GuidePedia

0
Sahabat Mulia... 
Rasulullah SAW, suri tauldan baik kita merupakan seorang pedagang ulung yang menjadi suri tuladan kita. Beliau hidup di tengah keluarga yang banyak bisnis membuatnya terlibat dalam perdagangan sejak usia dini.

Shafiyyur-Rahman al-Mubarakfurry dalam Sirah Nabawiyyah menyebutkan, saat itu usia Nabi SAW baru bekisar 12 tahun atau usia SMP. Dia turut serta dalam perjalanan dagang pamannya, sekaligus mentor Bisnisnya, yakni Abu Thalib.

Inilah perjalanan dagang pertama Muhammad SAW, yang dalam perjalanan tersebut terjadi sebuah pertemuan nabi dengan rahib Nasrani yang mengenalinya sebagai bakal utusan Allah yang terakhir.

Bisnis Rasulullah SAW secara mandiri baru dimulai ketika dia mencapai usia remaja. Rasulullah SAW berdagang bersama As-Saib bin Abus-Saib yang merupakan mitra bisnis terbaiknya, jujur dan dapat dipercaya, sosok yang tidak pernah saling curang dan tidak saling berselisih.

Bisnis Rasulullah SAW pun terus berkembang. Beliau terlibat dalam perdagangan internasional sejak remaja. Di usia 17 tahun, Muhammad SAW telah memimpin sebuah ekspedisi perdagangan ke luar negeri.

Afzalur Rahman dalam bukunya Muhammad SAW A Trader menyebutkan, reputasi Rasulullah SAW dalam dunia bisnis demikian bagus, sehingga dia dikenal luas di Yaman, Syiria, Yordania, Irak, Basrah, dan kota-kota perdagangan lainnya di jazirah Arab.

Afzalur Rahman juga mencatat, dalam ekspedisi perdagangannya Muhammad SAW telah mengarungi 17 negara ketika itu, sebuah aktivitas perdagangan yang luar biasa.

Baca lengkapnya di buku 
FIQIH ENTREPRENEUR karya Ayi Muzayini E.Kosasih
  1. Seri 1 : Cara Kaya Dunia Akhirat
  2. Seri 2 : Cara Sukses Binis Online
Atau baca di web kami :

Posting Komentar

 
Top