Sabtu, 26 Juli 2014


Kurindu kampungku... ya Allah mudahkanlah rezeki kami dan tolonglah hambaMu dan sahabatku ini u mampu menjadikan sukabumi, kota paling religious, aman, damai, indah, berkah dan paling sejahtera serta mampu membantu indonesia menjadi baldatun thoyibatun warobun ghofur. Ayo katakan Amiiin..

Sukabumi adalah tanah kelahiran saya, tepatnya di kampung Mariuk, Desa Bantar Panjang, Kecamatan Bojong Lopang, Kabupaten Sukabumi. Lebih pasnya lagi di pinggir sungai Cikaso. Kampooong bangetttt... kalau hujan ngak bisa masuk motor apalagi mobil... Anda kudu ingat, sukabumi ini masih di wilayah jawa Indonesia, dekat dengan ibu kota.. tapi masih jauh dari peradaban... tapi semoga suatu hari disini lahir pemimpin besar untuk bangsa ini yang dapat merubah kabupaten ini menjadi kota paling religious, aman, damai, indah, berkah dan paling sejahtera serta mampu membantu indonesia menjadi baldatun thoyibatun warobun ghofur.

Ayo kita telusuri tentang kota kelahir saya ini, mau ?

Kabupaten Sukabumi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Palabuhanratu. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, sertaKabupaten Lebak di barat.

Pada awalnya daerah Kabupaten Sukabumi saat ini ada dibawah Kabupaten Cianjur pada masa Pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, yang merupakan bagian dari Karesidenan Priangan (Residentie Preanger Regentschappen). Pada tahun 1776 Bupati Cianjur keenam Raden Noh Wiratanudatar VI membentuk sebuah kepatihan bernama Kepatihan Tjikoleyang terdiri dari beberapa distrik yaitu distrik Goenoengparang, distrik Tjimahi, distrik Tjiheoelang, distrik Tjitjoeroeg, distrik Jampangtengah, dan distrik Jampangkoelon dengan pusat pemerintahan di Tjikole (sekarang bagian dari Kota Sukabumi).

Di tanggal 13 Januari 1815, Kepatihan Tjikole berganti nama menjadi Kepatihan Soekaboemi. Nama Soekabumi diusulkan oleh Dr. Andries de Wilde, seorang ahli bedah yang mempunyai usaha perkebunan kopi dan teh di daerah Soekaboemi. Asal nama "Sokaboemi" berasal dari Bahasa Sansekerta soeka, "kesenangan, kebahagiaan, kesukaan" dan bhoemi, "bumi, tanah". Jadi "Soekabumi" memiliki arti "tanah yang disuka".

Dengan luas wilayah 4.128 km², Kabupaten Sukabumi merupakan Kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi. Batas wilayah Kabupaten Sukabumi 40 % berbatasan dengan lautan dan 60% merupakan daratan. Wilayah Kabupaten Sukabumi memiliki areal yang relatif luas yaitu ± 419.970 ha. Pada Tahun 1993 Tata Guna Tanah di wilayah ini, adalah sebagai berikut : Pekarangan/perkampungan 18.814 Ha (4,48 %), sawah 62.083 Ha (14,78 %), Tegalan 103.443 Ha (24,63 %), perkebunan 95.378 Ha (22, 71%) , Danau/Kolam 1. 486 Ha (0, 35 %) , Hutan 135. 004 Ha (32,15 %), dan penggunaan lainnya 3.762 Ha (0,90 %). Beberapa puncak gunung terdapat di bagian utara, diantaranya: Gunung Halimun (1.929 m dpl), Gunung Salak (2.211 m dpl), dan yang tertinggi adalah Gunung Gede (2.958 m dpl). Di antara sungai yang mengalir adalah Sungai Cimandiri dan Sungai Cikaso, yang bermuara di Samudra Hindia.

Daftar Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Sukabumi adalah:
Wilayah Utara:
Kecamatan Cicurug
Kecamatan Cibadak
Kecamatan Kalapanunggal
Kecamatan Parungkuda
Kecamatan Nagrak
Kecamatan Ciambar
Kecamatan Caringin
Kecamatan Cisaat
Kecamatan Cidahu
Kecamatan Kabandungan
Kecamatan Bojonggenteng
Wilayah Tengah:
Kecamatan Jampang Tengah
Kecamatan Surade
Kecamatan Jampang Kulon
Kecamatan Cibitung
Kecamatan Waluran
Dan lain-lain
Wilayah Selatan:
Kecamatan Cisolok
Kecamatan Ujung Genteng
Kecamatan Palabuhanratu
Dan lain-lain

Ini dia tempat Pariwisata di Sukabumi. 




Penyu Raksasa di Ujunggenteng. Ujunggenteng merupakan salah-satu daerah penyu raksasa berkembang-biak di Indonesia
  • Pantai Palabuhanratu
  • Air Panas Cisolok, terletak 17 km barat daya Palabuhanratu. Tempat ini terdapat sungai dengan mata air panas dengan letupan vulkanis. Di dekatnya terdapat air terjun dan perkebunan karet.
  • Pantai Karang Hawu, terletak 20 km dari Palabuhanratu. Pantai ini terdapat karang dengan beberapa lubang pada seperti tungku, yang disebut hawu oleh orang setempat. Di pantai ini dapat dilakukan olahraga selancar air.
  • Gua Lalay, terletak 3 km dari Palabuhanratu. Gua ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar.
  • Wisata AlamUntuk mereka yang menyukai petualangan alam, mendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango di Taman Nasional Gede-Pangrango di utara Kota Sukabumi merupakan suata pengalaman menarik. Di sini dapat ditemui berbagai jenis ragam tumbuhan serta Bunga Edelweis yang abadi di puncak Petualangan menantang lainnya adalah arung jeram di Sungai Cicatih atau di Sungai Citarik, yang berada 30 km sebelah selatan Kota Sukabumi.
  • AWWI (Agro Widya Wisata Ilmiah)
  • Wisata Situ Batukarut, pasirhalang, sukaraja dan merupakan sumber air PDAM Kab/kota Sukabumi berada 5 km dari Kota Sukabumi
  • Wisata Pantai Ujung Genteng di kec. ujung genteng/ciracap
  • Bandar udara Karel Satsuit Tubun[sunting sumber]
  • Di Pantai Palabuhanratu terdapat sebuah bandar udara yang sudah tidak digunakan, bandara ini mempunyai kode IATA:PTU dan ICAO:WIIR. Bandara yang berada pada 2/20 size 2.745 kali 90 ms (9,006 × 295 kaki). Bandara ini adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Pangkalan Udara Atang Sanjaya dijadikan trans Studio Rumpin ini terletak di jalan pelita (air service), palabuhanratu.
Pusat Perbelanjaan di Sukabumi
Pasar Kota Kecamatan Cibadak
Pasar Kota Kecamatan Cisaat
Pasar Kota Kecamatan Cicurug
Pasar Kamis Cicurug
Pasar Minggu Cicurug
Pasar Kambing Cicurug
Pasar ikan Palabuhanratu
Pasar Ikan Cibaraja
Labora Indah Cibadak
Pasar Selasa Gegerbitung
Dan Kota Kecamatan Lainnya di Sukabumi
Pasar Kemis Kalapanunggal
Pasar Gilang center sukaraja
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya