GuidePedia

0


PROFIL PESANTRENBISNIS.COM 

(ENTREPRENEUR ACADEMY - PESANTREN WIRAUSAHA MANDIRI
ISTANA MULIA
pesantren unggulan informasi teknologi 
Jl Raya Karangbolong Bantarwaru, Cinangka Anyer Carita Kab Serang Banten 
Info 0812 8402 7951 - 08821003.2954 - 081290220052 pin BB : 7E63CC29 dan 74E368BB - 0217362540 - 0217361379 081296935333 XL 087884013344 - 088211521854 smpitistanamulia@gmail.com atau smkistanamulia@gmail.com 


Pendahuluan

1. Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) Istana Mulia adalah Sekolah Bisnis (school of business) yang memadukan Kurikulum Depag Republik Indonesia, Kurikulum DIKNAS (SMP dan SMK) dan Kurikulum Pesantern Unggulan Nasional dan Internasional.

2. Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) memiliki Kurikulum dengan Pedoman, Panduan, Program, dan Kegiatan pendidikan yang berbasis Kepada 4 Sifat / Karakter Unggulan Rasulullah yaitu Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tablig

3. Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) memiliki program bekerja yang didasari oleh Pemahaman dan Implementasi dari Al-Qur’an dan pengunaan media Informasi Teknologi terkini dalam mewujudkan cita cita luhur pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

4. Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) mencoba dan berusaha Mengimplementasikan amanah Undang-undang dasar RI, Arahan Presiden Republik Indonesia, Menteri Agama dan Menteri pendidikan Republik Indonesia tentang wajibnya melakasanakan System Pendidikan Indonesia yang Unggul berbasis Karakter Mulia.

5. Pesantren Bisnis (Entrepreneurs Academy) meyakini bahwa semua anak adalah bintang, yang memiliki potensi istimewa yang berbeda-beda, maka Pesantren Bisnis adalah pesantren yang BEBAS, yakni bebas berekspresi, bebas menyalurkan bakat, bebas bisnis online, dan bebas biaya bagi yatim dan dhuafa karena berbasis dana ta’awun dan takaful bersama.


Apa Visi Dan Misi PesantrenBisnis.com Istana Mulia ?

1)      Visi : Menjadi Pesantren (sekolah) Kepemimpinan dan Pesantren (sekolah) Bisnis Terunggul dan Terpercaya  Dalam dan Luar Negeri
  
2)     Misi
a.       Menciptakan suasana dan  lingkungan belajar yang Islami, nyaman, asri,  dan alami.
b.      Menerapkan model pembelajaran bersumber nilai-nilai Qur’ani dan 4 Sifat Rasulullah.
c.       Menyebarluaskan Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM) kepada seluruh masyarakat dunia.
d.      Mengoptimalkan pemanfaatan sarana Informasi dan Teknologi (IT) terkini.
e.       Menumbuhkan  dan mengembangkan jiwakepemimpinan (leadership) dan wirausaha (entrepreneurship).
f.        Mencetak calon pemimpin  muda dan pebisnis yang berjiwa dan berkarakter pengusaha kaya dan dermawan.

 Apa Maksud didirikannya PesantrenBisnis.com (Entrepreneur Academy) Istana Mulia?
  • ·         Sebagai wujud partisipasi aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum 
  • ·         Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap kualitas dan kemajuan penyelenggaraan pendidikan nasional.
  • ·         Sebagai sumbangsih ide, gagasan dan pemikiran, khususnya untuk para pengambil kebijakan di bidang pendidikan dan kepada seluruh lapisan masyarakat yang peduli terhadap keberhasilan pendidikan karakter
  • ·         Agar terlahir Sekolah Kepemimpinan dan Sekolah Bisnis Terunggul dan Terpercaya Dalam dan Luar Negeri disetiap wilayah Republik Indonesia
 

Apa Tujuan Hadirnya PesantrenBisnis.Com (Entrepreneur Academy) Istana Mulia?
  • Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang Religious (mutadayyin), Jujur, Berani, Bersih dan Empatik.
  • Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang Mencintai Allah, Cinta Rasulullah, Cinta Sesamanya serta mencintai alam semesta.
  • Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang Memiliki Kemampuan Leadership (Kepemimpinan), Entrepreneurship (Wirausaha/Bisnis), Managerial (Manager) dan Administratif (Administrator).
  • Terbentuknya para Orator, Narator, Negoisator, Mediator, dan Motivator yang handal
  • Terbentuknya Insan Mulia Sejahtera yang heroik, cerdas, bijaksana, visioner, berfikir jernih, optimistis dan berjiwa seni.

Apa Peran PesantrenBisnis.com Istana Mulia ?
  • ·         Pusat Keunggulan (Center Of Excellence).
  • ·         Sumber Daya Manusia (Human Resource).
  • ·         Agen Pembangunan (Agent Of Development).
  • ·         Perubahan Sosial (Social Change).




Apa Strategi Pencapaian Target Lulusan PesantrenBisnis.com Istana Mulia ?
  1. 1.      Kurikulum Depag dan Mendikbud
  2. 2.      Kurikulum Pesantren Unggulan
  3. 3.      Menyiapkan Taman Wisata Pendidikan yang nyaman
  4. 4.      Sarana Parasarana EduTimeZone yang lengkap
  5. 5.      Sarana Organisasi Siswa
  6. 6.      Lomba Skala Nasional
  7. 7.      Kegiatan Kemasyarakatan
  8. 8.      Program Khusus/Unggulan

 Apa Keunggulan PesantrenBisnis.Com (Entrepreneur Academy) Istana Mulia ?
1.      Unggul Dalam Kurikulum 
2.      Unggul Dalam Pendekatan
3.      Unggul Dalam Keseimbangan
4.      Unggul Dalam Keterpaduan 
5.      Unggul Dalam Variasi Kegiatan 
6.      Unggul Dalam Kewirausahaan
7.      Unggul Dalam Standarisasi Kelulusan 


Apa Tujuan Kurikulum Pendidikan Istana Mulia ?

1) Untuk menjaga dan menerapkan asholah (kemurnian) sistim pendidikan Islami
2) Untuk membingkai sistim pendidikan di PesantrnBisnis.com Istana Mulia
3) Untuk memperkuat konsep sistim pendidikan berkarakter (Akhlakul kariimah)
4) Untuk mendorong reformasi sistim pendidikan nasional secara utuh dan totalitas

Apa  Asas dari Kurikulum Pendidikan Istana Mulia ?
1)      Keislaman;
2)      Kebangsaan;
3)      Keridhoan
4)      Kemudahan;
5)      Kenyamanan
6)      Kemanfaatan
7)      Kemajuan
8)      Kebersamaan
9)      Keseimbangan dan
10)  Keuntungan Dunia Akhirat



Apa Keunggulan Kurikulum Pendidikan Istana Mulia?
·         Kurikulum Pendidikan yang memakai pendekatan Qur’ani,  yang telah paten dan teruji dalam membangun peradaban madani,  yang akan membantu perkembangan setiap potensi,  inovasi,  dan kreatifitas para santri dalam membangun kesuksesan dunia akhiratnya.
·         Kurikulum Pendidikan  yang berbasis 4 Sifat atau Karakter Unggulan Rasulullah SAW sebagai landasan dan spirit utama dalam membentuk karakter mulia peserta didik
·         Kurikulum Pendidikan  yang memanfaatkan media Informasi Teknologi (IT) terkini sebagai alat bantu  dalam mengefektifkan proses belajar mengajar.
·         Kurikulum Pendidikan yang berbasis pada bakat dan minat anak. Istana Mulia meyakini bahwa semua anak adalah bintang, yang memiliki potensi istimewa yang berbeda-beda, maka Pesantren Bisnis adalah pesantren yang bebas, yakni bebas berekspresi, bebas menyalurkan bakat, bebas berinovasi dan berkreasi.
·         Kurikulum Pendidikan mengarah pada metode pembelajaran bertaraf internasional,  infrastruktur pendidikan canggih,  serta atmosfer belajar nyaman dan Islami ditengah keharmonisan multi budaya siswanya yang datang dari berbagai daerah Indonesia. 
 ·         Kurikulum Pendidikan  yang menjadikan Alam Semesta sebagai sarana belajarnya. Kurikulum Pendidikan  yang menjalankan dan mengoptimalkan fungsi Alam Semesta sebagai ruang belajar, Alam sebagai media dan bahan ajar dan Alam sebagai objek pembelajaran yang paling unik dan menarik. Belajar dari semua makhluk yang telah Allah ciptakan dengan segala keunikan dan kelebihanya. Anak dibebaskan menjadi diri mereka, dan mengembangkan potensi diri untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan dan siap menjadi pemimpin dan pebisnis sesuai hakikat menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi (khalifatu fil ardh).
·         Kurikulum Pendidikan  yang  Berbasis ada Keunikan dan Potensi Siswa. Istana Mulia sangat meyakini dan akan berusaha membuktikan bahwa semua anak adalah BINTANG, yang berhak menjadi juara dan jawara sejati yang sesungguhnya.  Semua anak adalah berprestasi, semua anak adalah unggulan, semua anak adalah istimewa, semua anak adalah unik dan menarik, semua anak adalah memiliki saham kebaikan, potensi dan bakat yang sangat luar biasa
·         Kurikulum Pendidikan  yang  didukung lingkungan yang asri, indah, dan nyaman untuk mengoptimalkan talenta dan keunikan anak sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing anak.
·         Kurikulum Pendidikan  yang  Ruang Kebebasan berimajinasi, berinovasi, bereksplorasi, bereksperimen dan berekspresi tanpa dibatasi sekat-sekat dinding kelas dan dibiarkan akrab dengan alam lingkungan mereka
·         Kurikulum Pendidikan  yang  Kebebasan dari tekanan ‘mengejar’ nilai dan rangking, tapi mendorong santri untuk menumbuhkan tradisi ilmiah. Prestasi tidak dilihat dalam perbandingan dengan anak lain, tapi dari upaya mereka mengikuti proses belajar dengan baik. Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Belajar jadi kebutuhan dan dirindukan. Sekolah tidak dijadikan penjara yang seakan mulia tapi prakteknya sangat membosankan dan dibenci anak.
·         Kurikulum Pendidikan  yang dinamis dan produktif, karena manajemen akan terus berinovasi dan berkreasi, khususnya dalam memadukan Kurikulum Unggulan Pendidikan Republik Indonesia, Kurikulum Pesantren Unggulan Nasional, dan Kurikulum Sekolah Unggulan Internasional,  yang selanjutnya kita sebut sebagai Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM).
 

Bagaimana Proses Pendidikan di pesantrenBisnis.com Istana Mulia?


Dalam proses pendidikan di Istana Mulia dibagi menjadi 4 tahap  yaitu :
1.      Tahap 1 Ma’rifatul Maidan (tahun pertama, tahap pengenalan, 70% edutainment dan 30% Akademik).
2.      Tahap 2  Mua’yasyah (tahun ke dua adalah masa penyesuaian,khusunya dalam menyiapkan mental, spiritual terhadap lingkungan baru, program yang padat, teman baru, guru, dll, 50% edutainment dan 50% Akademik),
3.       Tahap 3 Ta’sis (tahun ke 3 pertama adalah  masa fondasi dalam kemantapan niat,  keteguhan iman, kesabaran dalam proses, ketegaran dalam ujian, kesiapan dalam menghadapi tantangan, 30% edutainment dan 70% Akademik )
4.      Tahap 4 Tathwir ( fase pengembangan, masa bakti, masa kinerja dengan karya nyata, 70% praktek dan 30% teori)

Apakah target santri selama 3 tahun di pesantrenBisnis.com Istana Mulia?

Saya meyakini bahwa semua anak adalah bintang, dan saya yakin bahwa anak kita ini lebih hebat dari apa yang kita tahu dan apa yang kita pikirkan, namun sebagai bahan ukuran para guru dan pendidik di pesantren, saya targetkan bahwa dalam 3 tahun santri Istana Mulia minimal harus mampu
·         Berakhlak Mulia dan Rajin dalam ibadah 
·         Hafalan Al-Qur’an minimal 1 Juz plus QS Surat Yasin dan QS Al-Kahfi
·         Memenuhi syarat diterima di Sekolah/Pesantren Unggulan 
·         Dapat berkomunikasi dengan bahasa Internasional (khususnya Bahasa.Arab dan Inggris). 
·         Mahir Mengoperasikan Program Microsoft Office
·         Memiliki dan dapat mengoperasikan Googel Marketing (SEO) 3 Toko Online, sesuai dengan jenis Usaha yang diminatinya. 

Apa Metode Pendidikan Di Istana Mulia ?

Metode pendidikan Qur’ani secara gamblang dijelaskan oleh Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Ada 5 (lima) pendekatan yaitu:
1.      Pendidikan Keteladanan
2.      Pendidikan Adat Kebiasaan
3.      Bimbingan dan Nasehat
4.      Tafakur dan Ibroh atas peristiwa / kejadian
5.      Pendidikan dengan Memberikan Perhatian
6.      Pendidikan dengan Memberikan Hukuman
7.      Memberikan Kisah dan cerita
8.      Motivasi dan berfikir positif
9.      Pemanfaatan waktu kosong / keterampilan



Apa Pendekatan Kurikulum Pendidikan Istana Mulia (KPIM) ?
1)        Historis (kesejarahan), dalam rangka mafaahim (memahami) yang benar tentang apa, mengapa dan bagaimana cara Guru Sukses Mulia Mendidik
2)        Deskriptif, untuk memahami apa itu Guru Sukses Mulia Mendidik
3)        Filosofis, dalam rangka mafaahim hakekat atau subtansi dari Guru Sukses Mulia Mendidik anak
4)        Normatif, pendekatan untuk memahami bagaimana dan dengan apa kita harus menjadi Guru Sukses Mulia Mendidik
5)        Sosiologis, pendekatan untuk memahami cara dan sarana yang  digunakan agar tepat sesuai dengan yang dibutuhkan Guru Sukses Mulia Mendidik
6)        Komprehensif, untuk memahami dan melaksanakan ajaran Islam secara utuh, integral dan menyeluruh

  Apa Materi Pokok Pendidikan di pesantrenBisnis.com  Istana Mulia ?
  1. Revolusi Mental dan Spiritual
    Metode Utama : Hafalan Al-Qur’an dan Hadits, Kajian, Keteladanan dan Pembinaan
  2. Bisnis ((Entrepreneur )
    Metode Utama : Mentoring, Training dan Seminar
  3. Kepemimpinan (Leadership)
    Metode Utama : Dynamic group, BEST dan Outbound, Training
  4. Akademik (Membaca, Menulis, Berhitung, UN)
    Metode Utama : Active Learning, Outting, Try Out, Diskusi dan Debat
  5. Informasi Teknologi
Metode Utama : Active Learning, Dynamic group, dan Outbound, Training
  1. Life Skill - Talenta
    Metode Utama : Active Learning, Dynamic group, dan Outbound, Training
 Apa Cara Sukses Mendidik yang dipakai Rasulullah SAW dalam mengajari Sahabatnya ?
1)      Menggunakan kata kata yang mudah dicerna, kalimat yang disesuaikan dengan latar belakang dan kemampuan akal masing-masing
2)      Tidak terbelit-belit dan tidak terlu menggebu - gebu dalam berbicara
3)      Memperhatikan orang yang diajak berbicara dengan memandangnya penuh dengan cinta karena Allah
4)      Berbicara dengan penuh lemah-lembut supaya mudah menelusup ke dalam relung hati. dengan ini, mad’u (objek) akan mudah terpengaruh oleh dakwah yang ditujukan kepadanya,sebagaimana hadis sahih yang diriwayatkan oleh aisyah “Sesungguhnya Rasullah dalam berbicara tidak tergesa gesa (hingga mudah di pahami) seperti pembicaraan kalian”(HR.Abu Dawud)
5)      Mengajar dengan Mauizoh atau nasihat yang baik,Sebagaimana nasihat nabi Ibrahim kepada bapaknya atau seperti nasihat nasihat allah SWT.kepada hambanya
6)      Qishoh atau dengan bercerita, cara ini memimiliki pengaruh yang sangat besar dihati para murid apalagi jika dilakukan dengan menyentuh perasaan,seperti kisah nabi musa dengan nabi khidir. Dalam kisah tersebut di sebutkn bahwa dunia yang kita tempati ini ada beberapa hal yang tidak bias di ketahui dan tidak bisa dilihat dengan dua mata,padahal ia sesungguhnya ada.dan orang yang mengetahuinya sangat sedikit
7)      Mengajar dengan Qiyas atau Perumpamaan metode ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pendidikan tentang hal ini akan dijabarakan dengan panjang lebar dalam pembahasan tersendiri.
8)      Mengajar dengan Mengsupport dan memberikan ancaman (pahala dan siksa) dua metode ini adalah cara yang alami yang digunakan oleh para pendidik di setiap zaman dan waktu, walau selalu targib (motivasi imbalan pahala) yang didahulukan ketimbang tarhiib (menakuti dengan siksaan neraka).
9)      Mengajar dengan mengaitkan dengan Peristiwa-peristiwa yang menggiringi. asal dari metode ini dapat kita temukan dalam cara turunnya ayat-ayat suci Al-qur’an. yang mana ia diturunkan secara bertahap yang diselaraskan dengan keadaan dan perisitiwa,karena Al-qur’an adalah sebuah kitab untuk membangun dan mendidik kepribadian manusia.
  


Apa Syarat dan Rukun Sukses Mendidik  di pesantrenbisnis.com Istana Mulia ?
1.      Mendidik dengan Akhlakul karimah, santun, Lemah lembut dalam mencapai setiap target pendidikan
2.      Bertahap (Step by Step) dalam penerapannya dari awal hingga akhir
3.      Mengantisipasi dan berinterkasi dengan kesalahan dengan arif bijaksana, serta menyelesaikannya secara hikmah dan bertahap
4.      Sabar terhadap berubahan yang menantang
5.      Lapang dada dalam menerima berbedaan dan perselisihan
6.      Suri tauladan yang baik dari guru, dan bersandar pada kejujuran serta kepercayaan diri

Apa Motto pesantrenBisnis.com  (Entrepreneur Academy) Istana Mulia ?
“Berilmu, Berakhlak, Berbisnis, Kaya dan Dermawan” 


Apa Program santri di pesantrenBisnis.com Istana Mulia?

Mentoring Kepemimpinan (Leadership Mentoring)
· Mentoring Bisnis / Fiqh Financial (Bussines Mentoring)
· Mentoring Tarbawi (Halaqoh)
· Mentoring Tajwid, Tahsin, Tahfidz (T3)
· Mentoring Informasi Teknologi (IT)
· Mentoring UN Dikbud
· Mentoring Berbahasa Arab
· Mentoring Berbahasa Inggris
· Mentoring Pembentukan Karakter (Adab dan Akhlak Islami)
· Mentoring Tallent (training menjadi MC, penyiar, Orator, Seniman, Event Organizer)
· Islamic Games, Out Bond, Super Camp, Life Skill
· Nasyid, Marawis, Seni Baca Al-Qur,an
· Public Speaking (Muhadhoroh / Berpidato 3 Bahasa)
· Riyadhoh / Olahraga (Beladiri, Berenang, Berkuda, Memanah)
· Bioskop Pendidikan (Istana 21)
· Daurah Islamiyah (Islamic Training)
· Edutimezone, Market Day
· Study Tour Anyer-Singapur
· The Winning Team Games
· Belajar Komitmen Sholat Berjama’ah
· Program Ta’akhi (Ukhuwah wa Mahabah)
· Motivation Training
· Kajian Tauhid, Kajian Dhuha
· Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)
· Kajian Kitab Al-Kaba’ir (dosa dosa besar)
· Olahraga, Jelajah Hutan
· Go Greeen / Menanam,
· Ooutbond, BEST Election
· Asma’ul Husna, Sedekah Pungut Sampah, Membiasakan Dzikir dan Do’a

Sarana Yang Insya Allah Akan disempurnakan di Pesantrenbisnis.Com 2012 - 2025 
a)                  Jangka Pendek 
-          Perluasan Masjid minimal ukuran 100 M2 x 200 M2
-          18 Gazebo Serba Guna
-          18 Asrama  Baru
-          18 Kelas Baru
-          2 Perpustakaan
-          2 Laboratorium Cyber
-          2 Laboratorium Bahasa
-          2 Laboratorium Saint
-          4 Ruang Makan
-          4 Gedung Loundry
-          1 Kantor Yayasan
-          1 Kantor Manajemen
-          2 Kantor Kepala Sekolah
-          2 Kantor BEST
-          2 Kantor Konseling
-          2 Kantin / Istana Mart
-          80 Toilet
-          10 Gudang Barang
-          12 Tempat Jemuran

b)                 Jangka Menengah
-          Kolam renang, Lapangan memanah
-          Meeting room, Gedung Bioskop Pendidikan
-          Kolam ikan, kandang burung dara,  kandang soang
-          Gedung Pengelolaan Taman bunga dan buah-buahan
-          Apotik Hidup
-          Parkir, Guesthouse, Danau buatan
-          Area Berkuda, Edu Time Zone

c)                  Jangka Panjang
-          Helipad
-          Hotel bintang 5



SUSUNAN PENGURUS 
PESANTRENBISNIS.COM ISTANA MULIA PRIODE 2012 – 2016
  • Pendiri dan Pimpinan Umum : Ustadz Ayi MuJayini, Lc, S.IP
  • Kepala Istana Yatim : Ustadz Syamsul Arifin, Lc,MA
  • Direktur Operasional : Ustadz Iko Musmulyadi, SP
  • Direktur Pendidikan : Ustadz Dedi Suhandi,S.Ag, MA
  • Direktur IT : Adriansyah Dermawan,S.Kom
  • Direktur Keuangan : Halimah Hapas
  • Sekretaris : Hanif Rahmawan, S.Pd
  • Bid Sarana : Ir. Junaedy Mashil 
  • Bid Kurikulum : Nawawi M. Nurdin, S,Pd
  • General Support : Wawan Gunawan

TERIMAKSIH ANDA TELAH MEMBACA ARTIKEL TENTANG PROFIL PESANTRENBISNIS.COM 

(ENTREPRENEUR ACADEMY - PESANTREN WIRAUSAHA MANDIRI
ISTANA MULIA pesantren unggulan informasi teknologi 

Jl Raya Karangbolong Bantarwaru, Cinangka Anyer Carita Kab Serang Banten 
Info 0812 8402 7951 - 08821003.2954 - 081290220052 pin BB : 7E63CC29 dan 74E368BB - 0217362540 - 0217361379 081296935333 XL 087884013344 - 088211521854 smpitistanamulia@gmail.com atau smkistanamulia@gmail.com 

Posting Komentar

 
Top