GuidePedia

1
Proposal Divisi Ekonomi Dompet Dhuafa Republika
Oleh : Ayi Muzayini E.Kosasih


Pendahuluan

Bisakah Dompet Dhuafa Republika menjadi Pelopor Pemberdayaan Ekonomi Ummat.Insya Allah Bisa!!!

Dompet Dhuafa Republika sebagai lembaga nirlaba Indonesia yang didirikan untuk berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa, akan kokoh dan terus berkembang secara baik, bukan hanya menjadi lembaga besar, akan tetapi akan menjadi lembaga nirlaba terbesar di Indonesia bahkan di tingkat internasional, jika saja terus didukung oleh program-program bermutu yang dapat dipertanggung jawabkan dan menguntungkan semua stakeholder. Baik menguntungkan mereka secara spiritual, intelektual, financial dan branding.

Dompet Dhuafa Republika yang senantiasa bertekad menumbuh kembangkan jiwa dan kemandirian masyarakat akan terus didukung oleh berbagai elemen bangsa, jika mampu memberikan manfaat dan solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa ini, terutama dalam pemberdayaan ekonomi yang berkeadilan dan berkesinambungan.

Dompet Dhuafa Republika yang memfungsikan diri sebagai lokomotif gerakan pemberdayaan masyarakat, memiliki peluang besar untuk sukses dan disukseskan, jika semua pihak mampu bekerja ikhlas, cerdas dan tuntas, yang dibangun diatas prinsip saling memberikan manfaat, saling menghargai dan saling menguntungkan.

Maka dengan penuh yakin, saya mengucapkan bismillahirahmanirrahim, dengan ini saya mengajukan prospektus ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam kerangka bekerja dan bekerjasama dengan manajemen Dompet Dhuafa Republika untuk mencapai ridho Allah, di dunia dan di akhirat.


Target dari Divisi Ekonomi
Dompet Dhuafa Republika (jangka pendek, menengah dan jangka panjjang)
 Teroptimalisasikannya program-program ekonomi yang sedang berjalan
 Dompet Dhuafa Republika menjadi peraih penghargaan MURI sebagai lembaga nirlaba pertama terbanyak memberdayakan BMT
 Dompet Dhuafa Republika menjadi peraih penghargaan MENSOS sebagai lembaga nirlaba pertama yang memberdayakan ekonomi 1000 alumni Panti Asuhan di Indonesia
 Dompet Dhuafa Republika menjadi peraih penghargaan MENTAN sebagai lembaga nirlaba pertama yang memberdayakan petani dan peternak terbanyak
 Dompet Dhuafa Republika menjadi lembaga nirlaba pertama pendiri pesantren bisnis dan teknologi untuk kaum dhuafa di Indonesia


Strategy Pencapaian Target
 Meningkatkan Integritas, loyalitas, Soliditas dan kapabelitas SDM (team)
 Meningkatkan produktifitas dan efektipitas mitra kerja yang ada
 Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti media, kementerian RI, jejaring sosial, perusahaan nasional dan multinasional, dll.
 Membangun kerjasama (kontrak manajemen) dengan lembaga-lembaga profesional, terutama bidang pemberdayaan ekonomi ke ummatan.
 Fokus Area (diutamakan pulau jawa dan sumatra)

Program-program yang akan dilakukan :
A. Optimalisasi Program yang sudah ada
 Pembiayaan Mikro Syariah
 Pemberdayaan Peternak
 Pemberdayaan Petani
 Pemberdayaan Masyarakat
B. Program Pembinaan dan Pengembangan Team
C. Pemberdayaan Ekonomi Alumni Panti Asuhan (Ikatan Dinas)
D. Mendirikan Pesantren Bisnis dan Teknologi untuk kaum dhuafa (Kontrak Manajemen)

Sarana yang dibutuhkan dalam pencapaian target
 Tools yang lengkap
 SDM (team ekonomi) yang memadai
 Budget yang cukup (30% untuk pengokohan dan operasional divisi, 40% untuk pelaksanaan program, 30% untuk pengembangan dan branding)

Kendala-kendala yang akan dihadapi
 Tidak mudahnya rekrutisasi SDM / Team yang memiliki Integritas, loyalitas, Soliditas dan kapabelitas yang diinginkan lembaga
 Tidak mudahnya konsolidasi dan penyamaan persepsi mitra kerja yang ada
 Budget terbatas (penerimaan, penggunaan, pengawasan dan pertanggung jawaban)
 
Top