GuidePedia

0
Benarkah Ada Cara Kaya Dengan Bisnis dengan Alloh SWT ? Mengapa “Sedekah Membuat Manusia Bisa Kaya Raya”

Nah ini dia Keistimewaan Sedekah Yatim Dhuafa

Alloh Berfirman : Apa saja yang kalian nafkahkan atau apa saja yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pelindung pun baginya. Jika kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian. Dan Allah akan menghapuskan dari kalian sebagian kesalahan-kesalahan kalian; dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Baqarah: 270-271).



DONASI DAPAT DIKIRM KE :
  • Bank Muamalat Giro Rek 4030001433 a/n Istana yatim Indonesia KCP Anyer Cilegon
  • Bank Mandiri Rek 1550004130673 a/n Istana yatim Indonesia KCP Ciledug Tangerang
  • Go Pay Akusedekah.com +62 812-1051-2559
 
Sabda Baginda Nabi : “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

“Aku & orang – orang yang menyayani anak yatim seperti hal (dua jari) ini di Surga”.

Isyarat luar biasa yang pernah dilontarkan oleh Rasulullah sendiri sekaligus menjadi janji yang telah ditetapkan oleh Agama Allah

Rasulullah SAW bersabda: “Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi)

1. Mampu untuk Melipatgandakan Rezeki

Salah satu keutamaan amalan sedekah adalah akan memberikan banyak keistimewaan kepada setiap pelakunya. Misalnya, mampu untuk melipatgandakan rezeki. Jadi, saat bersedekah bukan berarti hartamu akan cepat habis.

Justru dengan rajin melakukan amalan sedekah, seseorang bisa terus mendapatkan harta lagi dan lagi dengan porsi yang lebih banyak.

Dengan demikian, tidak perlu ragu lagi melakukan sedekah sebab sedekah akan membawa keutamaan luar biasa.

2. Mampu untuk Melipatgandakan Pahala

Bukan hanya rezeki saja yang akan dilipatgandakan oleh Allah SWT saat seseorang melakukan sedekah. Akan tetapi, pahala yang diberikan pun akan berlipat ganda.

Ini adalah keutamaan yang sangat istimewa dari sedekah. Maka dari itu, seorang muslim sangat dianjurkan untuk rajin melakukan sedekah.

Jangan sampai berburuk sangka bahwa harta akan habis karena bersedekah. Justru harta akan tetap bertambah saat rajin bersedekah.

Begitu juga dengan pahala yang dituai akan semakin banyak, lagi dan lagi. Seyogyanya, selama hidup di dunia, maka setiap manusia disarankan untuk selalu berbuat baik.

Apalagi sedekah juga bisa berupa harta dan non harta. Jadi, ada begitu banyak bentuk sedekah yang bisa diberikan oleh seseorang kepada mereka yang membutuhkan.

Sedekah pun bisa berupa bantuan yang ikhlas dan tulus semata-mata karena mengharap ridha Allah SWT.

3. Menghapus Dosa-Dosa

Keutamaan sedekah lainnya adalah untuk menghapus dosa-dosa. Sebagai manusia biasa yang hidup di bumi dan di akhir zaman, tentu tidak akan terluput dari dosa-dosa.

Namun, Maha Baik Allah SWT yang masih terus memberi kesempatan dan jalan untuk menghapus dosa-dosa mereka.

Salah satunya dengan cara bersedekah. Sedekah menjadi amalan atau perbuatan yang sangat istimewa.

Sedekah akan mempermudah umat Islam guna menghapus dosa-dosa. Bahkan sedekah diibaratkan seperti air yang menyiram dan memadamkan api.

Karena itulah sangat disarankan untuk melakukan sedekah. Tidak perlu harus berwujud harta. Siapapun bisa bersedekah dengan non harta.

Namun, tetaplah diniatkan untuk Allah SWT. Jangan sampai bersedekah hanya karena ingin terlihat baik di mata sesama manusia.

4. Mampu Menyembuhkan Penyakit

Sedekah juga memiliki keutamaan lain yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Sedekah ternyata juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan umat muslim diminta untuk membentengi harta dengan zakat dan mengobati orang sakit dengan bersedekah.

Saat seseorang yang tengah sakit melakukan hal-hal positif seperti sedekah, maka hal tersebut akan meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan baik.

Hal ini akan menjadikan tubuh bisa lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai macam ancaman penyakit.

5. Memberi Naungan untuk Akhirat

Sedekah sungguh merupakan amalan yang amat mulia. Sebab, sedekah memiliki keutamaan utama bagi pemberinya yaitu mampu memberikan naungan kelak di akhirat nanti.

Karena itulah sebaiknya rutin melakukan sedekah. Apalagi sedekah di waktu-waktu penting.

Misalnya, sedekah subuh yang dilakukan selepas shalat subuh maupun sebelum benar-benar matahari terbit di ufuk barat.

Saat memasuki bulan ramadhan, sebaiknya juga semakin rutinlah melakukan sedekah. Niscaya segala kebaikan akan menghampiri pelaku sedekah.


6. Menciptakan Kebahagiaan

Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya bagaimana bisa sedekah mampu memberikan dan menciptakan kebahagiaan.

Padahal ini pun sudah pernah diteliti oleh para ahli khususnya seorang profesor cerdas yang mengajar di Universitas Oregon.

Profesor ini dan timnya menemukan fakta bahwa sedekah mampu menciptakan rasa bahagia karena otak bisa melepaskan dopamin serta endorfin sehingga diri sendiri akan merasa jauh lebih gembira.

Peneliti yang berasal dari Jerman juga berpendapat demikian.

Menurutnya, sedekah mampu menciptakan rasa puas sekaligus bangga terhadap diri sendiri. Rasa puas ini mengapresiasi diri karena sudah mampu melakukan hal-hal baik yang tentunya sangat bermanfaat bagi orang lain.

7. Mampu Mempererat Tali Silaturahmi

Keutamaan sedekah memang begitu beragam. Amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim ini ternyata juga mampu memperkuat ikatan sosial dengan sesamanya.

Sebagai seorang makhluk sosial, tentu setiap manusia akan membutuhkan bantuan orang lain entah itu sekarang atau nanti.

Tidak ada yang tahu seberapa besar seseorang akan membutuhkan bantuan dari orang lain kelak. Karena itulah sangat penting untuk menambah teman baru, keluarga maupun kerabat baru.

Tidak menutup kemungkinan kalau mereka kelak akan membantu jika dibutuhkan atau bahkan tanpa harus meminta.

Tentu saja tidak ada yang salah dari berbuat baik. Jangan menyesal menjadi baik sebab sebagai seorang manusia biasa, tentu tidak akan terlepas dari campur tangan manusia lain.

Allah SWT pun tidak akan pernah menutup mata bagi mereka yang senantiasa ikhlas dan tulus dalam melakukan sedekah.

8. Mampu Memperpanjang Warisan

Allah SWT senantiasa akan memelihara kelangsungan warisan bagi siapa saja yang melakukan sedekah ikhlas dan tulus karena Allah SWT.

Jadi, siapa saja yang melakukan sedekah, maka rezeki baginya seolah tiada putus. Akan selalu ada rezeki yang mengalir semakin deras dan deras.

Jadi, jangan ragu dan enggan melakukan sedekah. Jangan takut miskin karena melakukan sedekah. Harta tentu tidak akan habis jika melakukan sedekah. Allah SWT akan memperpanjang warisanmu dengan sedekah itu.

9. Menghindarkan Diri dari Adanya Marabahaya dan Petaka

Sedekah memang tameng terbaik untuk diri. Sebab, sedekah bukan hanya mampu menyembuhkan penyakit saja melainkan juga bisa menghindarkan diri dari adanya marabahaya dan petaka.

Keutamaan sedekah adalah untuk penolak bala, penyubur pahala, penahan musibah hingga kejahatan apapun.

Amalan baik ini senantiasa mampu melipatgandakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Maka dari itu, segeralah melakukan sedekah.

Jangan lupa niatkan karena Allah SWT semata. Dengan demikian musibah dan bencana tidak akan bisa mendahului sedekah.

Bahkan sedekah juga bisa menutup tujuh puluh pintu kejahatan. Intinya, semua perbuatan baik seperti sedekah akan memberi manfaat yang baik bagi setiap pelakunya. Karena itulah silakan bersedekah secara rutin.

10. Senantiasa Mampu Mendatangkan Keberkahan

Keutamaan lainnya dari sedekah tentunya adalah senantiasa mampu untuk mendatangkan keberkahan.

Saat seseorang bersedekah, maka ia akan mendapatkan ganjaran yang baik.

Sedekah yang ia lakukan mampu untuk membersihkan harta sehingga mampu mendatangkan keberkahan.

Jadi, sedekah yang diberikan kepada orang lain bisa membersihkan harta tersebut dari dosa-dosa. Sedekah tersebut bisa mensucikan mereka dari adanya akhlak buruk.

Sungguh betapa baiknya keutamaan dari amalan sedekah untuk umat muslim.

11. Bisa Membuat Diri Senantiasa Selalu Mengucap Syukur

Amalan sedekah ternyata secara alami mampu mengingatkan setiap orang tentang rasa syukur. Bukan hanya ia yang memberi sedekah, namun juga ia yang menerima sedekah tersebut.

Si pemberi sedekah akan merasa bersyukur karena bisa diberi rezeki lebih dari Allah SWT.

Pemberi sedekah akan sadar bahwa manfaat sedekah dalam Islam sangat indah. Ia akan senantiasa bersyukur karena sudah diberi lebih banyak rezeki.

Sementara itu, ia yang diberi sedekah juga akan merasa bersyukur karena masih ada yang peduli dengannya.

12. Mempermudah Jalan Menuju Surga

Siapa yang tidak gemar sedekah tentu akan merugi. Sebab, salah satu keutamaan sedekah adalah untuk mempermudah jalan menuju surga-Nya.

Bahkan dikatakan bahwa di dalam surga ada kamar-kamar yang sudah dipersiapkan dengan indah dan memukau yang khusus ditujukan untuk para pemberi sedekah.

Sekali lagi, sedekah memang menjadi amalan sederhana namun mampu memberikan keutamaan yang sangat luar biasa.

Karena itulah tidak perlu risau ketika melakukan sedekah. Selain rezeki dan pahala akan bertambah, sedekah juga bisa mempermudah jalan menuju surga Allah SWT.

13. Memperoleh Keridhaan dari Allah SWT

Sedekah mampu mengantarkan seseorang untuk menemui Allah SWT. Sang Maha Kuasa akan memberikan ridha-Nya kepada siapa saja yang dengan tulus dan ikhlas melakukan sedekah.

Sedekah yang baik tentu tidak akan dilakukan karena ingin mendapat sanjungan dari sesama manusia.

Sebab, jika hanya ingin mendapatkan pujian maupun sanjungan dari sesama manusia, maka ini dinamakan riya dan menjadi perbuatan yang amat sangat tercela.

Bahkan pelaku riya akan digolongkan menjadi orang-orang yang munafik. Jangan sampai melakukan hal ini karena semuanya hanya akan sia-sia saja.

14. Mudah Dikabulkan Permintaannya oleh Allah SWT

Sedekah yang dilakukan dengan diiringi oleh doa dan niat karena Allah SWT bisa membantu mempermudah terkabulnya permintaan dari si pelaku sedekah.

Misalnya, dalam hal memperlancar rezeki, mengangkat penyakit yang selama ini diderita hingga mempermudah segala macam urusan.

Terutama jika seseorang melakukan sedekah yang dilakukan di waktu subuh. Sungguh itu adalah sedekah yang paling baik.

Sederhananya, saat selesai shalat subuh di masjid, maka seseorang bisa langsung memasukkan uang yang sudah dipersiapkan dari rumah ke dalam kotak amal.

Jika hal tersebut rutin dilakukan tentu akan membuat pemberi sedekah mudah dikabulkan segala permintaannya kepada Allah SWT.

Dianjurkan untuk memfokuskan permintaan setiap kali melakukan sedekah. Dengan demikian, hajat yang diminta bisa segera terwujud.


Jenis-Jenis Sedekah Bisa Kita Pahami Dan Praktekan.
  • Sedekah untuk menyantuni anak yatim.
  • Sedekah untuk menyumbang pembanguan masjid.
  • Memberikan bantuan pendidikan kepada anak yang kurang mampu.
  • Membantu kerabat dan saudara yang sedang kesusahan.
  • Memberi makan hewan.
  • Dan lain-lain.

DONASI DAPAT DIKIRM KE :
  • Bank Muamalat Giro Rek 4030001433 a/n Istana yatim Indonesia KCP Anyer Cilegon
  • Bank Mandiri Rek 1550004130673 a/n Istana yatim Indonesia KCP Ciledug Tangerang
  • Go Pay Akusedekah.com +62 812-1051-2559
 

Posting Komentar

 
Top