Selasa, 13 Agustus 2013

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) yang juga mantan Walikota Solo sebelumnya dikenal sebagai seorang pengusaha mebel. Bahkan saat tinggal di Solo sebelum menjadi Walikota, Jokowi dikenal sebagai Ketua Asosiasi Industri Mebel Indonesia (Asmindo) Solo.

Sudah lebih dari 20 tahun Jokowi menggeluti bisnis mebel. Berikut beberapa tips dari Jokowi untuk menjadi wirausaha sukses.

Selama 2 tahun bekerja di perusahaan BUMN rupanya tidak membuat Jokowi merasa betah dan puas, sehingga akhirnya dia memberanikan diri terjun menjadi pengusaha mebel kala itu.
Selain karena pernah mengenyam pendidikan teknologi perkayuan, sedari kecil Jokowi memang sudah akrab dengan dunia perkayuan dan mengenal berbagai jenis kayu.

Ketika pertama kali memulai usaha pada 1988, Jokowi mengaku tidak memiliki modal sehingga dia terpaksa harus meminjam dari orang lain. Modal yang dimiliki saat itu hanyalah keberanian. Namun, modal itu, menurut Jokowi, adalah modal utama untuk menjadi pengusaha.

“Jangan tunggu-tunggu untuk memulai, langsung saja nyebur. Perkara ketika nyebur di sungai , ada buaya ya dihadapi, jangan takut-takut. Toh kita juga tidak akan mati dibuatnya,” ucap Jokowi belum lama ini.

Semakin lama, usahanya semakin berkembang, tidak hanya menyasar pasar dalam negeri, dia pun mulai masuk ke pasar ekspor dengan modal yang juga didapatkan dari pinjaman berupa agunan deposito.

Produk yang dihasilkan pun terus mengalami perkembangan dengan inovasi-inovasi baru mengikuti selera pasar tetapi tetap harus memiliki keunikan yang membedakannya dari produk sejenis sehingga hasil karyanya tersebut dilirik oleh konsumen.

Jokowi mengaku sering terlibat langsung dalam setiap kegiatan operasional. Hal ini penting karena pelaku usaha, menurutnya, harus memahami detail-detail produk yang dihasilkan.

Pengalaman serta pola pikirnya ketika menjadi seorang wirausahawan, benar-benar diaplikasikan ketika masuk dalam dunia birokrasi. Pada 8,5 tahun yang lalu, Jokowi dipinang menjadi Wali Kota Solo dan mengalahkan saingannya yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia birokrat.
Modal Jokowi kala itu sesungguhnya adalah strategi dan prinsip bisnis yang dipegang ketika menjadi pemimpin perusahaan. Maklum, Jokowi sama sekali belum memiliki latar belakang dalam dunia birokrat.

“Saya tidak ingin birokrasi 100% seperti dunia usaha, tapi ada beberapa paradigma penting yang bisa diterapkan.

Kalau birokrasi berorientasi prosedur, sementara dunia usaha berorientasi hasil, maka ketika saya memimpin, saya akan membuat bagaimana prosedur bisa terpenuhi tetapi juga ada hasilnya. Jangan hanya sekadar memenuhi prosedur tapi hasil tidak ada.

Maka dari itu harus bersifat inovatif, efektif, efisien, dan berorientasi pada hasil dengan berani mengambil risiko,” tuturnya. sumber Solopos.com



Contoh Usaha Sukses :  Wirausaha Sukses dari Rumah dengan modal kecil
 
Banyak sekali wirausaha sukses di rumah terbaru yang bisa menjadi referensi bagi pebisnis. Bisnis dapat dilakukan dimana saja entah itu di rumah ataupun dikantor atau dimana pun berada. Macam-macam bisnis yang terjadi saat ini memang telah beragam dan semakin maju, ini diakibatkan perkembangan zaman yang semakin modern dan kecanggihan teknologi ikut berpartisipasi dalam bisnis.

Yang melakukan bisnis tak menuntut harus lulus sarjana atau mendapat gelar lainnya, namun bisa juga dilakukan oleh pelajar, ibu rumah tangga dan bahkan yang tidak sekolah pun juga dapat melakukannya. Bisnis ada dua macam yakni ada yang membutuhkan modal untuk melakukan usahanya atau tidak memakai modal tetapi tetap mendapat keuntungan.

Bagi yang mempunyai modal banyak pastinya punya beragam pilihan bisnis yang dapat digunakan antara lain bisnis property, makanan dan minuman, proyek, ternak, dan lain sebagainya. namun yang tak mempunyai modal hanya beberapa prospek bisnis yang bisa dilakukannya contohnya jasa, dan mengikuti multi level marketing.

Saat ini kita bahas Wirausaha sukses di rumah yang mudah untuk dilakukan:
Bisnis restaurant atau makanan di pinggir jalan. Bisnis ini keuntungan yang dicapai bisa seratus persen. Tak heran jika kita melihat orang-orang sukses yang hanya dengan menjual makanan. 

Pengolahan makanan matang sangat digemari oleh siapapun apalagi tempat yang strategis dapat mendatangkan banyak pelanggan. Untuk yang baru ingin mencoba nya lebih baik pilih makanan yang ringan dahulu seperti menjual nasi rawon atau soto dan jangan seperti warteg karena selain modal nya banyak juga pilihan makanan yang di buat juga lebih dari tiga. Pastinya kita sangat repot jika mengelola sendirian. Untuk itu pililah yang hanya menjual satu produk makanan saja.

Bisnis ternak. Sama dengan makanan, keuntungan ternak pun sangat menjanjikan apalagi ternak ayam. Cukup kita memelihara seratus ekor, lalu pilih makanan yangbenar-benar terjamin, selama sebulan bisa menghasilkan kurang lebih dua kilo gram. Namun pembersihan kandang harus benar-benar terawatt agar tidak bau.

Wirausaha sukses di rumah yang terakhir adalah Bisnis rentcar. Penyewaan mobil ini juga bisa kita lakukan dirumah tetapi harus dengan modal yang besar.

Wirausaha sukses di rumah tersebut dapat menjadi acuan agar menghasilkan keuntungan besar namun jika ada rekomendasi bisnis lainnya maka pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan modal.
 
Reaksi:

1 komentar:

Posting Komentar


Cara Sukses dan Bahagia, Mau?

Anda Sangat Layak Kaya dan Bahagia Dunia Akhirat! Anda Pasti Bisa! Saudaraku... Kaya adalah akibat, Cara dan kuncinya ada dalam diri Anda. Mari kita Wujudkan bersama, Jika kita belum sempat Bersua, maka mari ikatkan hati kita dengan Iman dan saling mendo'akan.Bisa! ayi.okey@gmail.com

Entrepreneur Academy SMP IT dan SMK IT Boarding School Unggulan Istana Mulia Khusus PUTRA

Cara Usaha, Cara Sukses Bisnis, Cara Kaya, Tips Bahagia,di Pesantren Bisnis Istana Mulia aja, Mau?

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT & SMK IT Istana Mulia 081284027951

Sekolah Kepemimpinan : Welcome to School of Leadership

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya