Selasa, 26 Januari 2016

Anda ingin mencari Pesantren Pavorit Di Indonesia dan Terbaik di Indonesia ? Anda ingin putra dan putri anda menjadi bintang di Pesantren Pavorit Di Indonesia ? Kali ini saya akan paparkan 9 Pesantren Pavorit Di Indonesia menurut versi sejarah pesantren

Berikut Artikel Terkait 9 Pesantren Pavorit Di Indonesia, Klik dibawah ini :



9 Pesantren Pavorit Di Indonesia

Di bawah ini, daftar-daftar pesantren Pavorit di Indonesia yang bisa di jadikan referensi jika kelak berminat belajar di pesantren. Namun begitu, masih banyak daftar pesantren yang baik mungkin karena keterbatasan info dan pengetahuanyang ada, penulis jadi belum memasukkannya.

1. Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

sidogiri.net

Salah satu pesantren Pavorit yang ada di Indonesia adalah pondok pesantren Sidogori di Pasuruan. Banyak hal yang mempengaruhi terpilihnya pesantren ini menjadi salah satu pesantren Pavorit di Indonesia yang menempati, salah satu perimbangannya adalah sebagai berikut.
Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesa yang masih eksis dan terus berkembang.

Di zaman modern ini, pesantren ini tetap berani mempertahankan sistem pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama, walaupun demikian hebatnya pesantren ini berhasil mempertahankan jumlah santri yang terbilang cukup banyak, yaitu sekitar puluhan ribu santri putra dan putri.
Terkenal sebagai pesantren yang berhasil mandiri secara finansial berkat berbagai bisnis yang dibangun oleh yayasan pesantren seperti waralaba minimarket (Mart) yang bernama Koperasi Sidogiri, lembaga keuangan yang bernama BMT (baitul Mal Wat Tamwil), serta masih banyak usaha lainnya.

Faktor-faktor penting lainnya yang menjadikan Ponpes Sidogori ini menjadi salah satu pesantren Pavorit di Indonesia adalah karena komitmen para pengurus ponpes Sidogiri yang tetap mempertahankan sistem pendidikan Madrasah Diniyah (MD) sampai tingkat Ma’had Ali (Universitas) yang bernama Tarbiyatul Mu’alimin. Selain itu pesantren ini sering mengirim guru tugas ke berbagai daerah di Indonesia serta luasnya jaringan alumni pesantren ini.

2. Pondok Pesantren Langitan Tuban

sufi.mywapblog.com

Pondok pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852. Ponpes ini adalah pesantren yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke arah barat menjangkau kabupaten Bojonegoro, Gresik, Cepu, Tuban serta Lamongan. Figur yang sangat mempunyai kharisma tinggi di pesantren ini adalah adalah KH Abdullah Faqih yang turut berkiprah di kancah politik Nasional. Hal inilah yang menambah dikenalnya pesantren Langitan ini.

3. Pondok Modern Gontor

rianurf.wordpress.com

Pondok ini merupakan pelopor dan inovator pembuat pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam. Dahulu ponpes ini bernama Ponpes Darussalam Gontor, dan setelah dirubah namanya menjadi Pondok Modern Gontor yang membuat pesantren ini menjadi institusi pendidikan Islam yang sering ditempati oleh masyarakat Islam perkotaan yang dulu enggan belajar di pondok pesantren karena terkesan tua.

Pondok pesantren modern Gontor mempunyai ciri khas tersendiri yatu memiliki kedisiplinan yang tinggi, pembiasaan dalam mengucap bahasa Arab dan Inggris yang sering digunakan dalam bahasa sehari-hari serta kerapihan mengenakan pakaian yang selalu memakai dasi saat bersekolah, dan masih banyak yang lainnya. Di sini pun para santri belajar tentang kisah hijrah Nabi Muhammadkerajaan Islam di Indonesia serta sejarah perkembangan agama Islam di Eropa.
Secara keseluruhan, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor berjalan dengan baik dan sangat sukses. Karena kesuksesannya tersebut, sistem yang dipakai di Pondok Modern Gontor ini menciptakan tren baru dikalangan pesantren-pesantren di Indonesia.

4. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

wikimedia.org

Pendiri pesantren Tebuireng yaitu Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU) pada tahun 1926. Hal inilah yang turut membuat pesantren ini terkenal di masyarakat. Selain itu cucu pendiri pesantren ini yaitu KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri.

5. Pondok Pesantren Al-Khairaat Palu

plus.google.com
Pesantren Al-Khairaat adalah pesantren paling berpengaruh dan terpopuler di luar Jawa khususnya di Sulawesi dan kawasan Indonesia Timur. Selain itu pesantren ini juga didirikan dan di asuh oleh seorang habib.

Pesantren ini memiliki banyak cabang yang tersebar di kawasan Indonesia Timur, Apabila ditotal jumlah santri pesantren ini mencapai angka puluhan ribu santri.

6. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

madu-banyuanyar.sch.id
Pondok pesantren ini termasuk dari lima pesantren tertua di Indonesia. Didirikan oleh Kyai Itsbat pada tahun 1978. Dari dulu sampai sekarang pesantren ini terus berkembang dengan pesat dan tidak ketinggalan zaman.

Di kawasan Madura khususnya kabupaten Pamekasan, pesantren ini memiliki pengaruh yang besar. Adapun sistem pendidikan di pesantren Banyuanyar memakai sistem kombinasi modern dan salaf. Penguasaan kitab kuning tetap dipelihara namun pendidikan normal yang sesuai dengan kurikulum pemerintah juga dilakukan untuk memenuhi tantangan serta perkembangan zaman. Oleh karenanya, jangan heran banyak alumni pesantren ini yang menjadi tokoh berpengaruh di masyarakat.

7. Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

smpnuruljadid.sch.id

Bisa dikatakan ponpes ini merupakan salah satu pesantren yang lengkap sarana pendidikan formalnya tentu selain pendidikan agama tentunya. Pesantren ini mempunyai lembaga pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi dengan berbagai jurusan baik di bidang sains seperti kesehatan (STIKES) dan teknologi informasi (STT Nurul Jadid).
Selain itu, di pesantren ini juga tersedia ma’had aly, madrasah diniyah dan tahfidz Al-Quran, sehingga pesantren ini cocok bagi para orang tua yang ingin mengirimkan putra putrinya ke pesantren yang mempunyai berbagai jurusan.

8. Pondok Pesantren Musthofawiyah Sumut

smaboy.com

Pesantren ini merupakan pesantren tertua berdiri tahun 1912 yang berada di Sumatera Utara, selain itu pesantren ini juga merupakan pesantren Pavorit dan terpopuler di Sumatera Utara. Tidak sedikit para lulusan santri yang melanjutkan studi ke luar negeri, selain itu banyak juga alumni lulusan ini yang menjadi tokoh berpengaruh di lokal maupun nasional. Nama lain dari pesantren ini adalah pesantren Purba Baru.

9. Pesantren Buntet Cirebon

pondokpesantren.net

Pesantren ini menjadi salah satu berdiri pesantren tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1785. Selain itu pesantren ini sangat terkenal di Jawa Barat dan menjadi pelopor pesantren lain di provinsi Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten. Tidak sedikit dari pengasuh pesantren di ketiga provinsi tersebut yang merupakan alumni dari Pesantren Butet. Oleh sebab itu, pesantren ini bisa jugadi sebut sebagai salah satu pesantren Pavorit dan paling berpengaruh di Indonesia.


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya