses pemesanan. Buatlah sebanyak mungkin pilihan cara memesan dan pembayaran. Misal, terima pembayaran melalui kartu kredit, cek, transfer bank, maupun tunai. Selain itu, terimalah pesanan tidak hanya melalui email, tapi juga lewat telepon, SMS, dan instant messenger.

8. Anda tidak membuat iklan yang menarik. Iklan punya daya magis yang kuat untuk menarik pengunjung. Sayang sekali jika headline yang anda buat tidak mampu menarik minat pengunjung anda. Maka, anda harus memanfaatkan kesempatan beriklan sebaik mungkin. Kalau perlu tambahkan testimoni dan garansi di semua iklan yang anda buat. Agar, pengunjung semakin yakin pada anda.

9. Tidak memperbaiki copywriting. Anda tidak menguji coba dan memperbaiki copywriting iklan anda. Banyak pemasang iklan yang tidak menyadari kalau iklan produk yang mereka pasang perlu penyegaran. Terlalu lama memasang iklan yang sama bisa membuat pengunjung jenuh. Coba kalau anda perhatikan iklan di televisi. Untuk satu versi produk saja, kita bisa lihat berbagai variasi iklannya. Dan, dalam jangka periode tertentu pun sudah diganti lagi dengan bintang iklan yang berbeda. Tapi, ini terbukti efektif untuk mempengaruhi pemirsanya. Orang zaman sekarang cenderung cepat bosan, maka kita harus antisipasi dan sering menguji coba iklan yang berbeda-beda. Setiap iklan memiliki tingkat konversi yang berbeda-beda. Maka anda tidak boleh berhenti pada satu iklan saja. Sering-sering memasang iklan dan lihat iklan mana yang paling mendatangkan pembeli.

10. Tidak ada permintaan untuk membeli. Anda tidak mendesak pembeli agar segera membeli sekarang juga! Sering orang tertarik membeli sebuah produk tapi mereka urung membeli. Bisa saja karena lupa, atau karena belum merasa butuh. Nah, untuk membuat pengunjung segera membeli produk anda sekarang juga, yakinkan mereka kalau produk anda hanya akan ada di waktu yang terbatas. Misal, ”jika Anda beli sekarang, anda akan mendapatkan bonus 10 ebook dan diskon 50%.” Atau, produk istimewa ini hanya tersedia sampai tanggal 30 bulan ini, jangan sampai ketinggalan!”
Kapan Konsumen Memutuskan Membeli Produk Anda?
By Joko Susilo | Comments (231) | Trackbacks (4)



Apakah anda tahu kapan konsumen memutuskan membeli produk anda? Saya sendiri tidak. Yang saya bisa cuma memperkirakan saja. Bisa jadi yang saya duga membeli, ternyata tidak. Sebaliknya, yang tidak ternyata membeli.
Yang bisa saya upayakan hanya berusaha memberi pelayanan terbaik, menjaga hubungan dengan mereka, dan mengupayakan segala faktor yang mendukung terjadinya penjualan berjalan lancar. Selebihnya keputusan final tetap ada di tangan konsumen.
Nah, soal perilaku konsumen ini, para pakar marketing sering berkata begini: konsumen membeli saat mereka siap membeli dan bukan ketika anda siap menjual. Apa maksudnya?

Maksudnya, tak peduli seberapa baik produk atau layanan anda, calon konsumen tetap tak akan membeli selama mereka belum siap membeli. Sekalipun mungkin mereka selama ini telah menjadi konsumen anda, kalau mereka belum siap membeli lagi, penjualan tak akan terjadi.

Penyebab ketidaksiapannya bisa bermacam-macam. Mungkin mereka sedang kesulitan keuangan. Atau bisa saja harus memprioritaskan membeli susu buat anak mereka dan membayar uang sekolah. Barangkali juga cicilan kredit sedang jatuh tempo, dan banyak lagi penyebab yang menurut mereka penting dan perlu didahulukan.

Dalam kondisi semacam ini, sebaik apapun produk anda, menjadi kurang berarti. Karena tak didukung kemampuan daya beli konsumen. Tapi bukan berarti mereka tak jadi membeli. Mereka hanya menunda saja karena ada kebutuhan lain yang menurutnya lebih mendesak. Tugas kita sebagai pebisnis internet adalah menjaga hubungan sampai masa penundaaan itu berakhir. Sampai ketika mereka mengatakan “Ya saya siap membeli produk anda”, anda selalu siap menyambutnya dengan tangan terbuka.

Contohnya, seperti yang terjadi dengan Mr Mung yang tak langsung bergabung dengan FormulaBisnis. Tapi butuh sekian waktu sampai sampai akhirnya Mr Mung take action. Kisahnya bisa dibaca langsung di sini.

Memang perilaku konsumen kadang sulit ditebak. Bisa saja mereka langsung membeli produk anda pada detik ini juga. Tapi bisa juga tidak. Jika mereka siap, baru mereka membeli. Artinya kita tak tahu kapan konsumen memutuskan membeli. Bisa saja yang kita kira akan membeli, ternyata mendadak ada kondisi darurat yang membuatnya menunda membeli.

Kalau itu yang terjadi, bukan lalu kita meninggalkannya. Tapi sebaliknya kita harus tetap jaga hubungan dengannya.

Maka penting untuk selalu mem-follow up para prospek dan menjaga hubungan dengan para konsumen anda secara rutin. Ya, menjaga hubungan secara kontinu adalah tantangan sekaligus kunci sukses bisnis anda.

Maka, meski FormulaBisnis dihujani ribuan email tiap harinya, belum termasuk SMS dan
telepon, kami tetap berusaha melayaninya sebaik mungkin. Menjaga kontak dengan mereka dan menjaga mereka agar tetap dekat dengan kita. Termasuk rutin mengirim artikel terbaru lewat email. Berkunjung ke blog anda dan memberikan dukungan.
Karena kita tak pernah tahu kapan calon konsumen mengatakan “ya saya gabung dengan anda” dan anda harus selalu siap saat waktu itu tiba, maka anda harus selalu ada di “samping” mereka.

Tentu, selain bertanggung-jawab memelihara hubungan baik, kita pun harus belajar mengoptimalkan cara kita berhubungan dengan mereka. Supaya penjualan lebih cepat terjadi, konsumen yang bergabung lebih banyak, dan bisnis internet anda meningkat pesat.
Loading...

free counter