Bagaimana cara memulai bisnis ?
Bagaimana cara bisnis tanpa modal uang ?
Apa cara orang sukses memulai bisnis ?

Dalam sesi pertama ini, mari kita coba untuk bagaiamana cara memulai bisnis

1. Buatlah Target Bisnis Anda

Sebelum anda membuat rencana usaha, pastikan anda mempunyai target untuk usaha anda. Buatlah target seperti : apa usaha anda, dimana usaha anda, kapan usaha anda berjalan, apa nama usaha anda, kapan anda akan sukses dengan usaha anda, dan lain sebagainya. Dengan tujuan seperti ini, anda akan memiliki motivasi untuk semakin cepat mendirikan usaha ini.

2. Gali Informasi Mengenai Apa Yang Dibutuhkan

Carilah informasi mengenai apapun yang anda butuhkan untuk memulai usaha. Seperti menyewa tempat, membeli bahan baku, membeli alat, atau apapun juga. Karena nantinya akan menjadikan bahan referensi anda untuk membuat rencana usaha agar cepat memiliki bisnis

Tips : Jangan malu untuk bertanya untuk mencari informasi harga. Tanyakan ke penjual bahan baku, pemiliki ruko, atau siapapun untuk mencari info. Karena bertanya itu tidak bayar, jika anda bertanya aja sudah takut, maka kendala anda akan semakin banyak.

3. Buat Rencana Usaha Anda

Hal yang tidak kalah penting adalah rencana usaha bisnis. Karena dengan ini, anda dapat memprediksikan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan, berapa banyak untung yang didapat, kapan modal akan kembali, dan banyak hal lainnya. Jadi, ada baiknya sempatkan waktu anda untuk membuat sebuah rencana usaha.

4. Rencanakan Langkah Strategi Kedepan

Langkah strategi adalah yang terpenting untuk kemajuan bisnis anda. Strategi meliputi banyak hal. Seperti visi dan misi, cara penjualan, pemasaran, tempat, dan lain sebagainya. Dengan merencanakan ini semua, anda dapat meraup keuntungan yang berlipat.

5. Konsisten, Komitmen Dan Bertangguna Jawab

Hal yang tidak kalah penting adalah 3 hal berikut ini. Konsisten, komitmen, dan bertanggung jawab. Anda harus tetap konsisten dengan produk apa yang anda tekuni. Sebelum anda sukses di satu bidang, jangan sampai anda membuka usaha satu lagi. Anda juga harus berkomitmen untuk terus mengembangkan usaha ini. Selain itu, anda juga harus bertanggung jawab jika saja ada kendala atau masalah dengan usaha anda.

Nantikan jawaban "bagaimana cara memulai bisnis" sesi berikutnya dalam ulasan selanjutnya.

Reaksi:

0 komentar:

Info Populer Pesantren Istana Mulia

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA